HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Proposal Skripsi Pendidikan – Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Matematika

Contoh Proposal Skripsi Pendidikan - Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Matematika

Contoh proposal skripsi pendidikan  dapat anda temukan di situs kami. Beberapa judul proposal skripsi pendidikan tersedia banyak di situs kami dan bisa anda pesan kapanpun juga. Contoh proposal skripsi pendidikan yang kami miliki terbilang cukup up to date dan banyak diminati oleh kalangan mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa menilai contoh proposal skripsi pendidikan ini sangat membantu dalam proses penyusunan sebuah skripsi.

Pendidikan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pendidikan memegang unsur penting untuk membentuk pola pikir, akhlak, dan perilaku manusia agar sesuai dengan norma-norma yang ada, seperti norma agama, adat, budaya, dan lain-lain.

Di bawah ini kami sajikan salah satu contoh proposal skripsi pendidikan yang berjudul Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas I SLTP Barunawati Surabaya. Jika anda menginginkan judul lainnya silakan hubungi kantor kami pada jam kerja (08.00 – 16.00 WIB).

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SLTP BARUNAWATI SURABAYA

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Perkembangan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berpengaruh dalam dunia pendidikan. Pengaruh ini dapat kita rasakan terutama pada berbagai ilmu termasuk kelompok ilmu pengetahuan alam, seperti bidang Matematika. Khususnya bidang pendidikan matematika bagi beberapa orang merupakan kesenangan, akan tetapi bagi banyak orang nama itu menimbulkan beban berat jiak dibandingkan dengan pelajaran lain. Bahkan ada juga siswa yang sulit menerima  pelajaran matematika. Oleh karena itu tugas dari guru-guru matematikalah untuk memahami dan mengembangkan berbagai cara guna mendorong siswa agar mau belajar matematika dengan senang.

Pembelajaran diharapkan setiap individu memperoleh hasil yang optimal yaitu prestasi belajar. Untuk memperoleh prestasi belajar penulis menyadari ada beberapa pokok yang berpengaruh misalnya intern dan faktor ekstern. Penggunaan alat peraga merupakan salah satu bentuk faktor ekstern yang dapat digunakan oleh guru untuk mengkomunikasikan bahan ajar kepada peserta didik. Tujuan penggunaan alat peraga adalah agar para peserta didik lebih mudah menerima materi bahan ajar yang disampaikan oleh guru.

Namun masih banyak kita jumpai seorang guru dalam memberikan bahan ajar tidak menggunkan alat peraga sehingga dapat kita peroleh bukti kuat dari hasil perbandingan tersebut. Dari hasil perbandingan tersebut penulis berharap sedikitnya dapat mengurangi masalah yang timbul dalam mengajarkan Matematika, masalah itu antara lain :

  1. Siswa tidak senang terhadap pelajaran Matematika karena sangat kurang menarik.
  2. Karena kurang tertarik sehingga ini berpengaruh pada sekolah menengah pertama.
  3. Cara guru mengajar kurang menunjukkan realita dalam menanamkan konsep, hal ini dalam penggunaan alat peraga belum dianggap perlu untuk digunakan.
  4. Belum meratanya guru-guru yang dilatar belakangi kelayakan mengajar bidang studi Matematika.

Dengan demikian sangat penting penggunaan alat peraga karena dapat membuat pendidikan lebih efektif untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Namun demikian penggunaan alat peraga juga harus disesuaikan dengan tuntunan kurikulum dan tingkat kemampuan serta kemantapan para siswa. Tentu saja kepada guru diisyaratkan agar menggunakan alat-alat yang murah, efisien dan meungkinkan pengajaran lebih ilmiah dalam arti betul-betul dipersiapkan dan direncakan sehingga dilakukan dengan langkah-langkah yang tertib, dengan tidak menolak kemungkinan atas penggunaan atau penerapan alat-alat yang sesuai dengan tuntunan tekonolog modern.

Kendatipun penggunaan alat-alat moden itu sampai sekarang masih dalam taraf dianjurkan, namun sudah dapat diperkirakan bahwa dalam waktu tidak lama lagi berbagai jenis peralatan tersebut nampaknya sudah harus digunakan secara intensif di sekolah-sekolah. Dengan perkataan lain, tumbuhnya kesadaran akan pentingnya penggunaan alat peraga pada masa mendatang harus direalitasikan dalam praktek. Dibalik itu penting pula diperhatikan masalah penyediaan alat-alat yang dibutuhkan yang perlu menjadi pemikiran terus-menerus. Memang banyak usaha yang bisa dikerjakan, disamping memahami penggunaannya juga berusaha mengembangkan keterampilan membuat sendiri alat peraga bagi setiap guru di sekolah.

Atas dasar ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dan ingin mengungkapkan bagaimana dan sejauh mana pengaruh penggunaan alat peraga dalam bidang matematika terhadap prestasi belajar matematika. Sehingga dalam penelitian ini penulis mengadakan penelitian tentang pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar matematika.

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah tersebut di atas agar penelitian lebih mendapatkan pengertian yang jelas maka peneliti merumuskan permasalahan itu sebagai berikut :

“Adakah pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar Matematika?“

C.    Tujuan Penelitian

Dalam suatu penelitian tentunya mempunyai tujuan yang sesuai dengan apa yang ingin diteliti, sebab tanpa adanya tujuan penelitian yang jelas, mustahil akan memperoleh hasil yang maksimal mungkin. Dengan adanya tujuan tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman atau sebagai titik tolak dalam penelitian ini.

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memperoleh informasi tentan prestasi belajar siswa dalam bidang studi matematika yang diajar dengan alat praga.
  2. Untuk memperoleh informas tentang prestasi belajar siswa dalam bidang studi matematika yang diajar tanpa menggunakan alat peraga.
  3. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar matematika.


Tags:
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632