HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Proposal Penelitian Manajemen Pendidikan tentang Kinerja Guru

Ada banyak sekali tema untuk membuat proposal penelitian manajemen pendidikan. Mulai dari kepemimpinan, kinerja guru, kedisiplinan guru, sampai dengan iklim organisasi lembaga pendidikan dapat digunakan sebagai tema dalam pembuatan proposal penelitian pendidikan. Jika dicermati lebih mendalam lagi, dapat disimpulkan bahwa semua permasalahan manajemen pendidikan timbul karena tidak berjalannya fungsi manajemen, baik di tingkat pemerintah (dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional) maupun lembaga penyelenggara pendidikan, yakni sekolah baik negeri maupun swasta.

Lembaga penyelenggaraan pendidikan berperan penting dalam menciptakan kualitas pendidikan peserta didik. Dalam hal ini faktor kinerja guru sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Sorotan mengenai kinerja guru lebih bermuara kepada ketidakmampuan guru di dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehingga bermuara kepada menurunnya mutu pendidikan. Walaupun sorotan itu lebih mengarah kepada sisi-sisi kelemahan kepada guru, hal itu tidak sepenuhnya dibebankan kepada guru dan mungkin ada sistem yang berlaku baik sengaja maupun tidak akan berpengaruh terhadap permasalahan tadi.

Keberasilan pendidikan peserta didik di sekolah sangat ditentukan oleh keberadaan gurunya, baik dari wawasan keilmuan yang dimiliki guru, relevansi keilmuan yang dimiliki guru dengan mata pelajaran yang diajarkannya, dan pengalaman mengikuti diklat yang pernah diikutinya. Namun pada kenyataannya kinerja guru belum sepenuhnya ditopang oleh derajat penguasaan kompetensi yang memadai. Oleh karena itu, perlu adanya usaha yang komprehensif guna meningkatkan kompetensi dan kinerja guru. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, salah satunya adalah dengan mengikutsertakan guru-guru dalam program diklat. Sehingga dengan mempunyai wawasan yang bertambah baik diharapkan kinerja guru dalam menjalankan tugasnya akan bertambah baik pula. Kinerja guru akan menjadi optimal, bilamana diintegrasikan dengan komponen sekolah, seperti kepala sekolah, guru, karyawan, maupun anak didik. Kinerja guru akan bermakna bila diiringi dengan nawaitu yang bersih dan ikhlas, serta selalu menyadari akan kekurangan yang ada pada dirinya dan berupaya untuk dapat meningkatkan atas kekurangan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan ke arah yang lebih baik.

Selain itu, banyak kelompok masyarakat yang berpendapat bahwa masalah pendidikan disebabkan karena faktor manajemen yang kurang berkualitas. Maka upaya yang paling tepat untuk mencegah dan mengatasinya adalah dengan meningkatkan kualitas manajemen pendidikan. Kualitas manajemen dapat meningkat apabila para manajer pendidikan mau berusaha untuk meningkatkan kemampuannya. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah melalui peningkatan manajemen kinerja kepala sekolah dan guru. Dalam perspektif manajemen, agar kinerja guru dapat selalu ditingkatkan dan mencapai standar tertentu, maka dibutuhkan suatu manajemen kinerja (performance management) yang baik.

Dari uraian masalah tersebut, maka faktor kinerja guru dapat dijadikan tema dalam pembuatan proposal penelitian manajemen pendidikan.

No tags for this post.
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat