HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Tips dan Trik, Mencari Buku-Buku yang Pantas untuk mengisi daftar Pustaka Anda

Saat ini ada banyak sekali buku-buku yang beredar di pasaran. Apalagi buku-buku yang bertema sosial seperti manajemen atau pengelolaan, baik itu untuk manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen produksi dan operasi, maupun manajemen keuangan. Namun demikian, apakah buku-buku tersebut LAYAK, BERMUTU, sehingga PANTAS untuk digunakan sebagai dasar penelitian tugas akhir skripsi? Tentu saja tidak.

Ada banyak sekali buku-buku yang tidak bermutu tinggi sehingga pantas disebut sebagai buku populer. Buku-buku populer ini memiliki karakteristik tidak memiliki dukungan teori yang kuat. Sehingga sering kali memberikan informasi yang menyesatkan bagi pembacanya.

Untuk itu, anda harus jeli untuk mengetahui buku-buku yang akan anda gunakan. Dengan demikian, anda akan menjadi lebih hemat dalam mengeluarkan dana untuk mencari referensi, sehingga dengan dana yang relatif terbatas anda bisa mendapatkan referensi yang sebanyak-banyaknya. Ada beberapa tips untuk mencari referensi yang akan anda gunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Teknik Googling.
- Gunakan Fasilitas Internet untuk mencari naskah artikel, hasil seminar ataupun ebooks yang bisa anda download secara gratis. Ada beberapa situs yang menyediakan bahan referensi, diantaranya : www.scribd.com, www.4shared.com, docs.google.com dan lain sebagainya
- Gunakan tambahan kata “site:ac.id†pada kata pencari yang anda gunakan. Hal ini sebagai filter supaya hanya artikel-artikel yang muncul adalah artikel yang dikeluarkan dari kampus di Indonesia.
- Gunakan tambahan kata “site:go.id†pada kata pencari yang anda gunakan. ini berarti informasi atau artikel yang muncul adalah yang berasal dari pemerintah Indonesia.
- Gunakan tambahan “filetype:pdf†atau “+ pdf†jika anda ingin agar informasi yang muncul memiliki ekstensi pdf. Anda bisa menggunakan kombinasi yang lain seperti “filetype:docâ€, “filetype:docx†“+ pdf†“filetype:pptâ€, “filetype:pptxâ€, “filetype:xls†dan lain sebagainya.
- Manfaatkan forum-forum yang berbasis pendidikan di Indonesia. Misalnya, Anda bisa berkunjung ke sub forum education pada www.kaskus.us.

2. Lihat dan Pelajari Daftar Pustaka dari skripsi yang sejenis dengan penelitian Anda.
Catat daftar pustaka dari skripsi penelitian terdahulu. Disana anda bisa melihat buku-buku manajemen apa saja yang digunakan oleh skripsi terdahulu. Buku-buku yang sudah pernah digunakan biasanya bisa digunakan lagi untuk penelitian anda. Jika tahun terbitan sudah relatif lama, sebaiknya di cari buku edisi atau cetakan terbarunya. Anda bisa meminta bantuan atau meminta pendapat dari dosen anda jika bingung untuk menentukan buku yang akan digunakan.

3. Jika tidak mendesak, jangan menggunakan buku populer
Usahakan jangan menggunakan buku populer jika anda belum mempelajari latar belakang penulis buku tersebut. Sering kali buku-buku populer ditulis oleh orang yang tidak berkompeten di bidangnya.

4. Gunakan berita dari media cetak maupun internet
Berita sering kali digunakan untuk membandingkan antara realitas dengan keadaan yang diinginkan. Berita sering kali digunakan untuk menunjukkan gap antara kenyataan dengan harapan. Biasanya ini digunakan pada penulisan Skripsi Bab I pada bagian latar belakang masalah.

Semoga tulisan sederhana ini mampu memberikan pencerahan bagi anda untuk mencari referensi yang berkualitas untuk mengisi daftar pustaka Anda. Semoga daftar pustaka Anda penuh dengan buku-buku yang bermutu sehingga mencerminkan kualitas skripsi yang Anda tulis.

Tags: , , , ,
2 Comments
  1. cari contoh tesis manajemen pendidikan

Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat