HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Skripsi Syariah tentang Bank

Contoh Skripsi Syariah, terdapat puluhan dalam katalog kami. Banyak pilihan yang dapat diambil sebagai referensi di dalam daftar judul tersebut. Yang sering didengar oleh masyarakat pada umumnya adalah tentang keberadaan bank syariah di Indonesia. Di samping tersebarnya berbagai bank konvensional, saat ini juga telah tumbuh beberapa bank yang menggunakan prinsip syariah, atau lebih dikenal dengan bank syariah. Bank syariah, menurut UU No. 10 tahun 1998 adalah bank umum yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jas dalam lalu lintas pembayaran.

Yang dimaksud dengan prinsip syariah adalah peraturan perjanjian berdasarkan hukum islam antara pihak bank itu sendiri dengan pihak lain guna melakukan penyimpanan dana atau pembiayaan kegiatan usaha, atau kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan syariah. Adanya sistem ini atau sistem syariah di bank dikarenakan terdapat larangan dalam meminjamkan uang dengan cara mengenakan bunga pinjaman (riba) tadi. Selain itu, dalam islam terdapat larangan investasi berbagai bentuk usaha yang dikategorikan haram. Misalnya, usaha yang bergerak dalam bidang pengadaan makanan atau minuman yang haram. Sebagai gantinya adalah dengan menggunakan sistem bagi hasil. Terdapat berbagai jenis bagi hasil dalam prinsip syariah. Diantaranya adalah musyarakah, mudharabah, muzara’ah, dan musaqah.

Contoh Skripsi Syariah yang membahas tentang perbankan telah banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Sehingga untuk para mahasiswa yang sedang mencari bahan penelitian, dapat menggunakan beberapa Contoh Skripsi Syariah yang telah ada. Hal ini dapat dilakukan hanya sebatas menjadi referensi semata, tidak untuk dijiplak. Dengan membaca banyak referensi dari Contoh Skripsi Syariah, maka diharapkan dapat mendatangkan ide-ide untuk mengadakan penelitian pada studi yang lebih mengena pada permasalahan. Berbagai permasalahan dapat diangkat dalam penelitian syariah. Seperti masalah pinjaman ke bank, operasional bank syariah, serta jual beli dengan berbasis syariah. Dikarenakan untuk Contoh Skripsi Syariah kali ini adalah tentang menyangkut bank, maka berikut ini akan dijelaskan beberapa hal seputar bank syariah. Perkembangan bank syariah di Indonesia sangatlah pesat. Pada tahun 1991 berdirilah bank syariah pertama di Indonesia yakni bank muamalat Indonesia. Dari sinilah bank syariah mulai bermunculan, sampai terdapat beberapa bank konvensional yang juga memiliki unit usaha syariah seperti Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Selain itu bank perkreditan rakyat (BPR) juga menggunakan sistem syariah yang telah berkembang lebih dari 100 BPR Syariah.

Contoh Skripsi Syariah tentang bank dapat ditemui dalam berbagai judul di katalog kami. Salah satu contohnya adalah penelitian yang membahas tentang mekanisme penyaluran biaya usaha kecil pada suatu perbankan. Dalam contoh tersebut, dilatarbelakangi adanya persoalan pembiayaan usaha kecil yang berlaku pada bank konvensional. Persoalan tersebut diantaranya adalah suku bunga yang relatif tinggi dan penyerapan kredit usaha yang belum maksimal. Salah satu cara mengatasi persoalan tersebut adalah dengan menggunakan pola pembiayaan usaha kecil dengan konsep syariah. Dengan menggunakan konsep syariah maka para peminjam untuk keperluan kegiatan usaha tidak ada bunga yang dibebankan. Implementasi pada masyarakat memang tidak mudah, hal ini disebabkan adanya kendala sosialisasi, pengembangan sumber daya manusia syariah, serta penyadaran masyarakat menuju pengelolaan bagi hasil yang saling menguntungkan. Dengan adanya konsep syariah ini dapat lebih dimudahkan, menguntungkan, serta memberikan manfaat kepada kreditur maupun debitur.

No tags for this post.
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632