HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Contoh Skripsi Pendidikan

Contoh Skripsi Pendidikan – Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak yang mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan dapat berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan musik instrumen, mengajarkan membacakan cerita kepada bayi dalam kandungan dengan harapan dapat merangsang otak bayi agar dapat berkembang lebih maksimal daripada yang tidak melakukan. Dalam lingkungan keluarga, secara tidak resmi peran anggota keluarga mempunyai peran pengajaran yang besar dan mendalam karena awal pengajaran dimulai dari dalam keluarga sebelum anak menjalani pendidikan resmi dari playgroup sampai tingkat universitas.

Kata skripsi didapat dari bahasa inggris yaitu script, yang artinya adalah menyusun. Dalam dunia pendidikan skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang berdasarkan hasil penelitian lapangan dan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya di universitas. Penelitian tersebut dapat berupa penelitian laboratorium, penelitian lapangan, atau studi pustaka yang berupa review artikel. Skripsi merupakan hasil penelitian yang asli atau pembuktian yang dapat bersifat memperbaharui, mengembangkan, menemukan, dan menegaskan teori – teori / fakta – fakta dalam ilmu – ilmu yang dipelajari mahasiswa serta dapat berupa penelitian dasar, penelitian terapan, atau gabungan keduanya. Sedangkan tujuan disusunnya skripsi selain sebagai syarat kelulusan atau untuk memperoleh gelar sarjana yaitu menyajikan hasil – hasil temuan penelitian secara ilmiah yang berguna bagi pengembangan ilmu atau kepentingan pendidikan. Banyak syarat yang harus diperhatikan dalam pembuatan skripsi yaitu merupakan hasil karya asli, skripsi yang diangkat sesuai dengan jurusan atau fakultasnya, mempunyai manfaat teoritis dan praktis, sesuai dengan kaidah – kaidah keilmuan dan penggunaan bahasa Indonesia yang baku, baik dan benar menurut ejaan yang disempurnakan.

Pembuatan topik skripsi tergantung dari jurusan atau fakultas dari mahasiswa tersebut. Sebagai contoh, pada fakultas pendidikan, maka mahasiswa secara langsung akan mengangkat topik seputar pendidikan. Yang termasuk dalam skripsi pendidikan adalah skripsi tentang penelitian tindakan kelas, skripsi pendidikan baik guru taman kanak – kanak atau guru sekolah dasar, skripsi pendidikan tentang pemecahan rumus matematika, skripsi pendidikan tentang fisika, bidang biologi dll. Berikut adalah contoh – contoh skripsi pendidikan :

  1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Melalui Teknik Permainan Di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tirtosari
  2. Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Keengganan Siswa Untuk Berkonsultasi Kepada Guru Pembimbing Di SLTP 3 Pandak Bantul
  3. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Dupak III/8 Surabaya

Contoh – contoh di atas merupakan sebagian dari contoh skripsi pendidikan tentang PTK (penelitian tindakan kelas). Banyak sekali tema yang dapat diangkat dalam pembuatan skripsi pendidikan seperti skripsi pendidikan dapat berupa ulasan tentang rumus – rumus matematika, berupa faktor – faktor peserta didik yang dapat meningkatkan atau menurunkan minat belajar, dapat berupa penelitian kelas, aplikasi senyawa kimia atau analisa tentang kromosom – kromosom untuk jurusan biologi.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print