HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Contoh Skripsi Manajemen Informatika, Komputerisasi Pengolahan Data Siswa

Contoh Skripsi Manajemen Informatika, Komputerisasi Pengolahan Data Siswa

Di era globalisasi sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Hal ini sangat berpengaruh signifikan pada dunia usaha. Pekerjaan yang dulunya dikerjakan secara manual saat ini dapat digantikan oleh teknologi modern seperti komputer, mesin, listrik,dan lain-lain. Ini tentunya sangat membantu proses pekerjaan yang dilakukan oleh manusia.

Tidak jauh berbeda dengan tema yang diangkat dalam skripsi manajemen informatika tetang sistem pengolahan data pada SMA Negeri 1 Pundong Bantul. Dahulu proses pengolahan data siswa pada SMA ini hanya dilakukan secara manual. Namun hasil yang  diperoleh tidak efektif, banyak kesalahan yang terjadi dalam proses penginputan data siswa. Berawal dari permasalahan tersebut, mahasiswa mencoba untuk melakukan sebuah uji coba dengan pengolahan data siswa secara komputerisasi dan hasilnya sangat memuaskan. Data yang dikelola secara komputerisasi lebih efektif dan efisien. Tingkat kesalahan dalam penginputan data pun dapat lebih diminimalisir. Berikut kami paparakan contoh skripsi manajemen informatika yang bisa anda copas sebagai referensi skripsi anda.

 

 

KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA SISWA PADA SMA NEGERI 1 PUNDONG BANTUL

A.    Latar Belakang Masalah

Sistem pengolahan data siswa merupakan fungsi utama dalam suatu kegiatan pengolahan data di SMAN 1 Pundong Bantul yang memberikan layanan informasi baik untuk pihak yang ada di instansi tersebut maupun pihak luar yang berhubungan dengan instansi tersebut, dengan pengelolaan data yang baik dan diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan informasi yang tepat, cepat, dan akurat.

Dalam hal ini komputer sebagai media elektronik yang membantu menunjang dalam bidang pengolahan data, pembuatan laporan tidak akan membuang waktu lama karena telah tersedia program yang mempercepat pemrosesan pengambilan data yang dibutuhkan. Pengolahan data siswa yang semula dilakukan secara manual akan dikembangkan menjadi sistem pengolahan data yang terkomputerisasi.

Melihat permasalahan yang ada maka terdorong untuk mengadakan penelitian tentang Pengolahan Data Siswa yang ada ada SMAN 1 Pundong Bantul serta berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan sistem menjadi lebih baik dan lebih efektif serta bermanfaat bagi instansi dan bagi pihak yang berwenang yang sering sekali memerlukan data siswa. Oleh karena itu dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil judul “KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA SISWA PADA SMA NEGERI 1 PUNDONG BANTUL

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian diatas maka dapat dirumuskan pokok permasalahan yang dihadapi oleh SMAN 1 Pundong Bantul adalah kurang efisiennya pengolahan data siswa yang masih bersifat manual.

Belum optimalnya pemanfaatan sarana komputer dalam kegiatan pengolahan data menyebabkan kegiatan operasional yang ada cenderung kurang efektif dan efisien terhadap waktu sehingga berpengaruh pada proses pengambilan keputusan juga pengendalian serta pengelolaan menjadi sulit.

C.    Batasan Masalah

Berdasarkan permasalahan yang ada, maka penulis membatasi lingkup permasalahan pengolahan data yang meliputi :

  1. Pengolahan data siswa.
  2. Pengolahan data kelas.
  3. Pengolahan data pelajaran.
  4. Pengolahan data guru.
  5. Pengolahan data jam mengajar guru.
  6. Pengolahan data nilai siswa.

D.    Maksud dan Tujuan

Adapun yang menjadi maksud dan tujuan penulisan laporan penelitian antara lain yaitu :

  1. Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai bidang yang diteliti sehingga mahasiswa disamping menguasai teori juga mempunyai bekal pengetahuan praktis dalam instansi pendidikan.
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada sistem informasi pengolahan data siswa.
  3. Agar setiap mahasiswa mampu membuat dan menyusun suatu aplikasi pemrograman yang berkaitan dengan pengolahan data.
  4. Sebagai salah satu syarat kelulusan program studi Diploma III di STMIK AMIKOM Yogyakarta.
  5. Sebagai bahan pertimbangan instansi dalam meningkatkan kinerja sehingga mencapai tujuan atau hasil yang optimal.

Terima kasih, Anda sudah membaca artikel dari kategori contoh skripsi manajemen informatika. Anda bisa mendapatkan contoh judul lebih lengkap contoh skripsi di sini.


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print