HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Metode Penelitian Kuantitatif Serta Perbedaannya Dengan Kualitatif

Bagi para pelajar dan mahasiswa tidak asing lagi bila mendengar kata penelitian. Karena mereka (pelajar dan mahasiswa) sering mendapat tugas untuk melakukan riset atau penelitian sederhana. Penelitian mempunyai banyak definisi. Pada dasarnya penelitian adalah usaha yang dilakukan untuk memperoleh, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pokok permasalahan. Terdapat dua macam sifat dari penelitian yakni penelitian yang bersifat pasif maksudnya penelitian yang hanya ingin memperoleh gambaran tentang suatu keadaan atau permasalahan; dan penelitian yang bersifat aktif yaitu penelitian yang pada dasarnya ingin menguji hipotesa dan memecahkan persoalan.

Demikian juga dengan penelitian terdapat dua jenis jika dilihat dari pemilihan metodenya yaitu penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif menurut Creswell (1998:15) adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia, dalam penelitian ini peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terperinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang alami. Sedangkan Bogdan dan Taylor (Moleong, 2007:3) menjelaskan bahwa metodologi kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dan untuk penelitian kuantitatif menonjolkan pada pemecahan permasalahan yang membutuhkan verifikasi dengan menggunakan dukungan data yang dari lapangan seperti kuesioner.

Penelitian kuantitatif banyak digunakan dalam bidang ilmu alam, psikologi, sosiologi serta jurnalisme. Tujuan penelitian dengan metode kuantitatif adalah untuk pengujian suatu teori, memberikan fakta, untuk menunjukkan hubungan antarvariabel, pengembangan konsep dan pemahaman. Metode yang sering digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, deskripsi, survei/ penyebaran tes tertulis. Ada beberapa perbedaan tentang penelitian dengan metode kualitatif dan kuantitatif antara lain pada metode penelitian kuantitatif desain terinci dan telah direncanakan sebelumnya pada tahap persiapan, sedangkan pada metode penelitian kualitatif desain tidak terinci, fleksibel, dan desain sebenarnya dapat diketahui setelah diadakan penelitian. Dalam hal analisa metode penelitian kuantitatif analisa dapat dilakukan setelah data terkumpul pada tahap akhir, sementara untuk metode penelitian kualitatif analisis dapat dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data.

Berikut adalah format proposal penelitian kuantitatif: latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, kegunaan penelitian, asumsi penelitian, ruang lingkup/ keterbatasan penelitian, definisi istilah (diperlukan bila ada kekurangjelasan tentang penggunaan istilah tertentu), metode penelitian (mencakup rancangan penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, pengumpulan data dan analisis data, dalam analisis data perlu sedikit penjabaran tentang teknik yang digunakan misalnya menggunakan SPSS), landasan teori dan daftar pustaka/ daftar rujukan.

Langkah-langkah yang diperlukan dalam pembuatan karya ilmiah dengan metode kuantitatif antara lain sebagai berikut memilih masalah; melakukan studi pendahuluan yaitu dengan pencarian informasi dan eksplorasi pustaka yang berkaitan dengan masalah yang telah ditentukan; melakukan perumusan masalah, merumuskan anggapan dasar atau biasa disebut hipotesis; memilih metode penelitian untuk menentukan variabel, objek, subjek serta perolehan sumber data; menetukan variabel dan sumber data; melakukan penetuan dan penyususnan instrumen untuk mengetahui pokok permasalahan yang diteliti, mengetahui metode perolehan data (observasi, interview, kuesioner); mengumpulkan data dari berbagai metode tersebut; melalukan analisis data; menarik kesimpulan dapat diketahui terbukti tidaknya hipotesis yang dibuat; penyusunan laporan. Secara garis besar dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pembuatan penelitian dengan metode kuantitatif adalah pembuatan rancangan, pelaksanaan penelitian, pembuatan laporan dan pembuatan bagan arus penelitian.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut :

Jasa Pembuatan TesisJasa Pembuatan SkripsiJasa Pembuatan MakalahJasa Olah Data

 

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau 0857.0.1111.632 (IM3) email IDTesis@gmail.com

Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat