HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Pengembangan Obyek Wisata Air Bojongsari dengan Penekanan Filosofi Air Sebagai Sarana Mengembangkan Kreativitas Anak

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Kabupaten Purbalingga berdasarkan Pola Kebijakan Pembangunan dan Perwilayahan Propinsi Jawa Tengah termasuk dalam wilayah yang mempunyai potensi kurang menonjol, terutama ditinjau dari kontribusi terhadap prospek pertumbuhan perekonomian wilayah propinsi. Demikian pula sebagai wilayah yang terletak di bagian barat tengah, Kabupaten Purbalingga memiliki kendala perkembangan dan akses yang relatif rendah. Kategorisasi dan pernyataan seperti ini ternyata telah mendorong semangat bekerja bagi aparat daerah yang merasakan sebenarnya Kabupaten Purbalingga juga memiliki aset yang mempunyai daya tarik, terutama di bidang kepariwisataan. Oleh karena itu aset ini perlu mendapat perhatian secara serius untuk dikembangkan seoptimal mungkin.

Sektor pariwisata saat ini telah menjadi komoditas unggulan dan sekaligus sebagai andalan ekonomi untuk meningkatkan devisa negara dan pendapatan daerah baik di tingkat lokal, regional maupun nasional. Sementara itu berdasarkan pengamatan terhadap situasi kunjungan wisata akhir-akhir ini terdapat kecenderungan penurunan dan terjadi pergeseran dari wisata umum menjadi wisata khusus. Oleh sebab itu setiap perencanaan dan pengembangan pariwisata di masa yang akan datang perlu diantisipasi dengan penyediaan fasilitas dan atraksi yang sesuai dengan kecenderungan itu. Di wilayah Kabupaten Purbalingga terdapat banyak lokasi wisata yang dapat ditumbuhkembangkan menjadi aset yang representatif dan memenuhi tuntutan jaman serta kecenderungan baru jika penanganan I -3 dilaksanakan secara terpadu. Sebagai salah satu wujud keterpaduan diperlukan suatu perencanaan dan penataan obyek-obyek wisata dan penyusunan rencana tapak kawasan obyek wisata agar dimiliki panduan dalam merealisasikan setiap pengembangan di kemudian hari.

Di antara sekian banyak aset-aset wisata di Kabupaten Purbalingga yang sedang mendapat perhatian serius oleh pemerintah daerah adalah Obyek Wisata Air Bojongsari. Obyek wisata ini memiliki potensi yang besar dan daya dukung yang memadai untuk dikembangkan sehingga menjadi lebih memiliki daya tarik dan dapat dijadikan andalan bagi Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya. Jumlah pengunjung selalu bertambah, dalam satu tahun setelah peresmian ini pengunjung bertambah rata-rata 10 % tiap bulan bahkan sampai 100 % pada saat libur Idul Fitri dan libur sekolah. Oleh karena itu untuk mempersiapkan pengembangan Obyek Wisata Air Bojongsari diperlukan persiapan dan penanganan secara matang terutama dalam hal perencanaan, penataan, pelaksanaan dan manajemen serta pertimbangan keseimbangan antara sisi permintaan dan penawaran sehingga dapat dipertahankan arah pengembangan yang menyajikan produk secara optimal.

Sebagai langkah nyata dalam upaya mewujudkan tercapainya tujuan dan gagasan di atas, maka selanjutnya disusun konsep perencanaan dan perancangan Pengembangan Obyek Wisata Air Bojongsari. Dengan demikian penyusunan perencanaan dan perancangan tapak kawasan Obyek Wisata Air Bojongsari ini dapat dijadikan panduan sekaligus memenuhi prosedur teknis bagi suatu pengembangan obyek wisata.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print