HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Pengertian Grounded Research, Kelebihan dan Kekurangan-nya

DEFINISI

Menurut Nazir (1988: 88) grounded research adalah suatu metode penelitian yang mendasarkan diri kepada fakta dan menggunakan analisa perbandingan bertujuan untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori di mana pengumpulan data dan analisa data berjalan pada waktu yang bersamaan.

Lebih lanjut lagi, Nazir mengemukakan tujuan dari grounded research adalah untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori. Selain itu, penelitian jenis ini bertujuan untuk menspesifikasikan konsep serta memverifikasi terhadap teori yang sedang dikembangkan dan diperiksa dalam hubungannya dengan data yang ditemukan.

Dalam penelitian grounded research metode yang digunakan adalah studi perbandingan yang bertujuan untuk mementukan seberapa besar suatu gejala tersebut berlaku untuk umum.

 

CIRI-CIRI GROUNDED RESEARCH

Nazir (1988: 89-90) mengungkapkan bahwa terdapat beberapa ciri dari penelitian jenis grounded research, antara lain adalah:

-          Penggunaan data sebagai sumber teori,

-          Menonjolkan peranan data dalam penelitian,

-          Pengumpulan data dan analisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan

-          Perumusan hipotesa berdasarkan kategori

 5. gambar 5.14 300x79 Pengertian Grounded Research, Kelebihan dan Kekurangan nya

Dari gambar tersebut di atas dapat kita ketahui penelitan pada grounded research merupakan penelitian yang berawal dari data yang ada. Dalam penelitian jenis ini, peneliti langsung datang ke lapangan tanpa membawa rangcangan konseptual, proposisi, atau teori-teori tertentu seperti yang dilakukan pada penelitian kualitatif pada umumnya. Data pada penelitian ini menjadi sumber teori, dan teori tersebut dinamakan grounded karena berdasarkan data. Sehingga teori yang nantinya dihasilkan adalah berdasarkan pada data yang ada.

LANGKAH-LANGKAH DALAM GROUNDED RESEARCH

a.       Merumuskan Masalah Penelitian

Perumusan masalah pada penelitian grounded research dilakukan secara bertahap, yakni pada tahap awal atau sebelum pengumpulan data, rumusan masalah dikemukakan secara garis besar yang berfungsi sebagai panduan dalam mengumpulkan data data, kemudian data-data yang bersifat umum tersebut dikumpulkan, setelah itu rumusan masalah dipersempit dan difokuskan sesuai sifat daat yang dkumpulkan. Rumusan masalah yang kedua ini digunakan peneliti sebagai panduan dalam menyusun teori. Sehingga dapat kita ketahui bahwa dalam merumuskan masalah pada penelitian grounded research dilakukan tidak hanya satu kali saja.

b.      Melakukan penjaringan data

Data dalam penelitian grounded research digali dari berbagai fenomena atau perilaku yang sedang berlangsung yang digunakan utnuk melihat prosesnya serta untuk menangkap hal-hal yang bersifat kausalitas/ sebab akibat.

c.       Analisis data

Tahap-tahap analisis data yakni, (a) open coding, peneliti membentuk beberapa kategori awal informasi tentang fenomena yang diteliti dengan memilah-milah data ke dalam jenis yang relevan; (b) axial coding, peneliti memilih salah satu kategori dan memposisikannya sebagai inti fenomena yang sedang diteliti; (c) selective coding, peneliti menulis teori dari berbagai hubungan dari seluruh kategori dalam tahap axial coding sebelumnya.

d.      Penyusunan teori

Dalam proses penyusunan teori meliputi analisa dari hubungan yang terjadi pada keseluruhan kategori yang telah ditemukan sebelumnya. Menurut Creswell (2008) mengemukakan bahwa teori dapat dituliskan dalam bentuk narasi yang menggambarkan kesalingterkaitan seluruh kategori.

e.      Validasi teori

Proses validasi ini dilakukan setelah teori selesai dirumuskan, dengan cara membandingkannya dengan proses-proses sejenis yang terdapat dalam penelitian sebelumnya. Creswell (2008) mengemukakan bahwa penilai luar, seperti partisipan juga daapt dimintai untuk memeriksa keabsahan teori maupun validitas dan kredibilitas data.

f.        Penulisan laporan penelitian

Creswell (2008) mengemukakan bahwa struktur laporan dalam penelitian grounded research sangat tergantung pada desain yang digunakan. Jika desain yang digunakan adalah pendekatan sistematik, laporan penelitian relatif mirip dengan struktur laporan penelitian kuantitatif, yang mencakup bagian-bagian perumusan masalah, metode penelitian, analisis dan diskusi, dan hasil penelitian. Jika desain yang digunakan adalah pendekatan emerging atau konstruktivis, struktur laporan penelitikan bersifat fleksibel.

Secara lebih singkat, Nazir (1988: 90-91) dalam buku Metode Penelitian mengemukakan bahwa terdapat langkah-langkah pokok dari grounded reseacrh, yakni (a) menentukan masalah yang ingin diselidiki; (b) mengumpulkan data; (c) menganalisa dan memberikan penjelasan; dan (d) membuat laporan penelitian.

KELEMAHAN DARI GROUNDED RESEARCH

Vredenbregt (1981) dalam Nazir (1988: 92) mengungkapkan beberapa kelemahan dari penelitian grounded research antara lain sebagai berikut:

  1. Grounded research menggunakan analisa perbandingan dan mensifatkan analisa perbandingan sebagai penemuan yang baru. Karena grounded research tidak menggunakan probability sampling, maka generalisasi yang diabuat akan mengandung banyak bias.
  2. Akhir satu penelitian bergantung pada subjektivitas peneliti. Apakah hasilnya suatu teori atau hanya satu generalisasi saja, tidak ada seorang pun yang tahu kecuali peneliti itu sendiri.
  3. Secara umum dapat disimpulkan bahwa teori yang diperoleh dalam grounded research tidak didasarkan atas langkah-langkah sistematis melalui siklus empiris dari metode ilmiah. Spekulasi dan sifat impresionistis menjadi kelemahan utama grounded research, sehingga diragukan adanya representativitas, validitas, dan reliabilitas dari data.
  4. Grounded research dapat disamakan dengan pilot studi atau exploratory research belaka.
  5. Karena dalam memberikan definisi banyak sekali digunakan aksioma atau asumsi mereka sendiri, maka sukar sekali dinilai dengan metode-metode umum lainnya yang sering dilakukan dalam penelitian kemasyarakatan.
Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print