HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Pengembangan Aplikasi Monitoring dan Evaluasi (Amonev) Kegitan Pembangunan di Bappeda

ABSTRAK

Bidang penyusunan, perencanaan, evaluasi dan penelitian dan pengembangan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Boyolali mencoba untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan pembangunan, salah satunya dengan mengembangkan sistem informasi dalam menangani tugas tersebut.

Tujuan pengembangan sistem ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dalam mengelola kegiatan tersebut dengan mengembangkan sistem database yang terkomputerisasi sehingga mampu meningkatkan kinerja pegawai di BAPPEDA. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: metode observasi, interview, dan studi literatur. Aplikasi monitoring dan evaluasi kegiatan pembangunan ini menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleg pengguna, meliputi: input data, pencarian, maintenance data, dan map Kabupaten Boyolali sebagai media penyampaian informasi kegiatan pembangunan.

Kata kunci: sistem informasi manajemen, database terkomputerisasi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, memungkinkan suatu hal dapat dikerjakan dalam waktu yang relatif singkat dan efekif. Perkembangan tersebut tidak akan terwujud apabila tidak ada sumber daya manusia yang berkompeten dalam bidang teknologi informasi. Penerapan perkembangan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan berbagai kalangan misalnya di dunia kerja yang umumnya membutuhkan aplikasi berbasis sistem informasi. Penerapan teknologi informasi di dunia perkantoran sangat berperan terutama dalam mendukung kinerja pegawai. Salah satu contoh penerapan teknologi informasi tersebut adalah keberadaan suatu sistem informasi maupun aplikasi yang dimanfaatkan dalam membantu penyelesaian pekerjaan. Keuntungan yang paling dirasakan adalah efisiensi waktu dalam menyelesaikan pekerjaan disamping kualitas informasi yang dihasilkannya pun sama akuratnya apabila dikerjakan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Boyolali merupakan sebuah badan yang menangani tentang perencanaan pembangunan se-Kabupaten Boyolali. Sebagai penunjang kinerja pegawai di BAPPEDA, pengadaan komputer sebagai alat pengolah data sudah merupakan prioritas utama. Karena alasan prioritas itulah yang mendorong munculnya kebutuhan suatu sistem maupun aplikasi di bidang teknologi informasi yang mampu menangani pekerjaan tersebut. Pernyataan tersebut mendapat respon yang baik dari salah satu bagian yang ada di BAPPEDA yaitu bidang 1 (bidang penyusunan, perencanaan, evaluasi dan litbang) dalam menangani salah satu kegiatan rutin yaitu monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan pembangunan yang dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun. Banyaknya data dalam kegiatan tersebut terkadang menimbulkan kendala. Jika tidak ditangani dengan baik maka beberapa kendala yang timbul seperti misalnya mencari data pada waktu tertentu akan memakan waktu yang cukup lama, keakuratan dan kecepatan dalam memproses data juga perlu diperhitungkan untuk meningkatkan efisiensi kinerja pegawai.

Oleh karena itu, penulis bermaksud untuk mengembangkan suatu aplikasi yang diharapkan dapat membantu mengefisiesikan kinerja baik dalam pendataan, pelaporan hingga pada manajemen data yang ada.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print