HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Judul Skripsi, Kalimat Singkat Yang Mewakili Keseluruhan Karya

Skripsi berasal dari kata bahasa inggris script. Script dalam arti singkat adalah menyusun. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan dan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bisang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya.  Skripsi terdiri dari banyak bagian. Seperti bagian awal, yang terdiri dari halaman sampul, abstrak atau intisari, halaman judul, halaman pengesahan, halaman riwayat hidup, prakata atau kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran. Bagian utama, yang terdiri dari pendahuluan atau latar belakang penelitian, identifikasi masalah, tujuan penelitian, manfaat atau kegunaan penelitian, kerangka pemikiran atau tinjauan pustaka, hipotesis, metodologi, hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan dan saran. Dan bagian akhir terdiri dari daftar pustaka dan lampiran.

Untuk halaman sampul memuat berbagai elemen, seperti judul, jenis karya ilmah (skripsi atau tesis), nama dan nomor mahasiswa, lambang atau logo universitas, teks program studi, jurusan, fakultas sampai asal universitas, dan tahun pembuatan karya tersebut. Elemen yang tidak kalah penting yang tertera dalam halaman sampul adalah judul karyanya. Judul skripsi merupakan semacam esensial dari keseluruhan karya skripsi. Dapat juga dikatakan bahwa judul skripsi merupakan intisari yang mewakili karya tersebut. Intisari yang dapat memberikan gambaran secara global tentang isi skripsi yang dapat ditangkap oleh pembaca hanya dengan melihat judulnya. Judul skripsi berupa kalimat pernyataan yang singkat, spesifik dan tidak bombastis, dapat dengan jelas dapat menggambarkan dengan tepat masalah yang hendak diteliti sehingga tidak membuka peluang penafsiran yang beranekaragam. Mahasiswa-mahasiswa biasanya dapat mengajukan beberapa judul kepada dosen sebelum mengajukan proposal skripsi. Proposal adalah kerangka utama atau bisa disebut juga garis besar skripsi. Proposal skripsi berisi inti-inti atau pokok permasalahan dan pembahasan dari skripsi itu sendiri. Dosen akan menentukan salah satu judul yang diajukan dengan melihat dan mempertimbangkan kelayakan ataupun potensi judul skripsi tersebut untuk diangkat dalam penelitian tugas akhir dalam hal ini tugas akhir skripsi. Setelah proposal,  disetujui barulah dapat mengerjakan tugas akhir skripsi.

Berbobot tidaknya suatu karya akhir seperti skripsi dapat dilihat dari kelayakan topik atau tema yang diangkat, keseriusan  masalah yang memerlukan jawaban dan penyelesaian,  tingkat kesulitan dalam penelitian, pengolahan data, serta tercapainya sebuah kesimpulan yang memuaskan dalam arti permasalahan yang diangkat terpecahkan dan terdapat saran-saran yang membangun. Dan melalui judul skripsi dapat diketahui tingkat mutu penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Jikalau dari pemilihan judul tersebut hanya topik yang ringan, penelitian yang sepele, dan tingkat keseriusan masalah akan dipecahkan hanya masalah-masalah yang sekunder bukanlah masalah-masalah yang pokok maka dapat dikatagorikan pemilihan judul tersebut kurang layak untuk diangkat menjadi skripsi. Dalam suatu penelitian kadang-kadang di awal kegiatan penelitian sudah ditetapkan judul skripsi, tetapi pada akhirnya judul skripsi tersebut kurang tepat, sehingga judul skripsi itu bisa berubah disesuaikan dengan permasalahan yang akan diteliti. Oleh karena itu, judul merupakan hal yang penting dalam skripsi untuk menyampaikan inti dari keseluruhan isi karya hanya dalam beberapa kalimat singkat saja.

Tags: ,
1 Comment
  1. bisa bikinin skripsi teknologi pangan dengan judul pengujian mikrobiologis makanan siap saji di kantin yang meliputi uji mikrobiologis dan uji proksimat, butuh berapa lama ? bisa beneran buat gak ?

Leave a Reply

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat