HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Desain untuk Menyusun Proposal Penelitian Kuantitatif Pendidikan

Desain untuk Menyusun Proposal Penelitian Kuantitatif Pendidikan

Contoh Proposal Skripsi Manajemen Sdm Desain untuk Menyusun Proposal Penelitian Kuantitatif PendidikanArtikel ini akan menguraikan beberapa masalah terkait dengan desain untuk menyusun proposal penelitian kuantitatif pendidikan, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri atau karakteristik, dan langkah melakukan penelitian kuantitatif pendidikan.
Rancangan atau desain proposal penelitian kuantitatif pendidikan dimaknai sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis penelitian pendidikan dengan menggunakan metode kuantitatif. Secara sederhana metode penelitian kuantitatif itu sendiri dapat diartikan sebagai penelitian yang menggunakan angka-angka. Data yang didapatkan selama penelitian disajikan dalam bentuk angka dan statistik yang kemudian dianalisa dan disimpulkan. Jadi proposal penelitian kuantitatif pendidikan adalah rancangan penelitian yang bersifat deduktif dalam bidang pendidikan, yakni dari khusus ke umum atau bersifat menggenaralisasi data-data yang didapatkan di lapangan kepada sebuah kesimpulan umum. Penelitian kuantitatif pendidikan didasarkan pada paradigma positivistik, yaitu penelitian yang hanya mendasarkan kepada fakta-fakta positif yang didapatkan di lapangan penelitian. Tujuan penelitian kuantitatif pendidikan yaitu untuk mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena atau masalah pendidikan.

Ciri-ciri Proposal Penelitian Kuantitatif Pendidikan

Terdapat beberapa ciri yang dapat dilihat dari desain untuk proposal penelitian kuantitatif pendidikan, seperti: (1) Cara pengambilan sampel berlandaskan pada asas random; (2) Instrumen sudah dipersiapkan sebelumnya penelitian dilakukan; (3) Jenis data yang diperoleh dengan instrumen-instrumen sebagian besar berupa angka; (4) Teknik pengumpulan datanya bisa dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang relatif singkat; (5) Teknik analisis yang dominan adalah menggunakan teknik statistik; (6) Sifat dasar analisis penelitian deduktif dan sifat penyimpulan mengarah ke generalisasi.
Langkah-langkah Penelitian Kuantitatif Pendidikan
Pada dasarnya penelitian kuantitatif pendidikan adalah untuk menjawab masalah mengenai pendidikan. Dari hal tersebut maka kita dapat melakukan beberapa langkah penelitian untuk menjawab masalah pendidikan tersebut, antara lain :
1. Tahap Konseptual, yaitu terdiri dari tahap merumuskan dan membatasi masalah, meninjau kepustakaan yang relevan, mendefinisikan kerangka teoritis, serta merumuskan hipotesis. Dalam tahap ini peneliti harus merenungkan, berpikir, membaca, membuat konsep, revisi konsep, teoritisasi, bertukar pendapat, konsultasi dengan dosen pembimbing, penelusuran pustaka, mengeksploitasi, perumusan, dan penentuan masalah yang akan diteliti.
2. Tahap Perencanaan, yaitu terdiri dari tahap memilih rancangan penelitian, mengidentifikasi populasi yang akan diteliti, mengkhususkan metode untuk mengukur variabel penelitian, merancang rencana pengambilan sampel, mengakhiri dan meninjau rencana penelitian, melaksanakan pilot penelitian, membuat revisi, mendesain model penelitian, dan mendesain paramater penelitian.
3. Tahap untuk mendesain instrumen pengumpulan data penelitian.
4. Tahap Empirik, yaitu terdiri dari tahap pengumpulan data, penyiapan data untuk dianalisis.
5. Tahap Analitik, yaitu terdiri dari analisis data dan penafsiran hasil.
6. Tahap Diseminasi atau tahap akhir, yaitu terdiri dari tahap mendesain laporan hasil penelitian.
Uraian mengenai desain untuk menyusun proposal penelitian kuantitatif pendidikan diatas diharapkan dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas akhir.

No tags for this post.
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat