HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Psikologi: Hubungan antara Pola Pengasuhan dan Pola Kelekatan dgn Penyesuaian Sosial pd Remaja

Judul Tesis : Hubungan antara Pola Pengasuhan dan Pola Kelekatan dengan Penyesuaian Sosial pada Remaja Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen

A. Latar Belakang

Pada umumnya, pada masa remaja terjadi pertentangan batin dalam dirinya. Disatu pihak remaja memiliki keinginan bebas dari kekuasaan, melepaskan diri dari orangtua, mempunyai rasa ingin tahu, mencari dan menemukan identitas dirinya. Di pihak lain, remaja masih membutuhkan kehadiran orang lain khususnya orang tua yang dapat memberikan bimbingan, arahan, dukungan, dan kasih sayangnya dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul ketika menjalankan proses perubahan pola perilaku dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Berbagai perubahan yang dialami remaja, khususnya yang berhubungan dengan meningkatnya hubungan dengan teman dan kelompok serta harapan masyarakat menuntut seorang remaja untuk dapat menyesuaikan diri (Soelaiman, dkk., 1993).

Salah satu tugas perkembangan masa remaja adalah yang berhubungan dengan penyesuaian sosial. Remaja harus menyesuaikan diri dengan lawan jenisdalam hubungan yang sebelumnya belum pernah ada dan harus menyesuaikan dengan orang dewasa diluar lingkungan keluarga dan sekolah (Hurlock, 2004). Remaja mulai menjalin hubungan dengan orang-orang dewasa dalam lingkungan yang dinamakan masyarakat. Lingkungan tempat tinggal dan subkultur seorang remaja mempunyai pengaruh besar terhadap pengalamannya, pandangannya terhadap penampilan orang lain, kepercayaan dan nilai-nilai serta kebebasan yang diberikan orang tuanya (Mussen, 1994).

 

B. Rumusan Masalah

“Apakah pola pengasuhan dan pola kelekatan berhubungan dengan penyesuaian sosial pada remaja?”.

 

C. Landasan Teori

Pola Pengasuhan

Pola pengasuhan merupakan suatu aktivitas kompleks yang didalammya terdapat beberapa kebiasaan khusus yang dilakukan secara individu maupun bersama-sama yang akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak (Darling, 1999). Baumrind (dalam Darling, 1999) menjelaskan pola pengasuhan orangtua sebagai suatu konstruk yang digunakan untuk menangkap variasi normal pada orangtua dalam mengontrol dan mensosialkan anak.

Pola Kelekatan

Pola kelekatan adalah derajat keamanan yang dialami dalam hubungan interpersonal (Baron & Byrne, 2005). Pola yang berbeda pada awalnya dibangun pada saat masih bayi, tetapi perbedaan dalam kelekatan tampak mempengaruhi perilaku interpersonal sepanjang masa. Hubungan kelekatan yang terbentuk dengan orang tua dan orang lain yang mempunyai arti penting dalam pengasuhan akan berlangsung sepanjang kehidupan (McCartney & Dearing, 2002).

Penyesuaian Sosial pada Remaja

Penyesuaian sosial adalah kemauan untuk mematuhi norma-norma dan peraturan sosial kemasyarakatan. Setiap masyarakat biasanya memiliki aturan yang tersusun dengan sejumlah ketentuan dan norma atau nilai-nilai tertentu yang mengatur hubungan individu dengan kelompok. Dalam proses penyesuaian social individu mulai berkenalan dengan kaidah kaidah dan peraturan-peraturan tersebut lalu mematuhinya sehingga menjadi bagian dari pembentukan jiwa sosial pada dirinya dan menjadi pola tingkah laku kelompok (Mu’tadin, 2002).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola pengasuhan dan pola kelekatan dengan penyesuaian sosial pada remaja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sragen. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala pola pengasuhan, skala pola kelekatan dan skala penyesuaian sosial. Analisis data menggunakan teknik analisis berganda variabel dummy.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang signifikan antara pola pengasuhan dan pola kelekatan dengan penyesuaian sosial pada remaja. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan teknik analisis regresi berganda variabel dummy diperoleh nilai R = 0,718 dan Fregresi = 44,114 > dari Ftabel = 3,1065 dengan taraf signifikansi 5%.
  2. Ada hubungan yang signifikan antara pola pengasuhan dengan penyesuaian sosial pada remaja. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi rx1y sebesar 0,414 dengan r tabel = 0,212 dan taraf signifikansi sebesar 5%, yang berarti pola pengasuhan secara signifikan berhubungan dengan penyesuaian sosial pada remaja.
  3. Ada hubungan yang signifikan antara pola kelekatan dengan penyesuaian sosial pada remaja. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi rx2ysebesar 0,696 dengan r tabel = 0,212 dan taraf signifikansi sebesar 5%, yang berarti pola kelekatan secara signifikan berhubungan dengan penyesuaian sosial pada remaja.
  1. Penyesuaian sosial subjek penelitian tergolong tinggi (mean = 82,65), pola pengasuhan yang paling banyak diterima subjek adalah pola pengasuhanautoritarian (demokratis) sebesar 65,12% dan pola kelekatan yang paling banyak diterapkan dalam keluarga subjek adalah pola secure attachment (62,79%).
  1. Sumbangan relatif pola pengasuhan dengan penyesuaian sosial sebesar 6,02% dan sumbangan relatif pola kelekatan dengan penyesuaian social sebesar 93,98%. Sumbangan efektif pola pengasuhan dengan penyesuaian sosial sebesar 3,1% dan sumbangan efektif pola kelekatan dengan penyesuaian sosial sebesar 48,4%. Total sumbangan efektif sebesar 51,5% ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,515 sehingga masih ada 48,5% variabel lain yang mempengaruhi penyesuaian social pada remaja.

 

Contoh Tesis Psikologi

  1. Hubungan antara presepsi karyawan terhadap penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan stress kerja bagian weaving II PT. Batam Textile Industry Ungaran Tahun 2006.
  2. Hubungan antara pola pengasuhan dan pola kelekatan Dengan penyesuaian sosial pada remaja Siswa kelas xi sma negeri 1 sragen.
  3. Hubungan antara Konformitas dan Efikasi Diri Sosial dengan Harga Diri pada Taruna Akademi Kepolisian Tingkat III / Detasemen Ananta Hira
  4. Hubungan Bakat Siswa dan Persepsi Orang Tua dengan Pemilihan Jurusan Ilmu Sosial Siswa XI Sma Negeri 3 Wonogiri Tahun Ajaran 2006/2007.
  5. pengaruh senam lansia terhadap penurunan tingkat depresi pada orang lanjut usia.

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)