HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Pengertian Dan Contoh Proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Proposal PTK tidak jarang lagi bagi sebagian orang. Proposal PTK tidak jauh berbeda dengan proposal lainnya. Secara umum proposal PTK mempunyai tiga bagian utama, yakni bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Pada bagian awal terdapat halaman sampul, halaman pengesahan, daftar isi; sedangkan pada bagian inti dari proposal PTK terditi dari latar belakang permasalahan, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, kerangka teori atau tinjauan pustaka dan metode penelitian; untuk bagian akhir terdapat daftar pustaka dan lampiran. Dapat dikatakan bahwa proposal PTK pada skripsi adalah suatu bentuk rancangan, desain penelitian atau usulan penelitian yang akan dilakukan dan disusun oleh seorang mahasiswa tentang suatu bahan penelitian untuk pembuatan skripsi.

Proposal PTK tidak hanya digunakan untuk pendidikan tetapi juga dapat digunakan dalam pemecahan masalah sosial. PTK mempunyai banyak pengertian antara lain menurut Rochman Natawijaya (1977): PTK adalah pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan kontekstual, yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapi, atau memperbaiki sesuatu. Tim PGSM (1999): PTK sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi di mana praktik pembelajaran tersebut dilakukan.

Proposal PTK dalam dunia pendidikan, sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memecahkan permasalahan yang ada di kelasnya, dapat meningkatkan mutu pembelajaran siswa dan dapat meningkatkan kualitas dalam penggunaan media serta dapat pula bermanfaat untuk meningkatkan kualitas prosedur dan evaluasi yang dipergunakan untuk mengukur proses hasil belajar. Dalam PTK, seorang guru mendapatkan peran ganda yakni sebagai praktisi sekaligus sebagai peneliti. Metode penelitian tindakan kelas ini mempunyai siklus yang berulang-ulang yaitu perencanaan – pelaksanaan – pengamatan – refleksi – perencanaan – pelaksanaan – pengamatan – refleksi dan seterusnya, siklus ini akan berakhir ketika peneliti sudah merasa puas terhadap hasil yang telah dicapai, sehingga peneliti tersebut akan menganalisa masalah lainnya.

Berikut adalah sebagian contoh judul-judul PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

  1. Upaya Peningkatan Haisl Belajar Matematika Melalui Teknik Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar.
  2. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
  3. Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
  4. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Melalui Teknik Permainan Di Kelas VI Sekolah Dasar.
  5. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Media Gambar.
  6. Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Penerapan Hukuman.
  7. Upaya Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Ceramah Bervariasi.
  8. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Dengan Mengefektifkan Penggunaan Media Gambar Seri.
  9. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio.
  10. Upaya Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Melalui Pengintegrasian Permainan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Proposal PTK memiliki banyak manfaat baik kepada siswa maupun guru. Diharapkan dengan Proposal PTK ini dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di kelas.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut :

Jasa Pembuatan TesisJasa Pembuatan SkripsiJasa Olah Data

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau 0857.0.1111.632 (IM3) email IDTesis@gmail.com

Tags: , , , , , , , , , , ,

2 Comments
  1. terimakasih gan contoh proposal PTKnya, sangat membantu saya banget..

  2. kirim donk proposal upaya peningkatan minat dan motivasi siswa belajar IPS dengan metode ceramah bervariasi. Terima kasih.

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632