HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Proposal Skripsi Pendidikan Matematika

Contoh Proposal Skripsi Pendidikan Matematika

Contoh proposal skripsi pendidikan matematika dengan judul studi empiris tentang faktor-faktor kesulitan belajar bidang studi matematika pada siswa kelas II SLTP Muhammadiyah 2 Taman sepanjang sidoarjo menjelaskan tentang sejauh mana faktor yang mempengaruhi rendahnya belajar dan mengetahui adanya faktor penghambat yang lain sehingga membuat prestasi belajar menurun. Biasanya faktor yang mempengaruhi bisa berasal dari faktor fisik dan psikisnya maupun dari luar dari siswa seperti hanya faktor keluarga, sekolah dan masyarakat.

Contoh proposal skripsi pendidikan matematika dengan judul dan tema lainnya bisa Anda lihat di katalog situs kami. Silakan menghubungi kantor kami pada jam kerja untuk mendapatkan contoh proposal skripsi pendidikan matematika secara lengkap.

 

STUDI EMPIRIS TENTANG FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA PADA

SISWA KELAS II SLTP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SEPANJANG SIDOARJO  

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Masalah belajar adalah masalah yang selalu aktual yang dihadapi oleh setiap orang. Maka dari itu banyak ahli-ahli membahas dan menghasilkan berbagai teori tentang belajar. Dalah hal ini tidak dipertentangkan dari kebenaran setiap teori yang dihasilkan, tetapi yang lebih penting adalah pemakaian teori-teori itu dalam praktek kehidupan yang paling cocok dengan situasi dan kondisi yang ada.

Permakaian teori-teori belajar dalam situasi formal lebih dibatasi dalam lembaga pendidikan formal yaitu sekolah. Pandangan atau teori tentang belajar menurut ahli tertentu akan menunjukkan bagaimana seharusnya menciptakan belajar itu sendiri, dan usaha itu dikenal dengan mengajar. Sehingga dalam skripsi ini, tinjauan tentang mengajar tidak bisa dipisahkan dengan mengajar.

Kita tahu bahwa dalam belajar seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga bagi pelajar sendiri adalah penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dimaksud. Hal ini menjadi penting bagi pelajar, pendidik, pembimbing dan pengajar didalam mengatur dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar sedemikian hingga dapat menjadi proses belajar mengajar yang optimal.

Kondisi sekarang ini dalam kenyataannya diantara bidang studi bidang-bidang studi yang lainnya bidang studi matematika merupakan bidang studi yang dijadikan momok diantara bidang studi yang lain. Dan kondisi pemikiran semacam itu merupakan kondisi yang sudah menyeluruh diberikan siswa-siswi mulai dahulu sampai sekarang. Sehingga dengan kondisi yang demikian itu prestasi belajar siswa bidang studi matematika dimana-mana saat ini masih rendah yang semua itu disebabkan karena dari awal dibenak siswa sudah mempunyai perasaan tidak mampu yang tentunya akan berakibat motivasi belajarnya menurun. Itu merupakan salah satu contoh faktor yang mempunyai kesulitan belajar siswa khususnya pada bidang studi matematika.

 Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar banyak jenisnya, tetapi dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu :

  1. 1.      Faktor Intern
    1. a.      Faktor jasmaniah

1. Faktor kesehatan

2. Cacat tubuh

  1. b.      Faktor psikologis

1. Intelegensi

2. Perhatian

3. Minat

4. Bakat

5. Motif

6. Kematangan

7. Kesiapan

  1. c.       Faktor kelelahan

1. Kelelahan jasmani

2. Kelelahan rohani

  1. 2.      Faktor Ekstern
    1. Faktor keluarga, hal-hal yang mempengaruhi :
      1. Cara orang tua mendidik
      2. Relasi antar anggota keluarga
      3. Suasana rumah
      4. Keadaan ekonomi keluarga
    2. Faktor sekolah, yang mempengaruhi :
      1. Metode mengajar
      2. Kurikulum
      3. Relasi guru dengan siswa
      4. Relasi siswa dengan siswa
      5. Disiplin sekolah
      6. Alat pelajaran
      7. Waktu sekolah
      8. Standard pelajaran
      9. Keadaan gedung
      10. Metode belajar
      11. Tugas rumah
    3. c.       Faktor masyarakat
      1. Kegiatan siswa dalam masyarakat
      2. Massa media
      3. Teman bergaul
      4. Bentuk kehidupan masyarakat

(Slameto, (1987 : 56 – 74)

Dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar siswa seperti halnya diatas, tentunya permasalahan-permasalahan yang menyebabkan siswa berprestasi rendah sangat banyak sebabnya, baik dari dalam diri siswa seperti halnya faktor fisik dan psikisnya maupun dari luar dari siswa seperti hanya faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Dalam upaya perbaikan prestasi belajar siswa agar meningkat tentunya faktor-faktor tersebut setidaknya mendapatkan perhatian yang intensif didalam proses belajar mengajar disekolah. Agar prestasi belajar siswa betul-betul dengan apa yang diharapkan bersama.

            Untuk itu penulis ingin mengetahui sejauh mana faktor yang mempengaruhi belajar dan ingin mengetahui adanya faktor penghambat yang lain sehingga membuat prestasi belajar menurun, maka penulis meninjau masalah dengan judul :

“STUDI EMPIRIS TENTANG FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SLTP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SEPANJANG SIDOARJO”.

B.     RUMUSAN MASALAH

Bertitik tolak pada latar belakang masalah, maka penulis merumuskan permasalahan pokok dalam permasalahan skripsi ini adalah :

“Bagaimanakah faktor-faktor kesulitan belajar bidang studi matematika ditinjau dari dalam diri siswa (faktor intern) dan dari luar diri siswa (faktor ekstern) pada siswa-siswi kelas II SLTP Muhammadiyah 2 Taman Sepanjang Sidoarjo?”.

C.    VARIABEL DAN DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL

1.      VARIABEL

Variabel merupakan unsur atau gejala yang akan diteliti. Variabel penelitian ini sangat perlu untuk menentukan alat pengambilan data yang akan diteliti.

Untuk menghindari penafsiran yang berbeda tentang batasan variabel, dibawah ini penulis kemukakan batasan variabel berdasarkan pendapat para ahli yang diakui kebenarannya sebagai berikut :

Menurut Sumadi Suryabrata di dalam buku Metodologi Penelitian, taun 1983, halaman 79 menerangkan bahwa :

“ Variabel adalah segala sesuatu yang menjadi obyek penelitian sebagai faktor yang berperan dalam peristiwa atau gejala yang diteliti.”

Sedangkan menurut Suharsimi Arikunto di dalam buku Prosedur Penelitian, halaman 91 mengatakan bahwa :

“Variabel adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian”.

Setelah memahami akan pengertian dari variable, maka penulis menjelaskan variabel dalam penelitian ini adalah :

  1. Faktor-faktor dari dalam diri siswa (Intern)
  2. Faktor-faktor dari luar diri siswa (Ekstern)

2.      DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL

Agar tidak terjadi kesalahan dalam menafsirkan serta memberikan gambaran yang kongrit mengenai arti yang terkandung dalam judul diatas, maka dengan ini penulis memberikan definisi operaisonal variabel yang akan dijadikan landasan pokok dalam penelitian ini.

Dengan memberikan definisi operasional variabel yang diharapkan penelitian ini akan terarah dan mengenai pada sasaran yang diinginkan. Sumadi Suryabrata dalam bukunya yang berjudul Metode Penelitian, tahun 1983, halaman 83 menegaskan bahwa :

“ Definisi Operasional Variabel adalah definisi yang berdasarkan atas sifat-sifat yang didefinisi, serta dapat diamati atau diobservasi.”

Dengan demikian Definisi Operasional Variabel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Faktor Intern adalah faktor kesulitan belajar siswa yang berasal dari dalam diri siswa atau faktor pembawaan sejak lahir.
  2. Faktor Ekstern adalah faktor kesulitan belajar siswa yang berasal dari luar diri siswa yaitu faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor lingkungan.

D.    TUJUAN PENELITIAN

Dalam penelitian ini penulis mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimanakah faktor-faktor kesulitan belajar bidang studi matematika ditinjau dari dalam diri siswa (faktor intern) dan dari luar siswa (faktor ekstern).

E.     PENTINGNYA PENELITIAN

Pentingnya hasil penelitian adalah mendeskripsikan perihal kegunaan hasil penelitian terhadap ilmu pengetahuan, khususnya pada bidang studi matematika. Bertitik tolak pada rumusan masalah maka dapat didiskripsikan pentingnya penelitian :

  1. Dapat memberi manfaat bagi penulis untuk peroleh pengalaman praktis dalam penelitian ilmiah.
  2. Dapat memberikan manfaat bagi guru bidang studi matematika, karena dapat membantu siswa-siswi yang mengalami kesulitan belajar dalam bidang studi matematika.
  3. Sebagai bahan pertimbangan oleh pihak sekolah dalam menyusun program bimbingan dan penyuluhan, serta dalam menjalin kerja sama antara sekolah dengan orang tua dan wali siswa.
  4. Diharapkan dapat menambah pembendaharaan ilmu pengetahuan khususnya bagi pengembangan bimbingan dan penyuluhan.

Semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan suatu masukan atau informasi mengenai gaya belajar, khususnya bagi siswa-siwa yang mengalami kesulitan belajar dalam bidang studi matematika, dan pada umumnya sebagai pertimbangan pengambilan keputusan untuk inovasi pendidikan.

Tags:
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

Stat