HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Perancangan Sistem Informasi Administrasi di Bengkel Sarwono Putro Motor (Spmsar Speed) Solo

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi sistem informasi berbasis komputerisasi pada masa sekarang ini sudah sangat cepat dan maju, salah satunya yaitu pada sistem informasi administrasi. Hal ini juga berlaku pada bidang perbengkelan yang membutuhkan pengelolaan administrasi berbasis komputerisasi atau yang dikenal dengan Sistem Informasi Administrasi Perbengkelan. Saat ini sistem informasi administrasi perbengkelan sudah banyak dipakai pada bengkel-bengkel resmi (Authorized Dealer) maupun bengkel umum untuk memberikan pelayanan secara profesional kepada pelanggan. Bengkel Sarwono Putro Motor (SPMSAR SPEED) merupakan bengkel yang mempunyai Visi untuk menjadi bengkel mobil terbaik di Solo. Segala macam jenis kerusakan mobil untuk segala merk mobil dapat dilayani di bengkel ini dengan hasil yang memuaskan dan pelanggan bengkel yang semakin bertambah sehingga dibutuhkan profesionalisme dalam segi pelayanan pelanggannya. Hal ini mendorong pihak bengkel untuk melakukan berbagai macam strategi guna menarik pelanggan tidak hanya dari segi pelayanan jasanya tapi juga dari segi pelayanan administrasinya karena keduanya merupakan satu sistem yang tidak dapat dipisahkan.

Pelayanan administrasi di bengkel SAR SPEED masih mengadopsi sistem manual, terlihat dari pendataan pelanggan, sistem persediaan sparepart dan nota transaksinya masih dicatat pada lembaran kertas (form) menggunakan tulisan tangan dan disimpan pada map (snell helder). Hal ini menimbulkan pemrosesan data menjadi informasi yang diperlukan oleh bagian administrasi tidak berjalan dengan baik. Terdapat kesalahan penulisan jenis keluhan pelanggan oleh customer service pada form Work order yang mencapai 30 %, begitu juga pada bagian gudang terdapat kesalahan pengisian jumlah stokbarang / sparepart pada form persediaan yang mencapai 34 % sehingga memunculkan kendala ketidakakuratan dan keterlambatan informasi yang dihasilkan (Lihat Lampiran 1).

Masalah-masalah tersebut di atas disebabkan sistem adminstrasi belum tertata dengan baik, kalau hal ini masih diterapkan maka tidak relevan dengan tuntutan visi yang ingin dicapai yaitu menjadi bengkel mobil terbaik di Solo sehingga mengharuskan pihak bengkel untuk menerapkan sistem administrasi yang mampu memproses data secara cepat, akurat dan secara otomatis (komputerisasi) mampu menyimpan serta menampilkan data transaksi yang berkaitan dengan sistem administrasi sehingga informasi yang dihasilkan lebih cepat, akurat dan dapat terkelola dengan baik. Melihat kondisi tersebut di atas perlu adanya perancangan sistem informasi administrasi yang terkomputerisasi. Hal ini untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bengkel dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan tidak hanya dari segi pelayanan jasa namun juga dari segi pelayanan administrasi agar pelanggan semakin puas terhadap pelayanan yang diberikan bengkel. Pada perancangan sistem informasi administrasi di bengkel SPMSAR SPEED menggunakan model object oriented karena sistem yang dihasilkan lebih mudah untuk beradaptasi dengan perubahan kebutuhan, mudah untuk dipelihara dan mendukung desain yang lebih kompleks / lengkap.

Tags: ,
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632