HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Kinerja dan Klasifikasi Pajak Reklame

Contoh Tesis – ANALISIS KINERJA DAN KLASIFIKASI PAJAK REKLAME DI KOTA SURAKARTA TAHUN 2005 – 2011

kinerja dan klasifikasi pajak reklame Tesis Kinerja dan Klasifikasi Pajak Reklame

 

Latar Belakang Masalah

Perencanaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) perlu dilakukan secara matang dan baik. Pendapatan Asli Daerah yang baik akan diketahui dengan ciri antara lain untuk mempermudah tercapaiannya tujuan, tidak lepas dalam konteks pemikiran pelaksanaan, adanya perhitungan resiko, luwes dan praktis. Pendapatan Asli Daerah merupakan pencerminan terhadap pendapat masyarakat dengan kiat-kiat bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan potensi masyarakat dalam pengelolaan sumber-sumber pendapatan masyarakat. Pendapatan masyarakat yang meningkat jelas mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sekaligus menambah Pendapatan Asli Daerah. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah tentunya tidak terlepas dari kemampuan pemerintah dalam membina masyarakat dan unsur swasta dalam mewujudkan berbagai bidang usaha, untuk selanjutnya dapat memberikan masukan terhadap daerah.

Tingkat kemandirian keuangan suatu daerah dapat dilihat dari kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap penerimaan daerah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Semakin tinggi proporsi PAD terhadap Penerimaan Daerah dalam APBD, semakin baik tingkat kemandirian keuangannya dan semakin besar kemampuan keuangan suatu daerah untuk membiayai pelaksanaan tugas tugas pemerintah dan pembangunan.

 

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, studi ini dirumuskan sebagai berikut :

  1. Bagaimana Kinerja Pajak Reklame di kota Surakarta dari tahun 2005 – 2011 yang meliputi :
  2. Bagaimana tingkat pertumbuhan Pajak Reklame di kota Surakarta dari tahun 2005–2011
  3. Bagaimana kontribusi Pajak Reklame di kota Surakarta dari tahun 2005 – 2011
  4. Bagaimana tingkat efektifitas Pajak Reklame di kota Surakarta dari tahun 2005-2011
  5. Bagaimana tingkat efisiensi Pajak Reklame di kota Surakarta dari tahun 2005 – 2011
  6. Bagaimana klasifikasi Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005 – 2011
  7. Bagaimana potensi Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005 – 2011

 

Tujuan Penelitian

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah

  1. Untuk mengetahui Kinerja Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005 – 2011 yang meliputi :
  2. Untuk mengetahui tingkat pertumbuhan Pajak Reklame di kota kota Surakarta tahun 2005 -2011
  3. Untuk mengetahui kontribusi Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005 – 2011
  4. Untuk mengetahui tingkat efektifitas Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005–2011
  5. Untuk mengetahui tingkat effisiensi Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005- 2011
  6. Mengetahui klasifikasi Pajak Reklame di kota Surakarta dari tahun 2005 – 2011
  7. Untuk mengetahui potensi Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005 – 2011.

 

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil setelah melakukan analisa dan pembahasan diatas adalah sebagai berikut :

Kinerja Pajak Reklame.

  1. Pertumbuhan Pajak Reklame tidak menunjukan angka yang besar dengan rata rata pertumbuhan 16,12% menunjukan bahwa Pajak Reklame di kota Surakarta tidak tumbuh secara optimal. Daerah kota Surakarta 64% untuk pemukiman dan 15% untuk industri. Daerah pemukiman tersebut sudah banyak sekali yang beralih menjadi tempat industri, sudah banyak toko toko yang didirikan memasang reklame untuk usahanya. Reklame tidak akan tumbuh dengan pesat karena hampir 79% daerahnya sudah digunakan untuk bisnis yang juga sudah menggunakan sarana reklame. Bisa dikatakan pertumbuhan tersebut untuk kota Surakarta tidak dimungkinkan akan tumbuh dengan tingginya mengingat lahan yang sudah terserap hampir 75 % untuk usaha.
  2. Kontribusi rata rata pajak reklame sebesar 3,93% bukan kontribusi yang besar dalam penyumbangaannya terhadap PAD. Pengoptimalan penyerapan pajak reklame sangat diperlukan untuk meningkatkan kontribusi pajak reklame. Kontribusi yang besar dapat mendukung kota Surakarta menuju kota Mandiri.
  3. Efektifitas rata rata pajak reklame di kota Surakarta 105,78 % menandakan bahwa pajak reklame sangat efektif hal ini perlu dipertahankan.
  4. Efektifitas pajak reklame perlu dipertahankan karena hal ini menunjukan bahwa kinerja pajak reklame sudah optimal.Efisiensi rata rata pajak reklame di kota Surakarta 0,005% hal ini bisa dikatakan sangat efisien karena mendekati 0,00%. Efisiensi ini sangat perlu dijaga stabilitasnya kinerjanya.

Kinerja pajak reklame di kota Surakarta sangat efektif dan sangat efisien walaupun tidak memberikan kontribusi dan tidak didukung pertumbuhan yang besar. Kinerja pajak reklame sangat optimal dalam mendukung Pajak Daerah. Pertumbuhan yang tidak begitu besar bukan karena kinerja pajak reklame yang tidak bagus melainkan karena space reklame yang memang sudah hampir 75% terpenuhi.

Klasifikasi Pajak Reklame

Klasifikasi pajak reklame di kota Surakarta dari tahun 2005 – 2011 rata rata prima hal tersebut berarti pajak reklame di kota Surakarta adalah salah satu pajak yang mempunyai potensi dalam menyumbang PAD kota Surakarta

Potensi Pajak Reklame

Potensi pajak di kota Surakarta belum sepenuhnya dioptimalkan walaupun realisasi pendapatan pajak reklame di kota Surakarta rata rata melampui target pajak reklame. 1.514 titik reklame yang wajib pajaknya tidak taat pajak padahal dari 1.514 titik itu dapat menyumbang sebesar Rp 789.700.800,- atau sebesar 20,05% dari pajak reklame yang belum diserap. Potensi ini merupakan potensi yang besar untuk dapat meningkatkan kontribusi pajak reklame di kota Surakarta.

Incoming search terms:

Leave a Reply