HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Artikel Pendidikan | Paradigma Pengembangan Sekolah Unggulan

Contoh Artikel Pendidikan ~ Pendidikan tidak hanya berlangsung di lingkungan sekolah, melainkan pendidikan bermula pada lingkungan keluarga. Orang tua mengajarkan kepada anak-anak mereka untuk membaca, menulis, melakukan sesuatu sendiri, memberikan contoh yang baik dan lain sebagainya. Setelah memasuki cukup usia maka anak-anak dibawa ke lingkungan sekolah untuk belajar lagi tentang ilmu-ilmu lainnya, tentang disiplin, kerukunan, tenggang rasa sesama teman, bermain hingga pendidikan sampai jenjang universitas.

Pendidikan tidak hanya sampai disitu saja (pendidikan formal), karena pendidikan dapat berlangsung di mana saja (pendidikan informal). Apa definisi pendidikan sebenarnya? Banyak sumber yang dapat menjelaskan apa arti pendidikan, antara lain Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pendidikan berasal dari kata didik, mendapat awalan me sehingga menjadi mendidik artinya memelihara dan memberi latihan. Menurut UU NO.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dari penjelasan di atas banyak problema yang dapat diangkat menjadi sebuah artikel, seperti artikel yang mengulas tentang bagaimana menjadikan sekolah biasa menjadi sekolah favorit, tentang bagaimana meningkatkan mutu pendidikan, artikel pendidikan tentang bagaimana menumbuhkan motivasi belajar pada anak-anak jalanan dan artikel pendidikan lainnya.

Berikut adalah penggalan salah satu contoh artikel pendidikan yang ditulis oleh seorang pengajar dari SMA Negeri 1 Bulukumba, sumber : http://www.lpmpdki.web.id/index.php/artikel-pendidikan/209-paradigma-pengembangan-sekolah-unggulan

PARADIGMA PENGEMBANGAN SEKOLAH UNGGULAN

Sekolah unggulan dapat diartikan sebagai sekolah yang bermutu namun dalam penerapan saya bahkan penerapan semua kalangan bahwa dalam kategoru unggulan tersirat harapan-harapan terhadap apa yang dapat diharapkan dimiliki oleh siswa setelah keluar dari sekolah unggulan. Harapan itu tak lain adalah sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh orang tua siswa, pemerintah, masyarakat bahkan oleh siswa itu sendiri yaitu sejauh mana keluaran (output) sekolah itu memiliki kemampuan intelektual, moral dan keterampilan yang dapat berguna bagi masyarakat.

Untuk menyikapi semua itu, kita harus mengubah sistem pembelajaran yang selama ini berlaku di semua tingkat pendidikan yaitu adanya keterkungkungan siswa dan guru dalam melaksanakan PBM, saya selaku pengajar di SMA Negeri 1 Bulukumba telah merubah sistem itu sejak Januari 2006. Sistem yang saya maksud adalah sistem dimana siswa dan guru dikejar pencapaian target kurikulum dalam artian guru dituntut menyelesaikan semua materi yang ada dalam kurikulum tanpa memperhatikan ketuntasan belajar siswa, disampig itu adanya anggapan bahwa belajar adalah berupa transformasi pengetahuan (transfer of knowledge).

Anda saat ini membaca contoh artikel pendidikan yang disediakan oleh IDTesis. Silahkan memberi masukan pada contoh artikel pendidikan dengan memanfaatkan fasilitas komentar di bawah. Terima kasih

Tags: , , , , , ,
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat