HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Website Penyedia Jurnal Internasional Gratis / Free untuk Penulisan Skripsi dan Tesis

Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamphlet berseri berisi bahan-bahan ilmiah yang biasanya mengambil tema yang up to date (tema yang diminati) pada saat diterbitkan. Jurnal ilmiah biasanya berisikan hasil-hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh akademisi dan disusun secara ringkas dan sistematis.

Fungsi Literatur Asing

Sebagai salah satu syarat penulisan tugas akhir skripsi atau tesis biasanya harus memiliki rujukan jurnal asing atau jurnal berstandar internasional yang disertakan di daftar pustaka. Bahkan beberapa universitas menyaratkan 5 % – 10 % daftar pustaka yang digunakan adalah literature asing, baik buku-buku asing yang berbahasa Inggris maupun berwujud artikel ilmiah dan penelitian yang sudah dikemas dalam bentuk jurnal asing.

Penggunaan literature asing tidak hanya didominasi oleh beberapa program studi saja, tetapi hampir semua program studi bisa menggunakan dukungan literature asing sebagai rujukan atau referensi. Namun demikian, ada beberapa bidang yang lebih banyak menggunakan dukungan referensi asing, diantaranya adalah skripsi atau tesis psikologi, teknik (teknik sipil, teknik arsitektur, teknik elektro, teknik geologi, teknik pertambangan, dll), pendidikan (administrasi pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran, dll), mipa (bilogoi, kimia, matematika, fisika), pertanian, ekonomi (manajemen pemasaran, manajemen keuangan,manajemen sumber daya manusia, akuntansi keuangan, ekonomi pembangunan), dll

Kekurangan Literatur Asing di Universitas

Ada banyak website penyedia literature asing yang bisa di download dalam format pdf, xml atau doc. Namun demikian, tidak semua universitas mampu berlangganan karena kendala harga yang relatif tinggi. Beberapa website penyedia journal berbahasa asing yang full text adalah sebagai berikut:

1. H. W. Wilson – Omni File Full

2. ProQuest, mencakup bidang ilmu: – Bidang Agama, – Bidang Ilmu Sosial, – Bidang Pertanian, – Bidang Sains, – Bidang Seni. Bisa diakses melalui melalui URL: www.proquest.com/pqdweb

3. EBSCO, mencakup bidang ilmu: – Bidang Teknik, – Bidang Bisnis, – Bidang Kedokteran, Akses melalui URL: http://search.epnet.com

4. Cengage, mencakup bidang ilmu : – Bidang Sains, – Bidang Pendidikan, – Bidang Ilmu Sosial. Akses melalui URL: www.infotrac.galegroup.com/itweb

Situs Gratis Penyedia Literatur Asing

1. Google Scholar [http://scholar.google.com]

Situs ini adalah salah satu mesin pencari artikel jurnal dalam berbagai format seperti pdf, doc, xml, dll yang cukup powerfull. Anda bisa mencari berbagai macam artikel ilmiah full text yang bisa di download secara lengkap.

2. FindArticles.com [http://findarticles.com]

Situs ini berfungsi mirip dengan google scholar. Namun demikian, situs ini untuk beberapa hal berbeda karena artikel / jurnal ilmiah yang kita peroleh sudah berada di situs ini. Artikel yang kita temukan dalam website ini berbeda dengan artikel-artikel yang kita cari dari mesin pencari yang lain seperti Yahoo, Google, dll

3. Psychology About [http://about.com]

Website ini menyediakan link-link yang baik ke beberapa jurnal ilmiah yang ada.

- Jurnal asing bidang arkeologi : http://archaeology.about.com/

- Jurnal asing bidang biologi : http://biology.about.com/

- Jurnal asing bidang ilmu kimia : http://chemistry.about.com/

- Jurnal asing bidang ekonomi : http://economics.about.com/

- Jurnal asing bidang kehutanan : http://forestry.about.com/

- Jurnal asing bidang geografi : http://geography.about.com/

- Jurnal asing bidang investasi : http://inventors.about.com/

- Jurnal asing bidang matematika : http://math.about.com/

- Jurnal asing bidang fisika : http://physics.about.com/

- Jurnal asing bidang psikologi http://psychology.about.com/

4. High-Wire Press[http://highwire.stanford.edu/lists/largest.dtl]

Situs ini adalah penyedia jurnal ilmiah yang full text dan bisa didownload secara gratis. Situs ini dikelola oleh Universitas Stanford. Artikel dan jurnal yang disediakan terdiri dari berbagai bidang.

5. AERA SIG [http://aera-cr.asu.edu/links.html]

Situs ini disediakan oleh American Educational Research Association Special Interest Group. Website ini menyediakan banyak link ke website penyedia jurnal yang full text. Biasanya jurnal yang tersedia bertemakan pendidikan dan bisa digunakan sebagai referensi skripsi / tesis secara gratis.

6. Amoeba Web
[
http://www.vanguard.edu/faculty/ddegelman/amoebaweb/index.aspx?doc_id=847]

Ini merupakan situs yang dikelola oleh Vanguard University of Southern California. Website ini pantas mudah digunakan karena link-link yang tersedia sudah tersusun secara abjad dan sebagian dari isinya bisa di download secara gratis.

7. KSPOPE [ http://kspope.com ]

Situs ini memberikan akses gratis ke beberapa jurnal ilmiah yang bertemakan psikologi. Namun sayangnya situs ini tidak menyediakan kolom search sehingga agak menyulitkan jika ingin mencari jurnal dalam ketagori yang lebih spesifik.

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

2 Comments
  1. buat yg lg penelitian/skripsi/tesis/disertasi dan membutuhkan jurnal internasional dari penyedia jurnal ternama seperti springerlink, sciencedirect, jstor, emerald insight, wiley, ieee, pubmed, hinari dsb bisa pesan ke ane. Insya Alloh lgsg dicarikan dan lgsg dikirim ke email, info lengkap cek di http://t-guh.tk atau email di coolsbanget@gmail.com

  2. berapa duit bang gantinya ntar?

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print