HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Metode STAD ( Student Teams Achievement Devision )

Metode STAD ( Student Teams Achievement Devision )

Dalam pembelajaran kooperatif siswa bekerja bersama-sama dalam belajar dan bertanggung jawab atas pembelajaran yang dilakukan. Menekankan pada tujuan dan keberhasilan kelompok yang hanya dapat dicapai jika semua anggota kelompok mempelajari apa yang diajarkan.

Menurut Bennet dalam Suranto, Sukidin dan Basrowi (2002: 161) pembelajaran kooperatif adalah kerja kelompok dengan unsur dasar, yaitu: (1) ketergantungan positif, (2) akuntabilitas individual, (3) interaksi tatap muka, (4) ketrampilan sosial, dan (5) processing.

Metode STAD merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang didalamnya siswa dibentuk kedalam kelompok belajar yang mewakili siswa dengan tingkat kemampuan dan jenis kelamin yang berbeda (Suranto, Sukidin dan Basrowi. 2002: 160). Guru memberikan pelajaran dan selanjutnya siswa bekerja dalam kelompoknya masing-masing untuk memastikan bahwa semua anggota kelompok telah menguasai pelajaran yang diberikan. Kemudian, siswa melaksanakan tes atas materi yang diberikan dan mereka harus mengerjakan sendiri tanpa bantuan siswa lainnya.

Metode STAD terdiri dari lima komponen utama, yaitu presentasi kelas, kelompok, tes, nilai peningkatan individu, dan penghargaan kelompok. Metode STAD lebih mementingkan sikap dari pada teknik dan prinsip, yakni sikap partisipasi dalam rangka mengembangkan potensi kognitif dan afektif. Dengan demikian, siswa lebih ( being mode ) bukan hanya sekedar ( being have ).


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print