HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Analisa Kebijakan Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A)

Abstrak Tesis Kebijakan Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air

Tesis ini membahas kebijakan pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di DI Way Pematang I, Kabupaten Lampung Selatan yang dilaksanakan melalui proyek Participatory Irrigation Sector Project (PISP) yang didanai oleh pinjaman luar negeri dari Asian Development Bank (ADB). Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah menganalisa kesesuaian antara desain pemberdayaan P3A yang dijalankan pemerintah daerah dalam proyek PISP dengan kondisi masyarakat DI Way Pematang I. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dengan menyarikan jawaban hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada responden.

Perkumpulan Petani Pemakai Air Analisa Kebijakan Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A)

Dengan metode ini diharapkan informasi yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang terjadi serta implikasi pemberdayaan yang dilakukan dapat diperoleh secara akurat dan komprehensif (Sumber : http://idtesis.com).

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa desain pemberdayaan P3A yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan belum sesuai dengan kondisi DI Way Pematang I, dan belum sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah daerah tersebut karena keterbatasan dana. Rekomendasi yang disarankan dalam penelitian adalah peningkatan alokasi dana pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi, serta pemberdayaan P3A melalui optimalisasi pendapatan daerah pada sektor perpajakan dengan adanya desentralisasi Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Selain itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan juga perlu melakukan upaya pengaktifan kembali organisasi P3A di DI Way Pematang I, penanaman pemahaman kembali kepada masyarakat petani akan pentingnya organisasi P3A dengan menggunakan media pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat, dan peningkatan sistem monitoring dan evaluasi atas pelaksanan kegiatan pemberdayaan P3A didaerahnya (Sumber : http://idtesis.com).

Alur sistematika penulisan tesis ini terdiri dari 5 bab yang dijelaskan sebagai berikut:

BAB I : PENDAHULUAN

Pada bab ini akan diuraikan latar belakang penulisan, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, kerangka berpikir dan sistematika penulisan.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA DAN PENDEKATAN TEORITIS

Bab ini menjelaskan berbagai perihal tinjauan pustaka, studi literatur dan teori yang mendukung analisis serta pemahaman tentang, konsep pengelolaan irigasi, pemberdayaan P3A dan penelitian terdahulu.

BAB III : GAMBARAN UMUM LOKASI DAN PROYEK PENELITIAN

Dalam bab ini akan gambaran umum tetang lokasi penelitian dan proyek PISP.

BAB IV : METODOLOGI

Bab ini berisikan metodologi penelitian yang meliputi jenis penelitian, lokasi penelitian, teknik pengumpulan data, informan, dan metode analisa data.

BAB V : HASIL PENELITIAN DAN ANALISA

Dalam bab ini akan dimuat hasil penelitian yang meliputi penyajian data serta analisa temuan-temuan penelitian.

BAB VI : KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Dalam bab ini akan ditarik suatu kesimpulan berdasarkan pembahasan sebelumnya dan saran bagi kelanjutan kebijakan di masa mendatang.

Incoming search terms:

Leave a Reply