HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Metode Mengajar dan Pembelajaran

Metode Mengajar dan Pembelajaran

Metode Mengajar dan Pembelajaran – Ada beberapa pendapat mengenai pengertian metode. Menurut Mulyani (2001:  114)  metode  merupakan  cara-cara  yang  ditempuh  untuk  menciptakan situasi   pengajaran   yang   benar-benar   menyenangkan   dan   mendukung   bagi kelancaran  proses  belajar  mengajar  dan tercapainya  prestasi  belajar  anak  yang memuaskan.

Menurut Arifin (1995: 107) metode mengajar menyangkut permasalahan fisik apa yang harus diberikan kepada siswa sehingga kemampuan intelektualnya dapat berkembang,  sehingga belajar dapat berjalan secara efisien dan bermakna bagi siswa. Metode mengajar menurut Slameto (2003: 65) adalah suatu cara atau jalan yang harus dilalui dalam mengajar.

Menurut  Tardif  dalam  Syah  (2005:  201)  metode  mengajar  ialah  cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan kependidikan, khususnya kegiatan penyajian materi pelajaran kepada siswa.

Untuk mencapai hal-hal tersebut, maka guru harus dapat memilih dan mengembangkan  metode mengajar yang tepat, efisien dan efektif sesuai dengan materi yang diajarkan. Dengan pemilihan metode yang tepat, maka akan mempengaruhi belajar siswa dengan baik sehingga siswa benar-benar memahami materi yang diberikan.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas suatu metode mengajar.  Menurut  Winarno  (1990:  75)  terdapat  empat  faktor  yang mempengaruhi   baik   tidaknya   suatu   metode   mengajar.   Empat   faktor   yang dimaksud adalah

  • tujuan yang ingin dicapai,
  • siswa,
  • situasi dan
  • guru

Untuk mencapai  tujuan pembelajaran  memerlukan  metode yang tepat, efektif dan efisien. Metode mengajar merupakan cara atau jalan yang harus dilalui dalam suatu proses pembelajaran.

Metode mengajar dipilih berdasarkan materi dan tujuan yang hendak dicapai, dan berfungsi sebagai sarana atau alat untuk menyampaikan materi pelajaran. Penguasaan terhadap metode mengajar sangat penting karena dapat menentukan keberhasilan belajar siswa di samping penguasaan materi pengajaran dan ketrampilan dalam memfungsikan alat-alat pelajaran yang ada.
Dari pengertian di atas dapat disampaikan pengertian metode pembelajaran adalah cara-cara yang ditempuh guru untuk menciptakan situasi pengajaran yang benar-benar menyenangkan dan membuat kemampuan intelektual siswa berkembang, sehingga belajar dapat berjalan secara efisien dan bermakna bagi siswa.

Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat