HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Prosedur Pelayanan Penjualan Tiket Kapal Laut PT. Pelayaran Prima Vista di CV. Niki Tour Surakarta

ABSTRAK

Karya ilmiah ini akan mengulas tentang prosedur pelayanan penjualan yang digunakan oleh perusahaan jasa perjalanan wisata dan permasalahanya serta cara mengatasinya. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui Prosedur Pelayanan Penjualan Tiket Kapal Laut PT. Pelayaran Prima Vista yang digunakan oleh dan CV. Niki Tour Surakarta dan mengetahui cara mengatasi masalah yang berkaitan dengan Prosedur Pelayanan Penjualan Tiket Kapal Laut PT. Pelayaran Prima Vista yang digunakan oleh dan CV. Niki Tour Surakarta Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode analisis deskriptif kualititf.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: observasi,wawancara dan studi pustaka. Dari metode yang digunakan penulis mendapatkan data-data yang lengkap dan disajikan dalam bentuk laporan.

Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa prosedur pelayanan penjualan tiket kapal laut PT. Pelayaran Prima Vista pada CV. Niki Tour Surakarta berbeda dengan Agen Perjalanan yang lain. Dalam hal ini prosedur pelayanan penjualan yang digunakan adalah prosedur pelayanan penjualan tiket kapal laut PT. Pelayaran Prima Vista secara on-line. Penentuan harga tiket kapal laut PT. Pelayaran Prima Vista di CV. Niki Tour Surakarta dibedakan yaitu: CV. Niki Tour Surakarta sebagai Agen Perjalanan atau sebagai sub Agen Perjalanan. Cara CV. Niki Tour Surakarta mengatasi permasalahan yang ada yaitu dengan mencari inti permasalahan dan solusi yang tepat dalam penyelesaiannya. Prosedur pelayanan penjualan tiket kapal laut PT. Pelayaran Prima Vista secara on-line digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam melayani calon penumpang yang akan berdampak pada kepuasan konsumen dan citra perusahaan.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu bergerak berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Manusia memiliki sifat hakiki yang tidak pernah bisa puas terpaku pada suatu tempat, bahkan untuk memenuhi tuntutan kelangsungan hidupnya manusia melakukan perjalanan melintasi berbagai pulau dan benua sampai petualangan manusia di ruang angkasa, mereka melakukan perpindahan karena suatu alasan.

Alasan setiap orang melakukan perjalanan berbeda antara satu dengan yang lain, mereka memiliki tujuan dan motivasi sendiri-sendiri. Ada beberapa tujuan dan motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu perjalanan, antara lain:
1. Untuk menikmati perjalanan (Pleasure Tourism).
2. Untuk rekreasi (Recreation Tourism).
3. Untuk kebudayaan (Cultural Tourism).
4. Untuk olahraga (Sports Tourism).
5. Untuk urusan usaha dagang (Business Tourism).
6. Untuk konvensi (Convention Tourism).

Di jaman yang serba modern ini manusia telah mampu menciptakan sarana transportasi yang canggih, sehingga faktor jarak, waktu, dan sarana tidak lagi menjadi masalah besar. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah yang sangat luas. Selain itu Indonesia merupakan negara yang mempunyai penduduk yang sangat besar jumlahnya dan tersebar di seluruh pelosok tanah air. Mereka seringkali melakukan perjalanan dari tempat satu ke tempat lain dan dari pulau satu ke pulau lain baik menggunakan transportasi darat, udara maupun laut.

Sejak dahulu sampai sekarang transportasi laut merupakan jenis transportasi yang telah digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan antar pulau. Akan tetapi untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi laut para penumpang harus melalui prosedur yang tidak mudah, mereka harus mendapatkan informasi jadwal keberangkatan kapal laut dan memesan tiket terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum mereka akan berangkat, sedangkan untuk mendapatkan informasi keberangkatan kapal laut dan untuk memesan tiket tersebut mereka harus datang langsung ke pelabuhan atau melalui Agen Perjalanan.

Di negara Indonesia pada umumnya dan di kota Surakarta pada khususnya banyak dibuka usaha yang bergerak di bidang transportasi, baik itu Biro Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan sehingga sedikit banyak telah membantu mempermudah proses dalam mendapatkan informasi jadwal keberangkatan kapal laut dan memesan tiket. Akan tetapi karena kota Surakarta terletak jauh dari pelabuhan maka untuk mendapatkan tiket kapal laut yang diinginkan, calon penumpang tidak bisa mendapatkan tiket tersebut secara langsung, calon penumpang tersebut harus berulang-ulang kali melakukan konfirmasi ke Agen Perjalanan tempat ia memesan tiket dan calon penumpang tersebut harus menunggu beberapa hari lagi sebelum ia benar-benar mendapatkan tiket yang diinginkannya.

Banyak dibukanya usaha Agen Perjalanan di kota Surakarta mengakibatkan terjadinya persaingan usaha antara satu dengan yang lainnya. Mereka berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada para calon konsumen. Mereka tidak segan-segan memanggil dan memakai orang-orang ahli untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menggunakan teknologi yang canggih dalam melayani calon konsumen. Saat ini telah ada beberapa Agen Perjalanan di kota Surakarta yang menggunakan system on-line dalam melayani calon konsumen.

CV. Niki Tour Surakarta merupakan salah satu Agen Perjalanan yang melayani pemesanan tiket angkutan udara, darat dan laut yang menggunakan online system, baik dalam proses reservasi pesawat udara (Lion Air, Mandala, Bouraq), maupun kapal PT. PELNI dan kapal swasta (PT. Pelayaran Prima Vista). Karena CV. Niki Tour Surakarta menggunakan on-line system dalam melayani calon konsumen, maka CV Niki Tour Surakarta mempunyai prosedur yang cukup menarik, sehingga penulis tertarik untuk mengambil judul “Prosedur Pelayanan Penjualan Tiket Kapal Laut PT. Pelayaran Prima Vista di CV. Niki Tour Surakarta”.

Tags: , , ,
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632