HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Fungsi dan Tugas Humas di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surakarta

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini peran Public Relation atau Hubungan Masyarakat (humas) sudah di anggap penting bagi sebuah lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta. Timbulnya persaingan – persaingan yang bersifat kompetitif, menuntut lembaga pemerintah maupun lembaga swasta bersaing ketat untuk mempertahankan serta memajukan lembaganya tersebut. Salah satunya adalah dalam menjalin hubungan baik antara lembaga dengan masyarakatnya yang tidak bisa di abaikan begitu saja, karena tanpa adanya hubungan yang baik antara lembaga dengan masyarakatnya, maka tidak akan tercipta suasana yang kondusif serta keterbukaan dan penerimaan dari masyarakat mengenai segala hal yang berhubungan dengan lembaga termasuk kebijakan – kebijakan dari lembaga tersebut. Maka dari itu banyak lembaga swasta maupun lembaga pemerintahan yang sekarang membutuhkan peran humas. Dulu peran dan tugas – tugas seorang humas hanya di anggap sebagai pelengkap saja, bahkan peran dan tugas – tugas humas bisa di rangkap oleh bagian lain. Akan tetapi peran dan tugas – tugas humas sekarang sudah di anggap penting dalam kelangsungan sebuah lembaga.

Hal ini terbukti dengan lebih banyaknya lembaga swasta maupun pemerintahan yang sudah menempatkan humas sesuai dengan bidangya dan tidak lagi di rangkap oleh bidang lain. Di masa mendatang humas merupakan salah satu bidang yang sangat potensional karena posisinya yang sangat strategis. Maka dari itu bidang humas perlu di prioritaskan dalam lembaga, karena apabila tidak di manfaatkan semaksimal mungkin oleh lembaga, maka lembaga akan mengalami ketertinggalan di era yang penuh persaingan seperti sekarang ini terutama dalam bidang perolehan dan penyampaian informasi untuk kepentingan lembaga itu sendiri.

Apalagi sekarang masyarakat membutuhkan adanya keterbukaan dalam bidang informasi dari sebuah lembaga, dengan adanya humas tentu akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi yang di butuhkan. Akan tetapi masih banyak masyarakat awam yang menganggap humas hanya mengandalkan penampilan luar semata. Misal seorang humas itu harus cantik dan menarik. Hal ini sangat di sayangkan mengingat peran humas bukan sebagai “pajangan” dari lembaga, akan tetapi sebagai pembangun hubungan yang baik antara lembaga dengan masyarakatnya serta untuk membentuk citra positif lembaga di mata masyarakat. Untuk menjadi seorang humas tidak hanya mementingkan penampilan fisik semata akan tetapi hal yang paling penting adalah seorang humas harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik serta pandai bergaul. Selain itu juga masih banyaknya masyarakat yang menyederhanakan tugas – tugas humas dalam menjalankan fungsinya. Apalagi sekarang tugas humas sudah semakin kompleks, humas tidak hanya berperan untuk membentuk citra lembaga saja akan tetapi juga mempunyai tugas sebagai komunikator bagi masyarakat ekstern maupun intern. Misalnya untuk ekstern, humas harus dapat menjadi information center atau sumber informasi bagi masyarakat yang mempunyai hubungan langsung maupun tidak langsung bagi lembaga maupun instansi selain itu juga menjalin hubungan yang baik antara lembaga dengan pihak ekstern. Sedangkan tugas humas untuk intern adalah membina hubungan baik antara pegawai dengan atasan atau sebaliknya bahkan antara sesama karyawan selain itu seoran humas juga harus dapat menganalisis serta mempersiapkan langkah antisipasi apabila nantinya terjadi krisis dalam lembaga. Dengan begitu, adanya humas dalam sebuah lembaga, akan memperlancar jalannya interaksi serta pemberian informasi dari lembaga kepada masyarakat. Selain itu seorang humas harus bisa menciptakan ketertarikan dan penerimaan masyarakat mengenai informasi yang di berikan dari lembaga. Sehingga hubungan antara lembaga dan masyarakatnya bisa berjalan baik dan lancar.

Apalagi setiap lembaga pasti mempunyai tujuan – tujuan yang ingin di capai sesuai dengan visi dan misi lembaga yang telah di tetapkan. Seberapa besar keberhasilannya, tergantung pada kemampuan pengelola lembaga itu sendiri terutama tugas humas dalam menjalankan fungsinya. Mengingat pentingnya fungsi dan tugas – tugas humas maka tidak hanya lembaga swasta saja yang memerlukan peran seorang humas akan tetapi juga pada lembaga pemerintahan, karena adanya suatu keharusan fungsional dalam rangka penyebaran informasi tentang kebijakan, program dan kegiatan – kegiatan lembaga pemerintah kepada masyarakat. Salah satunya adalah di Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta. Penulis memilih melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) yang di laksanakan dalam 2 (dua) bulan pada lembaga pemerintahaan dalam hal ini adalah Kantor Sekretariat DPRD Kota Surakarta, karena Penulis ingin melihat dan mengetahui secara langsung kegiatan humas yang dijalankan di Kantor Sekretariat DPRD Kota Surakarta dalam melaksanakan fungsi dan tugas – tugas humas dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu juga, karena seringnya masyarakat yang selalu mempunyai image negatif tentang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang ternyata tidak semuanya benar. Pada dasarnya Sekretariat DPRD Kota Surakarta mempunyai tugas melayani serta membantu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Karena pentingnya fungsi dan tugas humas dalam sebuah instansi, maka di bentuklah bagian Humas di Kantor Sekretariat Dewan (Setwan) Kota Surakarta pada Januari 2009. Walaupun tergolong baru, tetapi humas di kantor Sekretariat Dewan kota Surakarta berusaha untuk memaksimalkan tugas – tugasnya dalam menjalankan fungsi – fungsi humas guna memberikan informasi yang benar mengenai tugas, kegiatan anggota dewan serta segala sesuatu yang berhubungan dengan DPRD kota Surakarta termasuk kebijakan – kebijakan DPRD Kota Surakarta untuk masyarakat Surakarta pada khususnya untuk mencegah timbulnya persepsi dalam masyarakat mengenai anggota Dewan yang tidak serius menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Berdasarkan uraian di atas Penulis memilih judul Tugas Akhir “ FUNGSI DAN TUGAS HUMAS DI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KOTA SURAKARTA”.

Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis bertujuan untuk memberi gambaran umum tentang fungsi dan tugas humas di Kantor Sekertariat DPRD Kota Surakarta. Yang juga diyakini merupakan gambaran umum fungsi dan tugas humas di setiap instansi pemerintah.

Tags: , , , ,
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632