HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

5 Tema untuk Proposal Tesis Manajemen Pendidikan

Ada banyak sekali contoh proposal tesis untuk program manajemen pendidikan yang bisa di download di Internet. Namun demikian, apakah anda yakin bahwa proposal tesis manajemen pendidikan tersebut masih up to date dan relevan untuk permasalahan-permasalahan pendidikan dewasa ini?

Tulisan ini berbagai jenis tema yang masih up to date atau bisa digunakan untuk menyusun tesis atau tugas akhir s2, yaitu sebagai berikut:

Ada 5 Tema untuk Proposal Tesis Manajemen Pendidikan

Pertama, Tema Kepemimpinan

Tema kepemimpinan adalah satu tema favorite dan sering digunakan dalam menyusun Proposal Tesis Manajemen Pendidikan. Tema ini terutama biasanya menggunakan variabel kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas atau variabel yang akan memberikan pengaruh kepada variabel yang lain. Kepemimpinan kepala sekolah menjadi tema yang menarik karena dari berbagai hasil penelitian dan pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dapat memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kualitas / mutu pendidikan di sekolah. Seiring dengan munculnya konsep Manajemen Berbasis Sekolah, maka tema tesis kepemimpinan kepala sekolah menjadi menarik untuk diteliti.

Kedua, Tema Kinerja Guru

Ada banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kinerja guru. Kualitas hasil pendidikan sangat tergantung pada kualitas dan kinerja guru karena guru yang berhadapan secara langsung dengan siswa di sekolah. Berbagai jargon inovasi pendidikan, penerapan kurikulum terbaru (KSTP), penerapan media pembelajaran dan lain sebagainya bisa diterapkan dengan baik jika guru sudah menguasai pembelajaran di kelas. Dengan adanya kinerja guru yang baik, maka konsep pembelajaran yang telah dirancang dengan baik maka dapat diterapkan secara sempurna di kelas. Oleh karenanya penelitian yang berkaitan dengan kinerja guru masih layak untuk dilakukan penelitian terutama dalam penelitian pengembangan pendidikan di sekolah.

Ketiga, Tema Kedisiplinan

Tema ini muncul dari fenomena yang terjadi di kalangan pendidik di sekolah tentang merosotnya nilai-nilai kedisiplinan guru dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pengajar dan pendidik. Bahkan di berbagai media massa terlihat bahwa fenomena yang mengkhawatirkan dimana ada kecenderungan guru-guru yang sudah mendapatkan sertifikasi tingkat kedisiplinannya cenderung malahan menurun. Walaupun fenomena tersebut tidak didukung dengan data-data yang cukup namun jika kondisi tersebut benar-benar nyata maka akan menjadi ironis. Oleh karenanya penelitian yang berkaitan dengan kedisiplinan guru menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Keempat, Tema Efektivitas Pembelajaran di Sekolah

Salah satu tugas dari kepala sekolah adalah menciptakan suasana sekolah yang mampu mewujudkan efektivitas pembelajaran. Kepala sekolah dapat melakukan berbagai modifikasi terhadap guru dan faktor-faktor di lingkungan sekolah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah.

Efektivitas pembelajaran di sekolah adalah wujud keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Efektivitas pembelajaran terlihat dari aspek interaktif antara guru dan siswa, adanya partisipasi aktif dimana inspiratif siswa mampu dilontarkan dengan baik di kelas, adanya suasanya kelas yang menyenangkan, adanya inovatif dalam pendidikan, dan lain sebagainya.

Kelima, Tema Kreativitas

Salah satu faktor utama yang mampu mempercepat guru maupun sekolah dalam mencapai kualitas hasil pendidikan yang diharapkan adalah adanya kreativitas guru. Diharapkan guru yang kreatif dan produktif serta mampu menggunakan berbagai media yang ada untuk menciptakan suasana belajar di sekolah yang aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan. Dengan adanya kreativitas yang tinggi dari seorang guru, maka kemampuan personil, profesional, dan sosial dari seorang guru dapat berjalan secara beriringan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsinya di sekolah.

Kelima tema tersebut diharapkan mampu membantu anda dalam menyusun Proposal Tesis Manajemen Pendidikan.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print