HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Sejarah Menurut Para Ahli

Sejarah Definisi Sejarah Menurut Para Ahli

Sejarah

Sejarah~Negara kita memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Yang tak akan terlupakan oleh bangsa kita sendiri sepanjang hayat. Kita sebagai anak bangsa yang seharusnya lebih mampu memahami dan dan menghargai jasa pahlawan kita dengan melakukan hal-hal positif.

Akan tetapi tahukah anda bahwa sejarah memliki fungsi tersendiri bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Fungsi sejarah tersebut antara lain sebagai pedoman atau gambaran bagi bangsa untuk melangkah dari kehidupan masa kini ke masa yang akan datang.

Sejarah merupakan suatu pengalaman yang terjadi pada masa lampau yang dinggap penting dan memiliki nilai tersendiri. Dari pengalaman tersebut seseorang akan menjadi lebih mengantisipasi langkahnya untuk bertindak.

Setelah kita mengulas secara singkat gambaran sejarah di atas , ternyata banyak orang yang belum mengerti dan paham dengan benar apa maksud, makna dan definisi dari sejarah itu sendiri. Ini dibuktikan dengan banyak asumsi publik yang mendefinisikan sejarah ialah suatu kejadian yang terjadi pada masa lampau.

Hal ini di kuatkan dari beberapa ahli yang berpendapat secara spesifik namun secara universal terdapat perbedaan pendapat satu sama lain, berikut ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi menyajikan refrensi definisi sejarah dari para ahli.

J. Bank berpendapat mengenai sejarah kedalam suatu peristiwa yang penting yang terjadi pada masa lampau. Ia juga menegaskan bahwa sejarah bisa menjadi pedoman siswa untuk mengetahui tata perilaku yang ada pada masa lampau.

Sedangkan Sir Charles Firth ia berpendapat sedikit berbeda. Ia mengatakan bahwa sejarah merupakan perekam kehidupan masyarakat pada masa lampau dengan berbagai kondisi yang terjadi saat itu yang memilki arti penting untuk kehidupan mendatang.

Akan tetapi Moh. Hatta berpendapat bahwa sejarah merupakan wujud pengertian yang terjadi pada masa lampau. Sejarah tidak hanya melahirkan kriteria untuk manusia saja akan tetapi sejarah juga menjadi suatu tumpuan hidup masa silam, sehingga pemahaman masa lampau yang di dalamnya mengandung berbagai dinamika, mungkin berisi problematika pelajaran bagi manusia berikutnya.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa segala yang terjadi pada masa lalu tidak akan terjadi pada masa depan, dan dalam suatu peristiwa tertentu yang dianggap penting akan di sebut dengan sejarah.

Demikian artikel yang berisi tentang definisi sejarah dari para ahli beserta fungsinya semoga dapat bermanfaat sebagai penambah wawasan dan refrensi bagi anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply