HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Contoh Karya Tulis, Dapat Digunakan Sebagai Referensi

Karya tulis ada beberapa macam, karya tulis fiksi dan non fiksi. Contoh karya tulis fiksi seperti cerita pendek tidak perlu menggunakan kaidah-kaidah keilmiahan, adanya unsur emosi atau perasaan dari penulis, dapat menggunakan bahasa kiasan, dapat dikatakan bahwa karya tersebut bebas tidak perlu menggunakan metode-metode yang sistematis. Contoh karya tulis tersebut antara lain artikel, esai, opini, dan fiksi. Sedangkan contoh karya tulis ilmiah antara lain adalah makalah, kertas kerja atau paper, skripsi, tesis, disertasi dan masih banyak lagi. Saat ini sudah tidak asing lagi tentang contoh karya tulis. Bahkan pelajar tingkat pertama pun sesekali diberi tugas untuk membuat makalah dalam mata pelajaran tertentu. Tugas pembuatan contoh karya tulis tersebut diberikan untuk melatih kemampuan menulis siswa. Hal ini dikarenakan penulisan makalah atau karya ilmiah yang baik dan benar akan sangat bermanfaat untuk ke depannya nanti, seperti pada jenjang yang lebih tinggi. Penulisan dengan menggunakan metode yang sistematis digunakan dalam penulisan karya tulis yang lebih tinggi, salah satunya adalah skripsi.

Berbeda karya tulis pada pelajar tingkat pertama dan atas, pada pelajar pada jenjang universitas merupakan tugas yang sering diberikan. Karya tulis ilmiah seperti skripsi malah menjadi salah satu syarat kelulusan. Skripsi merupakan hasil karya tulis yang dilakukan oleh mahasiswa dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, digunakan untuk mencapai gelar sarjana. Sebelum pembuatan skripsi, mahasiswa dikenai berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Masing-masing Perguruan Tinggi mempunyai syarat-syarat tersendiri, misalkan harus memenuhi sejumlah SKS, tidak adanya nilai D atau E, persyaratan IP minimal dan lain sebagainya. Pembuatan skripsi berawal dari pengajuan beberapa judul skripsi yang akan diangkat. Dengan adanya persetujuan judul dari dosen pembimbing maka dapat dilanjutkan pada tahap proposal skripsi. Proposal skripsi berisikan latar belakang dipilihnya judul tersebut, identifikasi masalahnya, tujuan dan manfaat penelitian diadakan, teori-teori pendukung, metode yang akan digunakan dalam penyelesaian masalah tersebut serta daftar pustaka. Setelah proposal disetujui oleh dosen pembimbing maka mahasiswa tersebut dapat menulis skripsi dengan menjabarkan proposal tersebut secara lebih rinci dan menambahkan tentang analisa, pembahasan serta kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Serta pencantuman saran-saran untuk perbaikan di masa mendatang. Skripsi tersebut akan dipertahankan dalam sidang setelah sebelumnya mengalami beberapa kali revisi oleh dosen pembimbing. Ada dua kemungkinan setelah sidang skripsi yakni lulus dengan revisi dari dosen penguji atau harus mengulang skripsi tersebut.

Seringkali skripsi menjadi suatu penghalang kelulusan jika tidak dikerjakan dengan baik. Contoh karya tulis skripsi sekarang ini banyak kita temukan, misalnya di perpustakaan kampus, dapat diunduh melalui internet bahkan di toko buku bekas dapat kita. Kita dapat menggunakan contoh-contoh ini sebagai referensi kita dalam penulisan tugas karya tulis. Dari contoh tersebut dapat kita ambil teknik-teknik yang digunakan. Apakah menggunakan teknik metode penelitian kualitatif atau metode penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan contoh-contoh ini sebagai referensi kita juga bisa tahu bagaimana cara pengambilan sampel, cara menulis daftar pustaka, dan teknik yang lainnya.

Incoming search terms:

Leave a Reply