HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Topik Menarik untuk Membuat Proposal Penelitian Ekonomi Manajemen

Proposal penelitian ekonomi manajemen merupakan usulan berupa rencana penelitian mengenai masalah ekonomi manajemen. Sebelum memulai penulisan proposal penelitian ekonomi manajemen, hal utama yang perlu disiapkan adalah memilih topik tulisan yang menarik untuk diteliti. Tulisan ini akan mengulas mengenai topik atau tema yang menarik untuk diteliti oleh para mahasiswa, diantaranya adalah:

Pertama, Ekonomi Mikro Indonesia Tahun 2012

Ilmu ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya. Sebagai contoh, masalah yang dihadapi Indonesia dalam ekonomi mikro adalah masalah mengenai harga dasar dan harga tertinggi dari suatu barang kebutuhan. Hal ini disebabkan karena keseimbangan permintaan dan penawaran di pasar tidak tercapai.

Pengaruh dari krisis ekonomi juga turut andil dalam masalah harga ini, yaitu melambungnya harga berbagai jenis barang yang di butuhkan oleh produsen dan konsumen. Dari masalah tersebut dapat dianalaisis bagaimanakah kebijakan pemerintah mengenai masalah harga dasar dan harga tertinggi dari setiap barang kebutuhan. Dari masalah tersebut dapat dianalisis yaitu salah satu campur tangan pemerintah dalam permasalahan ini ialah kebijakan pemerintah mengenai harga dasar (floor price) dan harga tertinggi (ceiling price). Tujuan penentuan harga dasar adalah untuk membantu produsen, sedangkan harga tertinggi untuk membantu konsumen. Misalnya, musim panen padi menyebabkan jumlah beras melimpah. Akibatnya, harga beras turun sehingga para petani mengalami kerugian. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah menentukan harga dasar (floor price) beras untuk membantu para petani.

Kedua, Ekonomi Makro Indonesia Tahun 2012

Ekonomi makro adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Ekonomi makro menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan. Permasalahan dalam Ekonomi Makro yang dapat diteliti antara lain:

  • (1) kemiskinanan dan pemerataan;
  • (2) krisis nilai tukar;
  • (3) hutang luar negeri;
  • (4) perbankan, kredit macet;
  • (5) inflasi;
  • (6) pertumbuhan ekonomi; dan
  • (7) pengangguran.

Sebagai contoh masalah yang baru ini menimpa Indonesia dalam menghadapi tantangan perekonomian dunia yang lesu di tahun 2012. Pertumbuhan ekonomi dunia diproyeksikan turun dari 4% di tahun 2011 menjadi 3,5% di tahun 2012. Proyeksi turunnya pertumubuhan ekonomi juga terjadi pada mitra dagang Indonesia yaitu dari 3,2% di tahun 2011 menjadi 2,3% di tahun 2012. Perlambatan ini tentunya akan mempengaruhi volume perdagangan dunia yang diproyeksikan 5,8% di tahun 2012. Ancaman juga datang dari potensi kenaikan harga minyak mentah dunia karena ketegangan yang terjadi di Timur Tengah. Kenaikan ini akan memberikan tekanan fiskal di negara-negara yang memberlakukan kebijakan subsidi harga BBM seperti Indonesia. Dalam hal ini dapat dianalisis bagaimana strategi pemerintah Indonesia dalam menghadapi krisis ekonomi tersebut agar masyarakat Indonesia tetap makmur.

No tags for this post.
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat