HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Motivasi Belajar Siswa

Motivasi Belajar Siswa

Motivasi belajar siswa atau kemauan belajar, menurut Syah (2005: 136) bahwa motivasi adalah keadaan internal organisme (baik manusia maupun hewan) yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu.

Seseorang yang mempunyai motivasi tertentu, akan lebih berminat untuk mencapai tujuan. Demikian juga dengan siswa yang memiliki motivasi belajar, berarti ia telah mempunyai minat untuk belajar dengan adanya minat belajar maka siswa menjadi termotivasi untuk belajar.

Menurut Winkel (1996: 27) bahwa kekuatan yang mendorong individu untuk melakukan aktivitas demi tercapainya suatu tujuan disebut motif, sedangkan motif baru dapat disebut motivasi apabila sudah menjadi kekuatan aktif (sudah melakukan suatu aktivitas). Sedangkan motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberi arah pada kegiatan belajar itu, sehingga tujuan yang dikehendaki siswa tercapai.

Dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa Motivasi belajar siswa menunjuk pada suatu keadaan yang menyebabkan seseorang (siswa) melakukan suatu aktivitas tertentu (belajar) sebagai pencerminan pelaksanaan minat untuk mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.

Kebutuhan merupakan suatu hal yang cepat atau lambat mesti dipenuhi, misalnya anak yang lapar berarti ia harus makan, yang berarti anak yang lapar tersebut sedang membutuhkan makanan. Seorang siswa berminat untuk belajar, apabila ia dengan sadar mengetahui kebutuhan dalam belajarnya.

Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat