HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Manajemen Kurikulum dalam Manajemen Berbasis Sekolah

ScreenShot2013 09 02at022558 Manajemen Kurikulum dalam Manajemen Berbasis Sekolah

Manajemen Berbasis Sekolah

Manajemen pendidikan adalah suatu penataan bidang garapan pendidikan yang selalu ditingkatkan untuk menciptakan siswa yang berkualitas. Dalam manajemen pendidikan dikenal dua mekanisme pengaturan, yaitu sistem sentralisasi dan desentralisasi. Dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah pendekatan sentralistik masih diperlukan, terutama untuk menentukan kurikulum pendidikan nasional agar dapat tercapai kesamaan dan pemerataan standar pendidikan di seluruh wilayah tanah air.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan UU No. 32 Tahun 2004 tentang otonomi daerah, desentralisasi pendidikan tidak hanya dilimpahkan pada pemerintah daerah namun hingga ke tingkat satuan pendidikan. Manajemen berbasis sekolah merupakan merupakan paradigma baru pendidikan, yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah ( pelibatan masyarakat ) dalam kerangka kebijakan pendidikan nasional. Manajemen kurikulum dan program pengajaran merupakan bagian dari MBS.

Manajemen kurikulum merupakan subtansi manajemen yang utama di sekolah. Prinsip dasar manajemen kurikulum ini adalah berusaha agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Manajemen kurikulum dan program pengajaran mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum. Perencanaan dan pengembangan kurikulum nasional pada umumnya telah dilakukan oleh Departemen Pendidikan Nasional pada tingkat pusat. Karena itu level sekolah yang paling penting adalah bagaimana merealisasikan dan menyesuaikan kurikulum tersebut dengan kegiatan pembelajaran. Disamping itu, sekolah juga bertugas dan berwenang untuk mengembangkan kurikulum muatan lokal sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan setempat.

Pengembangan kurikulum harus memenuhi standar minimal yang telah ditetapkan dari Departemen Pendidikan Nasional agar tidak menyimpang dalam pelaksanaannya. Begitu pula dalam program pengajaran, guru harus berusaha menciptakan pembelajaran yang PAIKEM di dalam menyampaikan materi sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tags: , ,
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat