HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

IPS Geografi, Pengertian dan Ruang Lingkup IPS Geografi

IPS Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di kelas X termasuk dalam Ilmu Pengetahuan sosial, pada saat naik kelas XI siswa akan dijuruskan dalam kelas IPS dan IPA. Salah satu alasan penelitian dilakukan di X adalah untuk mendorong minat siswa pada mata pelajaran Geografi, sehingga mampu membentuk mindset siswa tentang belajar Geografi itu bisa dilakukan dengan menyenangkan dan tidak melulu menghafal materi.

Untuk guru Geografi sendiri harus mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam menganalisa dan memahami gejala alam dan kehidupannya dalam kaitannya dengan keruangan dan kewilayahan serta mengembangkan sikap positif dan rasional dalam menghadapi permasalahan yang timbul sebagai akibat adanya pengaruh manusia terhadap lingkungan. Dari pengertian Geografi sendiri diberikan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1993: 1) dinyatakan bahwa:

Geografi adalah pengetahuan tentang persamaan dan perbedaan gejala alam dan kehidupan di muka bumi serta interaksinya antara manusia dengan lingkungannya dalam kaitannya dengan hubungan/susunan keruangan dan kewilayahan.

Richard Hartshorne dalam Sumaatmaja (1997: 9) mengemukakan,

Geography is that discipline that seeks to describe and interpret the variable character from place to place of the earth as the world of man.

Pada batasan ini Hartshorne menekankan pengertian Geografi kepada karakter variabel dari suatu tempat ke tempat lainnya sebagai dunia tempat kehidupan manusia. Dalam hal ini geografi sebagai bidang ilmu mencari penjelasan dan interpretasi tentang karakter tadi sebagai hasil interaksi faktor-faktor geografi yang mencirikan tempat-tempat di permukaan bumi sebagai dunia kehidupan manusia.

Menurut Alfandi, Geografi merupakan ilmu yang menggunakan pendekatan holistik melalui kajian keruangan, kewilayahan, ekologi dan sistem, serta historis untuk mendeskripsikan dan menganalisi struktur pola. Fungsi dan proses interelasi, interaksi, interdependensi dan hubungan timbal balik dari serangkaian gejala, kenampakan atau kejadian dari kehidupan manusia, kegiataanya atau budidayanya dengan keadaan lingkungan dipermukaan bumi sehingga dari kejadian tersebut dapat dijelaskan dan diketahui lokasi atau penyebaran, adanya persamaan dan perbedaan wilayah dalam hal potensi, masalah, informasi Geografi lainnya, serta dapat meramalkan informasi baru atas gejala geografi untuk masa mendatang dan menyusun dalil-dalil geografi baru, serta selanjutnya dimanfaatkan untuk kesejahteraan kehidupan manusia.

Sedangkan, para pakar geografi pada seminar dan lokakarya Peningkatan Kualitas Pengajaran Geografi di Semarang tahun 1988, telah merumuskan bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut kelingkungan atau kewilayahan dalam konteks keruangan.

Menurut Sumaatmadja (1997: 12) ruang lingkup pengajaran Geografi sama dengan ruang lingkup Geografi, yaitu meliputi :

  • Alam lingkungan yang menjadi sumber daya kehidupan manusia.
  • Penyebaran umat manusia dengan variasi kehidupannya.
  • Interaksi keruangan umat manusia dengan alam lingkungan yang memberikan variasi terhadap ciri khas tempat – tempat di permukaan bumi.
  • Kesatuan regional yang merupakan perpaduan matra darat, perairan, dan udara di atasnya

Jadi guru Geografi dikatakan profesional harus mempunyai kualifikasi profesional melalui tahapan pendidikan dan diharapkan mampu menjalankan KBM secara baik serta menguasai materi IPS Geografi dengan baik pula.

Incoming search terms:

Leave a Reply