HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Proposal Penelitian Pendidikan Agama tantang Akhlak Siswa

Dalam menyusun proposal penelitian pendidikan agama, pasti seorang mahasiswa akan membutuhkan banyak referensi. Referensi sangat dibutuhkan dalam menyusun dan membuat proposal penelitian pendidikan agama. Hal ini dikarenakan dengan membaca referensi maka kita dapat mengetahui dasar teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian kita dan juga berfungsi sebagai teori pendukung untuk penelitian terdahulu. Oleh sebab itu, kami IDTesis.com menyediakan berbagai referensi mengenai proposal penelitian pendidikan agama. Terdapat puluhan daftar judul yang kami sediakan di katalog idtesis.com.

Tema yang kami sajikan pun bermacam-macam, mulai dari akhlak siswa, penerapan pembelajaran agama disekolah hingga penilaian pendidikan agama. Masalah yang sering diteliti oleh mahasiswa fakultas pendidikan agama adalah mengenai akhlak peserta didik.

Kata akhlak berasal dari berbagai ragam istilah Islamologi. Dalam pengertian umum, akhlak siswa adalah setiap perbuatan, tingkah laku, budi pekerti, dan moral siswa yang diperlihatkan pada setiap harinya. Walaupun sudah ada pendidikan agama islam yang mengajarkan tentang akhlak dan budi pekerti yang baik, namun pada kenyataannya banyak siswa yang masih melakukan tindakan menyimpang dari akhlak mulia. Sebagai contoh antara lain maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, tawuran pelajar terjadi di mana-mana, tidak sopan terhadap guru dan orang tua, tidak menghormati orang tua dan guru, dan lain sebagainya. Kondisi perilaku dan kepribadian siswa dewasa ini memah jauh dari akhlak mulia.

Oleh karena itu sekolah sebagai lembaga yang menyelenggarakan proses pendidikan perlu menerapkan strategi sebagai langkah konkret untuk meningkatkan akhlak siswa menjadi lebih baik lagi. Selain itu, masih banyak lagi kasus peyimpangan yang dilakukan para pelajar dan kondisinya sudah sangat memprihatinkan, mulai dari pergaulan bebas, pesta minuman keras dan pemakaian obat terlang, tawuran sesama pelajar, serta balapan liar. Sudah saatnya hal tersebut ditangani secara serius tidak hanya pihak sekolah. Melainkan orang tua dan seluruh elemen masyarakat, termasuk pihak kepolisian. Kasus-kasus kenakalan para pelajar ini, terus saja bergulir, seakan mereka bebas berbuat tanpa rasa takut. Padahal pihak sekolah sendiri sudah banyak upaya dilakukan, hingga kerjasama dengan pihak kepolian serta mendatangkan ustadz untuk memperkuat akhlak mereka. Namun semua upaya dilakukan sekolah itu, sedikitpun tak membekas pada mereka, karena pada kenyataannya kasus-kasus kenakalan pelajar ini hampir setiap hari muncul di media.

Dari meluasnya masalah penyimpangan akhlak mulia di kalangan siswa tersebut, maka menarik banyak mahasiswa untuk menganalisis gejala penyebab terjadinya penyimpangan akhlak tersebut. Dari berbagai studi yang pernah dilakukan, banyak mahasiswa yang berpendapat bahwa menganalisis akhlak siswa ini sangat menarik karena dengan meneliti akhlak siswa maka kita dapat mengetahui seberapa besar perubahan yang terjadi di era jaman globalisasi dan kita dapat ikut dalam membantu meningkatkan akhlak mulia pada siswa.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print