HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Permasalahan Menarik untuk Proposal Penelitian Pendidikan Ekonomi

Bagi anda para mahasiswa yang masih kebingungan dan kesulitan dalam memilih tema atau topik untuk menyusun proposal penelitian pendidikan ekonomi, silahkan luangkan waktu sejenak untuk membaca tulisan ini. Pada artikel ini akan dibahas mengenai tema yang sering digunakan dalam penyusunan proposal penelitian pendidikan ekonomi, yaitu implementasi kurikulum KTSP dalam pembelajaran ekonomi, baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA. Banyaknya pendapat mengenai rendahnya kualitas kurikulum KTSP dalam pembelajaran ekonomi, menjadi sorotan publik terutama mahasiswa untuk melakukan pelitian dan menganalisis masalah tersebut.
Mulai dari lembaga pendidikan Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas telah menetapkan dan melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai dasar dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya.

Pada mata pelajaran ekonomi, tidak dapat dipungkiri adanya beberapa kekurangan dalam pelaksanaan implementasi KTSP, yaitu dalam hal keterlibatan guru dalam penyusunan KTSP, silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi. Implementasi KTSP dalam pembelajaran ekonomi menuntut kemampuan sekolah melalui guru untuk mengembangkan silabus mata pelajaran ekonomi sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya, dan penyusunannya dapat melibatkan instansi yang relevan di daerah setempat, misalnya instansi pemerintah, swasta, perusahaan dan perguruan tinggi. Pada prinsipnya pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran ekonomi membagi peran dan tanggung jawab masing-masing pelaksana pendidikan di lapangan yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum, pembiayaan dan pengembangan silabus mata pelajaran ekonomi.

Masalah-masalah lain yang telah teridentifikasi mengenai implementasi KTSP dalam pembelajaran ekonomi adalah: (1) tindakan dan sikap guru cenderung menjelaskan langkah-langkah cara menyelesaikan soal saja, (2) siswa kurang dapat melihat hubungan antar konsep. (3) metode pembelajaran guru hanya dari penjelasan bentuk umum dilanjutkan dengan menjelaskan contoh soal formal, dan (4) guru cenderung menjadi sumber utama dan belum menggunakan media yang bervariasi. Model pembelajaran ekonomi diharapkan mampu memberikan makna pelajaran ekonomi kepada siswa. Melalui model yang tepat diharapkan siswa tidak hanya dapat pengetahuan ekonomi, namun juga mampu memberikan kesan yang mendalam pada siswa, sehingga dapat mendorong siswa untuk mengimplementasikan konsep nilai-nilai ekonomi dalam kehidupan sehari-sehari, karena materi pelajaran ekonomi sangat relevan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Pada mata pembelajaran ekonomi diharapkan guru dapat menentukan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat menarik minat siswa terhadap pelajaran.

Jika dilihat lebih detail lagi, tantangan besar yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan KTSP dalam pembelajaran ekonomi adalah tantangan bidang pengelolaan kurikulum, bidang pelaksanaan pembelajaran, dan bidang penilaian. Saat ini hal yang perlu dilatihkan kepada guru-guru di sekolah adalah bagaimana mengembangkan pembelajaran ekonomi yang menyenangkan dan dapat mencapai standar kompetensi yang ditentukan dalam KTSP dan bagaimana mengembangkan instrumen penilaian yang akurat untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa. Selain itu, sekolah harus mampu mendorong guru untuk belajar dengan cara mendatangkan narasumber maupun memanfaatkan guru yang telah memiliki kompetensi untuk pengembangan pembelajaran dan penyusunan instrumen penilaian proses dan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi.
Dari uraian tersebut maka para mahasiswa bisa mencoba meneliti dan menyusun proposal penelitian pendidikan ekonomi mengenai tema atau permasalahan implementasi KTSP dalam pembelajaran ekonomi. Dari tema tersebut diharapkan mampu membantu anda dalam menyusun proposal penelitian pendidikan ekonomi.

No tags for this post.
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat