HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Contoh Proposal Skripsi Teknik Mesin – Proses Perakitan dan Pembuatan Mesin Rol

Contoh Proposal Skripsi Teknik Mesin - Proses Perakitan dan Pembuatan Mesin Rol

Contoh proposal skripsi teknik mesin tersedia banyak di katalog situs kami. Beragam judul menarik yang kami sajikan di situs kami. Anda bisa mendapatkan contoh proposal skripsi teknik mesin sesuai dengan judul yang Anda inginkan. Jadi jangan khawatir dengan tugas proposal Anda, kami siap membantu mencarikan referensi yang tepat. Silakan menghubungi kami jika tertarik dengan judul yang kami sajikan di situs kami.

PROSES PERAKITAN DAN PEMBUATAN MESIN ROL PROFIL ALUMUNIUM

BAB I PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi pada masa sekarang ini sangat berperan penting dalam era pembangunan. Teknologi berkembang sangat maju dan pesat seiring dengan kemajuan jaman. Masyarakat menuntut kemudahan dalam segala hal tak terkecuali dengan teknologi. Hasil produksi yang dibutuhkan masyarakat haruslah berkualitas tinggi, mudah didapatkan murah dan efisien dalam penggunaannya.

Mengamati hal tersebut diatas, maka Institut Teknologi Nasional Malang yang merupakan lembaga pendidikan tinggi dituntut untuk dapat menghasilkan tenaga-tenga terampil dibidangnya sesuai dengan tuntutan industri. Dengan latar belakang itulah maka semua mahasiswa jurusan teknik mesin diharuskan mempunyai bekal dan kemampuan yang nantinya dapat digunakan dalam beradaptasi dengan dunia industri maupun masyarakat yang akan dihadapi.

Sebagai mahasiswa jurusan teknik mesin diharapkan mampu merancang suatu peralatan yang dapat membantu proses produksi. Dalam hal ini penyusun akan merancang suatu alat yaitu “Mesin Rol Profit Alumunium“.

Alumunium dan paduan alumunium termsuk logam ringan yang mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :

  1. Logam paling ringan
  2. Tanah korosi
  3. Lunak, ulet, kekuatan tarik rendah
  4. Merupakan konduktor listrik dan penghantar panas yang cukup baik

Logam ini dipakai secara luas dalam bidang listrik, bangunan, transportasi dan alat penyimpan. Kemajuan akhir ini dalam teknik pembentukan alumunium terutama dalam pengerjaan dingin menjadi sederhana dan dapat dipercaya. Karena hal ini maka penggunaan alumunium dan paduannya didalam banyak bidang telah berkembang.

Loga alumunium yang dapat dibentuk dengan pengerjaan dingin atau di rol yaitu : Al-Mn, yang mengandung 1,3 % Mn, dan alumunium Al-Mg-Mn, mengandung 2,5 % Mg – 0,3 % Mn. Kedua jenis alumunium ini mempunyai kekuatan tarik 130 – 200 N/mm2 , sehingga aman untuk di rol (tidak mudah retak).

Dalam merancang alat ini, penyusun harus menguasai beberapa disiplin ilmu dan keterampilan di bangku kuliah sehingga  ilmu tersebut benar-benar dapat diterapkan dalam praktek dan teori.

B.     Tujuan Penulisan

Dalam perencanaan mesin Rol Profil Alumunium ini penulis mempunyai beberapa tujuan antara lain :

  1. Menerapkan ilmu keteknikan selama dibangku kuliah
  2. Untuk menambah pembendaharaan buku-buku ilmiah, khususnya mengenai teknik mesin

C.    Batasan Masalah

Dalam penulisan skripsi teknik mesin ini penyusun memberikan batasan masalah pada :

  1. Proses pembuatan komponen-komponen utama
  2. Perakitan komponen utama, meliputi :

-          Pemasangan bantalan

-          Pemasangan pulley

-          Pemasangan sabuk

-          Pemasangan poros

  1. Kalkulasi biaya
Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print