HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Anthraks

Anthraks  Anthraks

Anthraks ~ Tahukah anda bahwa selama ini semua makhluk hidup yang ada pada bumi, diberkahi suatu kesehatan dan juga penyakit. Tak terkecuali pada hewan, hewan yang selama ini kita kenal dengan kelucuannya atau kepintarannya tentu saja memiliki suatu penyakit tertentu bahkan mematikan.

Penyakit mematikan yang menyerang pada hewan yang selama ini kita ketahui ialah Antraks. Antrak merupakan suatu penyakit yan menyerang pada hewan yang pada umumnya merupakan kategori hewan menyusui.

Gejala-gejala yang ditimbulkan pada penyakit antraks juga sangat membahayakan terlebih-lebih jika terkontaminasi oleh manusia. Berikut ini gejala dari antrak yang terjadi pada manusia meliputi:

  1. Sulit bernafas
  2. Radang kulit
  3. Muntah darah
  4. Sakit perut
  5. Diare

Penyakit antraks sendiri merupakan suatu penyakit yang dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya meskipun telah dilakukan pemusahan sebelumnya. Antarks sendiri dapat hidup apada musim panas dan hujan.

Antraks sendiri dapat muncul pada spora serta kuman tanah. Bibit-bibit yang ada pada tanah meskipun yang terlah tertimbun selam puluhan tahun akan hidup kembali dengan terbawanya bakteri tersebut oleh air hujan.

Hewan-hewan yang sudah tertular oleh penyakit Antraks diantisipasi dengan cara membakas hewan tersebut tanpa harus memotongnya. Jasad dari hewan tersebut juga dikubur kedalam tanah sedalam 2 meter.

Kuburan tersebut harus ditutup rapat-rapat. Biasanya dengan menggunakan semen serta beton. Sementara ternak yang masih sehat harus sesegera mungkin dilakukan vaksinasi.

Kuman pada antrak yang notabenenya dapat terbunuh dengan tuntas bila mana telah didihkan pada suhu 100 derajat Celcius yang kurang lebih dididihkan selama 15 menit. Hal ini dapat dipraktekkan ketika sedang memasak daging hewan yang mudah diserang antraks.

Antibiotik harus juga cepat serta tepat diberikan pada tubuh agar tidak terinfeksi. Antibiotik biasa misalnya penisilin, tetrasiklin, doxycycline, dan fluoroquinolones cukup ampuh membunuh kuman yang menginfeksi tubuh.

Demikian artikel yang membahas mengenai Penyakit Antraks, Penanggulangan Penyakit Antraks, Serta Pencegahan Penyakit Antraks. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Leave a Reply