HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

In-Depth Interview Salah Satu Metode Dalam Penelitian Kualitatif

Dalam penulisan karya ilmiah terdapat dua macam bentuk yakni penelitian kuantitatif yang menitik beratkan pada pemecahan permasalahan (verifikasi) dalam bentuk dukungan data empiris di lapangan, yang kedua adalah penelitian kualitatif yang mana penelitian bentuk ini bersifat deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dengan studi pustaka. Metode penelitian kualitatif memiliki satu ciri yang menonjol yaitu penelitian yang disusun secara narasi.

Menurut Creswell (1998:15) penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia, dalam penelitian ini peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terperinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang alami. Sedangkan Bogdan dan Taylor (Moleong, 2007:3) menjelaskan bahwa metodologi kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dikarenakan penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dan bersifat penemuan maka peneliti diharuskan berbekal teori dan wawasan yang luas sehingga bisa melakukan wawancara, analisa dan mengkonstruksi objek yang diteliti bisa menjadi lebih gamblang.

Dalam penelitian kualitatif terdapat 5 (lima) jenis penelitian, yakni penelitian biografi yaitu studi tentagn seseorang dengan pengalamannya yang ditulis ulang dengan mengumpulkan dokumen dan arsip-arsip; penelitian fenomenologi yaitu penelitian yang mencoba mengungkapkan makna konsep fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu; grounded theory adalah penelitian dengan tujuan menemukan suatu teori yang berhubungan dengan situasi tertentu; etnografi merupakan uraian suatu budaya dengan menguji suatu kelompok dan mempelajari beberapa hal tentang kelompok tersebut seperti perilaku, kebiasaan dan cara hidup; dan studi kasus adalah studi yang mengeksplor suatu masalah dengan batasan terinci, pengambilan data yang mendalam dan juga melampirkan berbagai sumber informasi.

Dalam penelitian kualitatif terdapat beberapa metode penelitian yang dapat dilakukan, antara lain sebagai berikut. Pertama metode penelitian kualitatif dapat dilakukan dengan metode wawancara atau dengan kata lain in-depth interview yang berarti interview yang dilakukan secara langsung dengan informan yang telah lama berkecimpung dalam permasalahan yang diangkat. Metode penelitian dengan cara observasi yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan. Yang ketiga adalah penelitian dengan menggunakan dokumen seperti arsip, foto, kliping, surat dan lain sebagainya. Terakhir adalah metode penelitian yang disebut FGD (Focus Group Discussion), maksudnya penelitian dengan cara diskusi yang pada kelompok dengan tujuan menemukan makna menurut pemahaman kelompok tersebut.

Dikarenakan hasil yang diperoleh dengan penelitian kualitatif memiliki banyak kelemahan diantaranya dominannya subjektifitas pada peneliti, jadi agar memperoleh hasil dan interpretasi yang absah maka perlu diperiksa kredibilitasnya antara lain dengan cara memperpanjang masa pengamatan, memperdalam observasi dan melakukan pengujian kemungkinan adanya dugaan yang berbeda. Berikut adalah salah satu contoh format proposal dalam penelitian kualitatif. Latar belakang, fokus penelitian/ rumusan masalah, tujuan diadakannya penelitian, landasan teori, kegunaan penelitian, metode penelitian (meliputi pendekatan dan jenis penelitian, kehadiran peneliti, lokasi penelitian, sumber data, prosedur pengumpulan data, analisis data, pengecekan keabsahan temuan/ hasil dan tahap penelitian) dan daftar rujukan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut :

Jasa Pembuatan Tesis Jasa Pembuatan Skripsi Jasa Pembuatan Makalah Jasa Olah Data

 

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau 0857.0.1111.632 (IM3) email IDTesis@gmail.com

Tags: ,

Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat