HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Pembangunan Sistem Informasi Haji Online Departemen Agama Kabupaten Karanganyar

INTISARI

SIHOLI adalah sistem yang menangani proses pendaftaran haji dan menejemen data haji. Sistem ini dikembangkan berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem informasi haji yang memudahkan pengelolaan data haji di Departemen Agama Kabupaten Karanganyar dan juga memperbaiki cara penyampaian informasi haji. Kemudahan yang dimaksud adalah kemudahan proses pendaftaran, dan pengelolaan data terkait dengan penyelengaraan ibadah haji. Studi kasus penelitian ini adalah pembuatan sistem informasi haji di Departemen Agama Kabupaten Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi di Departemen Agama Kabupaten Karanganyar dan wawancara dengan kepala bagian urusan haji dan umroh. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi haji lebih efisien dan akurat daripada sistem pendaftaran haji sebelumnya yang masih dilakukan secara manual.

Kata kunci: Haji Online, Web

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dalam beberapa tahun terakhir ini penyelenggaraan ibadah haji semakin ramai, baik melalui badan resmi Departemen Agama maupun jasa penyelenggara ibadah haji lainnya. Banyaknya peminat muslim yang ingin berangkat haji menimbulkan suatu masalah dalam hal pendataan calon jamaah haji. Hal ini membuat pihak penyelenggara ibadah haji menjadi kerepotan karena harus mengelola ribuan data calon jamaah haji. Ini terbukti dari total pendaftar di Departemen Agama Kabupaten Karanganyar yang semakin bertambah dan semakin bertambahnya jamaah dengan status waiting list yang menandakan bahwa jumlah kuota di Jawa Tengah sebesar 29.000 selalu habis dalam setiap tahunnya.

Berdasarkan hasil pengamatan di Departemen Agama Kabupaten Karanganyar, selama ini dalam proses pendaftaran haji masih dilakukan secara manual, yaitu calon jamaah haji harus datang ke Departemen Agama wilayah domisili untuk mengisi SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji) rangkap lima, selanjutnya data calon jamaah tersebut dicatat kembali oleh petugas Departemen Agama. Hal ini memunculkan masalah dalam pendataan calon jamaah haji yang mungkin saja bisa terdaftar ganda apabila dilakukan secara manual serta tidak adanya validasi ulang apabila calon jamaah yang gagal berangkat haji. Mengingat bahwa sistem pelayanan haji harus mampu mengakomodasikan calon haji dari seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah yang selalu meningkat dari tahun ke tahun serta sifatnya yang tersebar dengan transaksi yang sangat dinamis, maka tidak dapat dihindari lagi perlunya dukungan peralatan teknologi untuk menunjang pelayanan dan monitoring peyelenggaraan haji.

Dari analisa pengamatan yang dilakukan, maka dalam membantu memecahkan masalah tersebut perlu adanya terobosan baru dalam sistem pendaftaran yang selama ini dilakukan secara manual menjadi terkomputerisasi. Mempertimbangkan kemudahan akses, maka sistem pendaftaran sebaiknya dibangun berbasis web (online), dimana dalam sistem informasi tersebut dapat mengolah data calon jamaah haji. Selain itu, untuk memberikan kemudahan dalam penyampaian informasi kepada para calon jamaah haji, maka pemberitahuan mengenai informasi, seperti: jadwal keberangkatan, jadwal bimbingan, kegiatan reuni, mengingatkan pembayaran BPIH (Biaya Pergi Ibadah Haji) dilakukan melalui layanan SMS.

Berdasarkan uraian diatas, penulis bermaksud untuk membangun Sistem Informasi Haji Online untuk membantu dalam pengolahan data pendaftaran haji di Departemen Agama Kabupaten Karanganyar. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah dalam pendaftaran haji maupun dalam pengolahan data haji.

Tags: , ,
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat