HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Aplikasi Mobile Informasi Akademik Sekolah dengan J2ME

INTISARI

Pada saat ini perkembangan telepon selular yang mendukung koneksi GPRS (General Packet Radio Service) dan teknologi Java semakin berkembang pesat. Aplikasi Java telah banyak digunakan pada telepon selular sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Salah satunya dimanfaatkan untuk mempermudah komunikasi dalam dunia pendidikan. Pada tugas akhir ini dibuat aplikasi mobile informasi akademik sekolah dengan J2ME guna memudahkan siswa mendapatkan informasi akademik secara efektif dan efisien tanpa harus datang langsung ke sekolah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan studi pustaka. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu aplikasi mobile informasi akademik sekolah hanya membutuhkan memori yang kecil karena database tempat menyimpan data tidak disimpan pada telepon selular melainkan disimpan pada database server, aplikasi ini menggunakan media koneksi GPRS untuk mencari data sehingga memerlukan biaya.

Kata kunci : Pemrograman Java, J2ME, akademik, informasi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat saat ini memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi dengan cepat, murah, dan mudah. Salah satu produk teknologi informasi dan komunikasi yang menyediakan fasilitas tersebut adalah telepon selular (handphone). Semakin tingginya perkembangan teknologi sekarang ini mengakibatkan timbulnya berbagai macam teknologi baru dalam pembuatan aplikasi pada handphone. Penggunaan telepon selular tidak lagi terbatas pada alat komunikasi bergerak (mobile phone) sebagai pengganti telepon rumah, tetapi sudah semakin berkembang ke arah penggunaan internet pada telepon selular apalagi didukung dengan berkembangnya teknologi GPRS (General Packet Radio Service) pada kebanyakan telepon selular keluaran baru. Teknologi GPRS memungkinkan pengguna telepon selular untuk melakukan koneksi internet dengan menggunakan WAP (Wireless Application Protocol) yang dapat dihubungkan dengan komputer, notebook ataupun dengan hanya menggunakan telepon selular yang mempunyai WAP browser.

Perkembangan teknologi pada telepon selular sudah berkembang dengan menggunakan teknologi Java 2 Micro Edition (J2ME) yang memungkinkan pengguna telepon selular untuk membuat program Java yang dapat dijalankan pada telepon selular yang mendukung J2ME Platform. Pengguna telepon selular dapat melakukan kreasi sendiri atau men-download program Java untuk kemudian digunakan pada telepon selularnya dengan adanya teknologi J2ME. Hal ini mendorong penulis untuk membuat sebuah aplikasi yang informatif, aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi dalam dunia pendidikan. Penulis membuat aplikasi mobile bagi para siswa dalam mencari informasi akademik yang ada di sekolah dengan menggunakan bahasa pemrograman Java (Java 2 Micro Edition).

Incoming search terms:

Leave a Reply