HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Proposal Skripsi Teknik Elektro

Contoh Proposal Skripsi Teknik Elektro

Contoh proposal skripsi teknik elektro, atau biasa disebut teknik listrik dapat Anda temukan di sini. Dalam contoh proposal teknik elektro di bawah ini membahas tentang pengaruh minat memilih pelajaran keterampilan elektro di tingkat SLTP. Mata pelajaran teknik elektro merupakan kurikulum muatan lokal yang mana bahan pelajaran ditentukan oleh daerah dan disesuaikan dengan keadan lingkungan alam, sosial, ekonomi, budaya, dan kebutuhan pembangunan di daerah tersebut. Sehingga untuk setiap provinsi di Indonesia muatan lokal akan berbeda. Untuk contohnya, di provinsi Yogyakarta, mata pelajaran elektro menjadi pelajaran muatan lokal. Contoh proposal skripsi teknik elektro di bawah ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan acuan atau referensi pada penelitian ilmiah selanjutnya.

 

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MEMILIH PELAJARAN KETERAMPILAN BAGI SISWA SLTP N 1 DLINGO KABUPATEN BANTUL

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar belakang masalah

Kurikulum muatan lokal adalah kurikulum yang bahan pelajarannya ditetapkan oleh daerah yang disesuaikan dengan keadaan lingkungan alam, sosial, ekonomi, dan budaya serta kebutuhan pembangunan daerah. Salah satu kurikulum muatan lokal SLTP adalah mata pelajaran keterampilan. Dengan demikian pelaksanaan pelajaran keterampilan di SLTP, bahkan di setiap sekolah dapat dipilih sesuai kondisinya masing-masing. Sebagai bahan pertimbangan pelaksanaan pelajaran keterampilan elektronika adalah ketersediaan guru dan besarnya minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77% SLTP di DIY yang melaksanakan pelajaran keterampilan elektronika dengan alasan besarnya minat siswa (Suparman, dkk, 1995). Meskipun minat siswa besar dalam memilih pelajaran elektronika pada kenyataannya banyak kendala dalam pelaksanaannya. Kendala tersebut antara lain ketuntasan belajar secara individu maupun kelompok sulit dicapai, sedangkan prestasi belajar peserta didik rendah. Oleh karena itu perlu diupayakan agar prestasi belajar siswa meningkat. Dalam kehidupannya baik di sekolah tempat menuntut ilmu di rumah tempat berkumpul dengan keluarga, maupun masyarakat tempat mereka bergaul sehari-harinya, segala aspek kehidupan tersebut mempengaruhi minatnya. Sedangkan faktor minat masing-masing individu juga berpengaruh pada minatnya. Sebenarnya minat yang tinggi pada siswa, yaitu dengan dicirikan perilaku positif dapat mengurangi kelemahan keadaan sekolah apabila faktor-faktor yang berpengaruh pada minatnya diketahui. Hal ini disebabkan karena orang tua dan sekolah yagn memperoleh informasi yang tepat, akan mengarahkan anak didik dalam menentukan pilihan pelajaran keterampilan. Akan tetapi jika kita belum mengetahui, apakah siswa SLTP memiliki minat yang tinggi? Di samping itu, belum diketahui pula faktor-faktor yang mempengaruhi minatnya dalam memilih pelajaran elektronika.

Kecamatan Dlingo adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bantul, terletak di daerah pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul. Kecamatan Dlingo sudah cukup maju dalam pendidikan, karena telah memiliki sekolah-sekolah antara lain: 2 SLTP Negeri, 5 SLTP swasta, 1 MTs Negeri, 1 MTs Swasta, 1 SMU Negeri dan 1 SMU swasta. Namun demikian para lulusan SLTP dan SMU yang tidak melanjutkan cukup besar. Oleh sebab itu, pelajaran keterampilan merupakan alternatif pemecahan masalah untuk membantu siswa.

Berbagai masalah di atas penting untuk dipecahkan maka perlu diadakan penelitian, dengan harapan hasilnya dapat digunakan untuk menentukan kebijaksanaan sekolah. Dengan demikian permasalahan yang dirasakan sebagian besar SLTP di DIY selama ini diperoleh jalan keluarnya.

  1. Identifikasi masalah

Permasalahan yang dialami sebagian besar SLTP di DIY dalam melaksanakan kurikulum keterampilan elektronika adalah kekurangan buku tentang elektronika, peralatan, ruang, biaya, kualitas guru dan kurang bahan praktek (Suparman, dkk, 1995). Sedangkan sebagian besar SLTP untuk menyelenggarakan berbagai jenis keterampilan belum memiliki ruang praktek khusus. Tentu saja banyak faktor yang berpengaruh terhadap kendala tersebut, misalnya dari orang tua, masyarakat, sekolah atau dari individu itu sendiri. Khususnya dari individu dapat disebabkan sikapnya, kurangnya pengetahuan dasar tentang elektronika, rendahnya minat, motivasi, dan lain-lain.

  1. Batasan masalah

Mengingat begitu banyak luasnya permasalahan tersebut dan adanya berbagai keterbatasan, maka perlu dilakukan pembatasan ruang lingkup pengkajian. Dalam penelitian ini ruang lingkup pengkajian dibatasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat para siswa dalam memilih pelajaran elektronika, meliputi: (1) dukungan orang tua, (2) interaksi teman sebaya, dan (3) inteligensi.

  1. Perumusan masalah

Berdasarkan pada latar belakang masalah, identifikasi masalah dan batasan masalah, permasalahan yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Seberapa jauh minat yang dimiliki oleh para siswa SLTP dalam memilih pelajaran elektronika?
  2. Seberapa besar tingkat kecerdasan para siswa SLTP yang minatnya memilih pekerjaan elektronika?
  3. Bagaimana hubungan antara dukungan orang tua dengan minat para siswa dalam memilih pekerjaan elektronika?
  4. Seberapa besar hubungan antara interaksi teman sebaya dengan minat para siswa dalam memilih pelajaran elektronika?
  5. Apakah terdapat hubungan antara dukungan orang tua dan interaksi teman sebaya secara bersama-sama dengan minat memilih pelajaran elektronika?
  1. Tujuan Penelitian

Di dalam penelitian ini tidak terlepas dari tujuan yang ingin dicapai, sebab dengan tujuan langkah kerja akan menjadi jelas. Berdasarkan perumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah:

  1. Mengetahui minat terhadap pelajaran keterampilan elektronika yang dimiliki oleh para siswa SLTP
  2. Mengetahui tingkat kecerdasan para siswa SLTP yang memilih pelajaran keterampilan elektronika
  3. Ingin mengetahui besarnya hubungan antara interaksi orang tua dengan minat para siswa SLTP dalam memilih pelajaran keterampilan elektronika
  4. Ingin mengetahui besarnya hubungan antara interaksi teman sebaya dengan minat para siswa SLTP dalam memilih pelajaran keterampilan elektronika
  1. Manfaat penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan sebagai berikut:

  1. Sebagai informasi tentang pengaruh orang tua dan teman sebaya terhadap minat para siswa dalam memilih pelajaran keterampilan elektronika
  2. Bagi guru-guru keterampilan elektronika dan guru-guru yang berkecimpung dalam program bimbingan, diharapkan dapat mengarahkan dan memotivasi siswanya, bila ternyata ada siswa yang terlanjur memilih pelajaran elektronika yang tidak sesuai dengan minatnya.
  3. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan bagi pelaksanaan penelitian yang relevan di masa mendatang
  4. Sebagai bahan masukan kepada sekolah sehingga lebih tepat dalam mengambil kebijaksanaan, karena pada saat ini nampaknya pelajaran keterampilan belum sepenuhnya mendapat perhatian.
  5. Bagi peneliti, sebagai pengalaman menulis karya ilmiah dan melakukan penelitian dalam pelajaran keterampilan, khususnya pelajaran elektronika.
Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat