HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Jasa Pembuatan Tesis Daerah Istimewa Yogyakarta 2016/2017

1.Strategi Belajar Mengajar Para Tutor Program Penyetaraan DII Guru Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengungkap strategi belajar mengajar para tutor program penyetaraan D-II guru Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah para tutor program penyetaraan D-II guru Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagai sampel sejumlah 35 orang yang diambil secara tidak acak (non random sampling). Untuk mengumpulkan data digunakan instrumen berupa angket. Data yang terkumpul dianalisls dengan statistika univariat secara prosentase.

 

2. Analisis Jangka Pendek dan Jangka Panjang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan domestik regional berpengaruh terhadap konsumsi masyarakat di DIY, menganalisis pengaruh tingkat inflasi terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat di DIY, menganalisis pengaruh tingkat bunga riil berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat di DIY, menganalisis pengaruh variabel pendapatan daerah, inflasi dan tingkat bunga secara bersama-sama dapat berpengaruh terhadap konsumsi masyarakat di DIY. Analisis data dengan menggunakan model Koreksi Kesalahan (Error Correction Model). Penggunaan model ini dikarenakan dalam penelitian ini menggunakan data time series, dimana data tersebut seringkali tidak stasioner sehingga menyebabkan hasil regresi yang meragukan, yang sering dikenal dengan regresi lancung (spurious regression). Regresi lancung dapat dideteksi dengan hasil regresi yang menunjukkan koefisien regresi yang signifikan secara statistik dan nilai koefisien determinasi yang tinggi tetapi hubungan antara variabel di dalam model tidak saling berhubungan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan uji stasioneritas terhadap data yaitu dengan menggunakan uji akar unit.

Sebagai variable bebas adalah PDRB, tingkat inflasi dan tingkat bunga, sedangkan variable tidak bebas adalah konsumsi masyarakat.

 

 

3. Pengaruh Waktu Belajar terhadap Prestasi Belajar dari Mahasiswa Program Penyetaraan DII Guru SD di Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Abstrak

Adapun latar ·belakang yang mendorong pada penelitian ini adalah adanya beberapa mahasiawa program penyetaraan D II nilainya atau indek prestasinya cukup bavariasi yaitu ada yang prestasinya cukup baik, baik dan esedang, sehingga bagi mahasiswa ynng indek prestasinya rendah terpaksa harus memperpanjang masa atudinya atau mass tutorialnya. Padahal mereka mempunyai dasar pendidikan yang sama yaitu dari SPG atau dari KPG, disamping itu mereka rata-rata mempunyai masa kerja sebagai guru sekolah dasar yang sama. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai seberapa jauh perbedaan antara waktu belajar dengan prestasi belajar dari mahasiswa Program penyetaraan DII di Kulon Progo tersebut. Disamping itu peneliti ingin mengetahui faktor-faktor apakah yang menimbulkan perbedaan adanya indek prestasi tersebut, apakah waktu belajar yang kup mesti akan berpengaruh terhadap prestasi belajar yang cukup tinggi juga. Untuk mendapatkan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner, observasi dan interview digunakan untuk mendapatkan data tambahan. Penelitian ini cukup penting baik oleh pejabat KaKanwil, Dinas Pendidikan dan Kandep Dik Bud dalam menentukan kebijakan-kebijakan tertentu dalam kaitannya dengan pengelolaan dan penyediaan sarana tutorial. Disamping itu dirasa cukup penting bagi para mahasiswa dalam pengaturan waktu belajar yang lebih efektif dan efisien. Dalam penganalisaan data menggunakan analisa statistik baik menggunakan secara presentase Yule’s Q maupun dengan cara korelasi Product Moment. Hasil penelitan menunjukkan bahwa waktu belajar yang cukup belum pasti dapatmempengaruhi prestasi belajar yang tinggi pada para mahasiswa Program Penyetaraan D II di kabupaten kulon Progo.

 

4. Analisis Jangka Pendek dan Jangka Panjang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan domestik regional berpengaruh terhadap konsumsi masyarakat di DIY, menganalisis pengaruh tingkat inflasi terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat di DIY, menganalisis pengaruh tingkat bunga riil berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat di DIY, menganalisis pengaruh variabel pendapatan daerah, inflasi dan tingkat bunga secara bersama-sama dapat berpengaruh terhadap konsumsi masyarakat di DIY.

 

Analisis data dengan menggunakan model Koreksi Kesalahan (Error Correction Model). Penggunaan model ini dikarenakan dalam penelitian ini menggunakan data time series, dimana data tersebut seringkali tidak stasioner sehingga menyebabkan hasil regresi yang meragukan, yang sering dikenal dengan regresi lancung (spurious regression). Regresi lancung dapat dideteksi dengan hasil regresi yang menunjukkan koefisien regresi yang signifikan secara statistik dan nilai koefisien determinasi yang tinggi tetapi hubungan antara variabel di dalam model tidak saling berhubungan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan uji stasioneritas terhadap data yaitu dengan menggunakan uji akar unit.

 

Sebagai variable bebas adalah PDRB, tingkat inflasi dan tingkat bunga, sedangkan variable tidak bebas adalah konsumsi masyarakat.

 

 

5. Pengaruh Penggunaan Bahan Pengawet Alam terhadap Kualitas Nira Kelapa yang Digunakan untuk Pembuatan Gula Kelapa di Daerah Istimewa Yogyakarta

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan pengawet alarn terhadap kualitas nira kelapa. Selain itu juga untuk mengetahui jenis bahan pengawet alam yang efektif dalam meningkatkan kualitas nira kelapa sebagai bahan pembuat gula kelapa. Pengambilan sampel dilakukan di wilayah Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta sebanyak 1500 ml. Teknik pengambilan sampel secara acak bersyarat. Perlakuan eksperimen menggunakan bahan pengawet alam kulit manggis dan kayu angin. Perbandingan ukuran dalam eksperimen adalah 50ml nira kelapa, 0,0 l gr bahan pengawet alarn, dan 0,5 ml air kapur. Penilaian dan pengukuran dilaksanakan sebelum dan sesudah perlakuan.

 

Teknik analisis data menggunakan RAL dengan 3 perlakuan dan 9 kali ulangan. Kemudian dilanjutkan dengan uji LSD. Penilaian wama, bau, dan rasa nira kelapa dengan teknik uji skoring. Hasil penetitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan pengawet alam berpengaruh sangat nyata terhadap kualitas nira kelapa. Perlakuan dengan kulit manggis lebih efektif dalam meningkatkan kualitas nira kelapa.

 

 

Leave a Reply