HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Syarat Utama Untuk Berhasilnya Penelitian

Dalam suatu penelitian, tentunya terdapat berbagai syarat untuk berhasilnya penelitian. Menurut Somers (1959) dalam buku Metode Penelitian karangan Nazir (1988) mengemukakan terdapat beberapa persyaratan supaya penelitian dapat berjalan dengan lancar, yaitu:

1.       Adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya penelitian untuk suatu negara ataupun daerah

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya penelitian sangatlah diperlukan, hal ini disebabkan karena ilmuwan tidak dapat bekerja bila mana tidak adanya dukungan masyarakat. Misalnya ilmuwan menghendaki adanya laboratorium, lapangan percobaan, alat-alat, dan lain sebagainya yang mana hal tersebut memerlukan biaya dari masyarakat yang sadar akan pentingnya penelitian. Tidak adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya penelitian maka para ilmuwan sudah tentu tidak dapat berkonsentrasi pada penelitiannya dan akan cenderung mencari pekerjaan lainnya.

2.       Harus ada sarana dan pembiayaan yang cukup

Dalam mengadakan penelitian tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dana penelitian tersebut dapat berasal dari pemerintah, pihak swasta, dan dapat berasal dari berbagai kalangan masyarakat yang sadar akan pentingnya penelitian. Pada dasarnya, penelitian merupakan investasi bagi negara tersebut. Bila investasi itu atau penelitian tersebut berhasil, maka semua kalangan dapat merasakan hasilnya.

3.       Hasil penelitian harus dengan segera diterapkan

Hasil penelitian yang diterapkan dalam masyarakat dapat menjadi suatu kebanggan bagi peneliti itu sendiri. Selain itu, penelitian yang dengan segera diterapkan akan menjadi pemicu bagi peneliti untuk menghasilkan karya penelitian yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dampak lainnya, adalah masyarakat yang merasakan implementasi dari penelitian tersebut tentunya akan meningkatkan kepercayaan kepada ilmuwan, sehingga dukungan dari masyarakat akan terus mengalir.

4.       Harus ada kebebasan dalam melalukan penelitian

Kebebasan untuk melakukan penelitian merupakan hal yang layak diterima oleh para ilmuwan. Hal ini disebabkan supaya ilmuwan tidak didikte untuk melakukan berbagai penelitian yang hanya ditujukan untuk kepentingan salah satu kelompok saja.

5.       Peneliti harus mempunyai kualifikasi yang diperlukan

Peneliti tersebut merupakan ilmuwan yang berbobot. Maksudnya, ilmuwan yang memiliki yang menguasai bidangnya, mempunyai pengabdian yang tinggi dalam mengejar ilmu pengetahuan, berkemauan keras, memiliki kejujuran intelektual, rajin dan integritas yang tinggi, serta bertanggungjawab.

Menyambung dari syarat kelima yang dikemukakan Somers (1959) dalam buku Metode Penelitian karangan Nazir (1988) menilik yang diungkapkan oleh F.L. Whitney dalam buku The Element Of Research, menyatakan bahwa terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang peneliti, yaitu:

  1. Mempunyai daya nalar yang tinggi untuk memberikan alasan dalam pemecahan masalah.
  2. Mempunyai ide-ide segar yang cemerlang, sehingga terhindar dari tindakan plagiat.
  3. Memiliki daya ingat yang kuat, sehingga dapat dengan sigap melayani masalah serta menguasai fakta-fakta
  4. Memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi sehingga dapat segera mengetahui dan responsif bilamana terdapat perubahan yang atas suatu sifat fenomena
  5. Memiliki tingkat penghitungan yang akurat, tajam, serta beraturan
  6. Mempunyai tingkat konsentrasi yang tinggi, kemauan yang keras serta tidak cepat bosan
  7. Memiliki sifat kooperatif, dan berjiwa leadership
  8. Memiliki kesehatan baik jiwa maupun fisik
  9. Memiliki semangat untuk meneliti
  10. Memiliki kejujuran intelektual, moral yang tinggi, beriman, dan dapat dipercaya

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print