HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Pengertian Penelitian Research

Pengertian Penelitian Research - Manusia merupakan makhluk yang memiliki rasa keingintahuan yang besar. Hal tersebut mendorong manusia untuk melakukan berbagai perkembangan dan perubahan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan cara mengadakan penelitian. Penelitian di sini dapat dibedakan antara penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dan penelitian yagn dilakukan oleh orang awam.

 

research development Pengertian Penelitian Research

 

Seorang ilmuwan akan mengedepankan pandangan objektif pada materi yang akan diteliti. Sedangkan penelitian yang dilakukan orang awam adalah cenderung mengedepankan pandangan subjektif sehingga yang dianggap benar adalah berbagai pandangan yang dianggap masuk akal oleh sebagian besar orang.

Penelitian atau research dalam bahasa Inggris berasal dari kata re yang berarti kembali dan search yang berarti mencari. Dari arti per kata tersebut dapat kita simpulkan bahwa research  atau penelitian merupakan usaha untuk mencari kembali.

T. Hilway dalam buku Introduction to Research mendefinisikan penelitian sebagai studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadp masalah tersebut. Woody mengemukakan bahwa penelitian merupakan metode menemukan kebenaran yang dilakukan dengan critical thinking atau berpikir kritis.

Menurut Indrianto & Supomo (1999) mendefinisikan penelitian sebagai refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta atau fenomena alam. Perhatian atau pengamatan awal terhadap fakta atau fenomena merupakan awal dari kegiatan penelitian yang menimbulkan suatu pertanyaan atau masalah.

Sedangkan menurut Fellin, Tripodi, dan Meyer (1969) mengartikan penelitian merupakan salah satu cara yang sistematik untuk maksud meningkatkan, memodifikasi, dan mengembangkan pengetahuan yang dapat disampaikan (dikomunikasikan) dan diuji (diverifikasi) oleh peneliti lain.

Terdapat beberapa tujuan penelitian diadakannya penelitian, antara lain untuk :

  • memecahkan atau menyelesaikan permasalahan yang dihadapi,
  • digunakan untuk menemukan, mengembangkan, dan memperbaiki teori yang telah ada,
  • untuk menemukan, mengembangkan, dan memperbaiki metode kerja.

Penelitian dapat menggunakan metode ilmiah (scientific method) atau dapat menggunakan metode non-ilmiah (unscientific method). Tetapi seperti yang telah diketahui bahwa ideal ilmu adalah untuk memperoleh suatu interelasi yang sistematis dari fakta-fakta, sehingga metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian ilmiah. Sedangkan metode non-ilmiah menggunakan pendekatan prasangka, intuisi, penemuan secara kebetulan, dan pengujian dengan coba-coba.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut :

Jasa Pembuatan TesisJasa Pembuatan SkripsiJasa Olah Data

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau 0857.0.1111.632 (IM3) email IDTesis@gmail.com

Tag : Pengertian Penelitian Research


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print