HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Tesis Balanced Scorecard | Penerapan Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Balanced Scorecard

Tesis Balanced Scorecard – Dalam Tesis ini akan dilakukan analisis kemungkinan penerapan balanced scorecard dan pengukuran kinerja dengan menggunakan sistem Balanced Scorecard kepada sebuah perusahaan atau organisasi publik yang belum mengenal sistem pengukuran kinerja tersebut. Hasil dari pengukuran kinerja tersebut akan direkomendasikan kepada Rumah Sakit untuk melengkapi sistem pengukuran kinerja yang sudah ada.

Kebutuhan perusahaan untuk mengimplementasikan balanced scorecard dipacu oleh faktor-faktor berikut ini (Mulyadi, 2001) :

  1. Lingkungan bisnis yang dimasuki perusahaan sangat kompetitif dan turbulen.
  2. Sistem manajemen yang digunakan oleh perusahaan tidak pas dengan tuntutan lingkungan bisnis yang dimasuki oleh perusahaan.
Standar pengukuran kinerja yang digunakan Rumah Sakit secara konvensional  mempunyai beberapa kelemahan, yaitu belum mencakup pengukuran di bidang keuangan dan masih menekankan pada aspek pelanggan. Balanced Scorecard di kembangkan sebagai alat yang cukup penting bagi organisasi atau perusahaan untuk merefleksikan pemikiran baru dalam era kompetitif dan efektifitas organisasi.

Sistematika penulisan dalam penelitian ini secara garis besar dibagi dalam lima bab, yaitu:

  • BAB I PENDAHULUAN. Bab I berisi latar belakang penelitian, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, kerangka pemikiran, dan sistematika penulisan.
  • BAB II LANDASAN TEORI. Bab II merupakan landasan teori yang memuat teori-teori secara konseptual yang diharapkan mampu mendukung pokok-pokok permasalahan yang diteliti.
  • BAB III METODOLOGI PENELITIAN. Bab III berisi desain penelitian, objek penelitian, sumber data, teknik analisa data, dan informasi umum mengenai perusahaan yang diperoleh dari arsip perusahaan.
  • BAB IV ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN. Bab IV merupakan analisis data dan interpretasi dari hasil analisis serta pembahasan tentang penelitian yang dilakukan.
  • BAB V PENUTUP. Bab V berisi kesimpulan, keterbatasan, dan saran yang didasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan.

 Tesis Balanced Scorecard Tesis Balanced Scorecard | Penerapan Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Balanced Scorecard

Hasil Penilaian Kinerja pada Rumah Sakit menggunakan Balanced Scorecard 

Kinerja perspektif konsumen diukur dengan menggunakan indikator market share, customer retention, customer acquisition, dan customer satisfaction. Dari indikator pengukuran tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Rumah Sakit sudah cukup memperhatikan kepuasan pelanggan dan diharapkan prestasi ini dapat lebih ditingkatkan.

Kinerja perspektif proses bisnis internal diukur dengan menggunakan indikator tiga indikator yaitu innovation, operational process, dan postsales services. Secara umum memperlihatkan bahwa Rumah Sakit  cukup mampu dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki.

Kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran diukur dengan menggunakan dua indikator yaitu peningkatan kapabilitas karyawan dan peningkatan komitmen karyawan. Secara umum telah menunjukkan hasil yang baik. Meskipun jika dilihat dari indikator rentensi karyawan mengalami peningkatan . Akan tetapi meskipun mengalami peningkatan retensi karyawan, kemampuan rumah sakit untuk mempertahankan hubungan yang baik dengan karyawan dapat dikategorikan cukup berhasil. Dalam hal ini pihak manajemen rumah sakit perlu mengadakan evaluasi dan mencari informasi, perihal apa yang menyebabkan tingkat retensi karyawan mengalami peningkatan. Sehingga diharapkan dimasa yang akan datang tingkat retensi karyawan dapat menurun yang berarti bahwa keharmonisan hubungan dengan karyawan semakin meningkat. Hal ini akan berdampak pada tingkat loyalitas dan tingkat produktivitas karyawan yang tinggi. Kondisi ini menarik jika digunakan sebagai bahan Tesis Balanced Scorecard

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi kesehatan lengkap / tesis kesehatan lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

Tags: ,
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632