HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Hubungan Strategi Promosi Terhadap Volume Penjualan di Toko Buku Gramedia Solo Square

ABSTRAKSI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang kegiatan promosi yang digunakan oleh Toko Buku Gramedia Solo Square yang kaitannya dengan volume penjualan dan mengetahui bagaimana kecenderungan perubahan volume penjualan ketika promosi dilakukan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi yang memfokuskan kepada jawaban dari pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana.. Metode ini secara implisit. Menunjukkan bahwa penulis sudah mengetahui hubungan yang terdapat dalam area permasalahannya. Dalam penelitian ini penulis mengetahui efek dan promosi yang dilakukanoleh Toko Buku Gramedia Solo Square, yaitu dapat meningkatkan volume penjualan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis di Toko Buku Gramedia Solo Square selama 2 bulan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder yang diperoleh dari obyek penelitian dengan menggunakan laporan atau catatan yang ada, sehingga peneliti tinggal memanfaatkan data tersebut. Penelitian ini data yang diperoleh dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumen perusahaan, dan studi pustaka. Teknik pembahasan pada pada penelitian ini analisis yang digunakan menggunakan pembahasan deskriptif yaitu teknik untuk membuat gambaran atau deskriptif secara sistematis, factual, actual dan akurat mengenai suatu obyek yang diteliti. Penulis membahas tentang variasi kegiatan promosi yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia Solo Square terhadap volume penjualan. Alat-alat pendukung untuk pembahasan deskriptif serta laporan penjualan yang diberikan oleh Toko Buku Gramedia Solo Square.

Dari hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi yang digunakan oleh Toko Buku Gramedia Solo Square dalam memasarkan produk adalah dengan menggunakan periklanan, personal selling, publsitas dan penjualan perseorangan.. Promosi yang dilakukan sangat berpengaruh dengan peningkatan omset penjualan. Melalui berbagai promosi lambat laun Toko Buku Gramedia Solo Square dapat meningkatakn volume penjualan meskipun perputaran bukunya belum cepat tetapi Toko Buku Gramedia Solo Square dapat dikatakan berkembang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, perusahaan sebaiknya mengoptimalkan kegiatan promosi untuk meningkatkan jumlah konsumen yang memilih berbelanja buku di Toko Buku Gramedia Solo Square.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang masalah

Dewasa ini kebutuhan akan buku sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa semakin dirasakan. Buku sebagai sumber ilmu sangat diperlukan keberadaannya. Oleh karena itu perkembangan toko buku yang ada saat ini menjadi semakin pesat untuk mampu mencukupi kebutuhan konsumen. Keberhasilan perusahaan mendapatkan konsumen ditentukan oleh hubungan baik yang dijalin dengan konsumen. Hubungan baik akan tercipta apabila perusahaan memberikan kepuasan kepada setiap konsumen terhadap kebutuhan dan keinginannya. Selain itu, informasi tentang produk yang di pasarkan perlu dilakukan penyampaian informasi yang dilakukan di dalam toko yaitu antara pramuniaga buku dengan calon pembeli ataupun informasi yang dilakukan di luar toko yaitu melalui media cetak maupun elektronik. Informasi-informasi yang dilakukan tersebut harus efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian terhadap suatu produk. Pelayanan yang efektif dapat mendorong konsumen untuk memilih produk yang dipasarkan.

Infomasi yang disampaikan sebagai upaya untuk menunjukkan keunggulan produk atau secara sederhana memperkenalkan produk yang dipasarkan. Hal itu dilakukan karena semakin banyaknya bisnis ritel yang memasarkan produk yang sama. Persaingan tersebut meliputi persaingan dalam hal penentuan harga, kualitas produk, promosi dan kegiatan distribusinya. Untuk memenangkan persaingan yang semakin kompetetif, maka setiap perusahaan harus mampu menyusun strategi di bidang pemasaran, sebab pemasaran sangat menentukan sampainya produk ke tangan konsumen.

Dalam kegiatan pemasaran produk baik barang maupun jasa, salah satu unsur yang harus diperhatikan adalah promosi. Promosi merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran, dan sering sering dikatakan sebagai proses berlanjut. Ini disebabkan karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan. Pemilihan strategi promosi yang tepat akan lebih mudah bagi perusahaan dalam kegiatan memasarkan produknya. TB. GRAMEDIA SOLO SQUARE sebagai ritel yang bergerak di bidang pemasaran buku perlu melakukan promosi untuk mengenalkan produk yang mereka pasarkan kepada konsumen. Meskipun TB. GRAMEDIA SOLO SQUARE telah dikenal masyarakat luas, promosi harus tetap dilakukan agar penjualan semakin meningkat di setiap periode.

Dari uraian di atas maka penulis mengambil judul “HUBUNGAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI TOKO BUKU GRAMEDIA SOLO SQUARE “.

Tags: , , , ,
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat