HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Penelitian Tindakan Kelas Matematika

Munculnya istilah penelitian tindakan kelas (classroom action research) diawali dari adanya penelitian tindakan itu sendiri atau action research. Pada awalnya penelitian tindakan digunakan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi seseorang dalam tugasnya sehari-hari dimanapun tempatnya, seperti kantor, pabrik, bank, sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya. Penelitian tindakan ini bersifat partisipatif karena dilakukan sendiri oleh peneliti dari penentuan topik permasalahan, merumuskan masalah, merencanakan, melaksanakan, sampai menganalisis dan membuat laporannya. Selain bersifat partisipatif, penelitian tindakan juga bersifat kolaboratif. Hal ini dikarenakan pada penelitian tindakan juga melibatkan rekan kerja dalam proses penelitiannya.

Munculnya istilah penelitian tindakan kelas ini, dikarenakan untuk membedakan penelitian yang digunakan dalam dunia pendidikan dengan penelitian tindakan pada bidang lainnya. Penambahan kata kelas pada penelitian tindakan kelas ini juga untuk mengarahkan pada pemecahan permasalahan dengan penerapan langsung di kelas. Kelas di sini tidak hanya berarti di ruang kelas, melainkan di manapun tempat guru tersebut mengadakan proses pembelajaran baik itu di laboratiorium, tempat praktek, atau proses pembelajaran di luar kelas.

Terdapat beberapa ahli yang mengemukakan definisi penelitian tindakan kelas ini, diantaranya adalah:

  1. Rochman Natawijaya (1977) mengartikan PTK sebagai pengkajian terhadap permasalahan praktis yang bersifat situasional dan kontekstual, yang ditujukan untuk menentukan tindakan yang tepat dalam rangka pemecahan masalah yang dihadapi, atau memperbaiki sesuatu.
  2. Tim PGSM (1999), mengartikan penelitian tindakan kelas (PTK) ini sebagai suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi di mana praktik pembelajaran tersebut dilakukan.
  3. Suyanto (1997), mengemukakan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan/ atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional.\
  4. Hopkins (1993) mengemukakan bahwa PTK adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif, yang dilakukan oleh pelaku tindakan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakannya dalam melaksanakan tugas dan memperdalam pemahaman terhadap kondisi dalam pembelajaran.
  5. Action research is the way groups of people can organize the conditions under which they can learn from their own experiences and make their experience accessible to others (Kemmis dan Mc Taggart, 1982).

Penelitian tindakan kelas, dapat diterapkan dalam berbagai mata pelajaran. Misalnya Penelitian Tindakan Kelas Matematika, yang membahas tentang permasalahan di kelas yang menyangkut mata pelajaran matematika. Contoh lain, adalah penelitian tindakan kelas dapat diterapkan untuk memecahkan berbagai permasalahan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Sains, Bahasa Inggris, Pengetahuan Sosial, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa penelitian tindakan kelas dapat diterapkan secara fleksibel untuk berbagai mata pelajaran di sekolah.

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh judul Penelitian Tindakan Kelas Matematika, yaitu:

  1. HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN NUMERIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN STATITISKA SISWA KELAS II SEMESTER II SMU NEGERI SE-KEC. SANDEN KAB. BANTUL
  2. HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS KEMAMPUAN NUMERIK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS SISWA II SEMESTER II SLTP NEGERI SE-KECAMATAN DLINGO KABUPATEN BANTUL.
  3. HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL KEMAMPUAN NUMERIK DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA PEUBAH SISWA KELAS II SLTP NEGERI SE-KECAMATAN IMOGIRI BANTUL.
  4. HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK, MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN KUADRAT DAN AKAR KUADRAT SUATU BILANGAN SISWA KELAS II SEMESTER I SLTP NEGERI SE-KECAMATAN PUNDONG KABUPATEN BANTUL.
  5. PENGARUH MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN INTELEGENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II CAWU 3 MAN I SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2001/2002 (STUDI KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR MATEMATIKA DAN INTELEGENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA).
  6. ANALISIS KESALAHAN BUKU PENUNJANG MATEMATIKA SMU KELAS I CAWU I KURIKULUM 1994 DI KOTAMADYA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 1999/2000.
No tags for this post.
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632