HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Pengertian Hasil Belajar

Pengertian Hasil Belajar

Hasil belajar merupakan hal terpenting dalam proses belajar mengajar, karena dapat menjadi petunjuk untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan seorang siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Dengan demikian jika pencapaian hasil belajar siswa tinggi, dapat dikatakan bahwa proses belajar mengajar itu berhasil.

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Pengertian Hasil belajar dapat juga dikatakan sebagai hasil akhir dari proses belajar mengajar di kelas serta merupakan perwujudan dari kemampuan diri yang optimal setelah menerima pelajaran. Menurut Nana (1991: 22) “hasil belajar memuat, kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman
belajar”.

Hasil belajar siswa dapat diukur dengan mengunakan tes yang diselenggarakan oleh guru sendiri pada setiap akhir pertemuan pelajaran ataupun dapat dilakukan oleh Depdiknas yang berupa ujian akhir nasional. Bukti keberhasilan siswa dalam belajar adalah dengan hasil yang ditunjukkan dalam tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotoris yang dikembangkan dalam bersikap dan berfikir siswa.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print