HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Proposal Skripsi Pendidikan Biologi – Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Biologi

Contoh proposal skripsi pendidikan biologi di bawah ini merupakan salah satu contoh proposal yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Untuk bisa mengetahui proposal secara lengkap Anda bisa menghubungi kami untuk proses pemesanan draft. Selain contoh proposal yang kami sajikan di bawah, Kami juga masih menyediakan banyak judul proposal skripsi pendidikan biologi lainnya yang bisa Anda lihat di katalog kami. Referensi ini tentunya sangat membantu kelancaran tugas Anda khususnya bagi mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan biologi.

HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS I CAWU 3 DI SMU NEGERI KEMIRI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 1999/2000

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Sistem pendidikan nasional adalah suatu keseluruhan yang terpadu dari semua satuan dan kegiatan pendidikan yang berkaitan dengan yang lainnya utnuk mengusahakan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Sedangkan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU No. 2 tahun 1989 adalah sebagai berikut (Depdikbud, 1989 : 95) : “Pendidikan naisonal bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan kebangsaan”

Mengacu pada tujaun tersbut diatas maka utnuk emnghasilkan keluaran/output yang berkualitas harus didukung pengembangan pendidikan, baik di lignkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Setiap jalur pendidikan sekolah mempunyai tujuan yang berbeda-beda, pendidikan di SMU menurut Depdikbud (1994 : 197) bertujuan :

  1. Meningkatkan pengetahuan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yagn lebih tinggi dan mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.
  2. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbale balik dengan lingkungan social, budaya dan alam sekitar.

salah satu cara untuk mencapai tujuan pendidikan nasional tersebut maka dibuatlah kurikulum sebagia acuan pelaksanaan. Apabila kurikulum dapat dilaksanakan dengan baik, maka tujuan pendidikan pun akan tercapai.

Untuk melihat sejauh mana ketercapaian kurikulum dalam rangka mencapai tujuan pendidikan adalah dengan melihat kualitas keluaran yaitu yang ditunjukkan oleh prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Tinggi rendahnya prestasi belajar yagn dicapai oleh siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Faktor yang bersifat internal antara lain : kecerdasan, bakat, minat dan perhatian, motivasi, kesehatan jasmani dan cara belajar. Sedangkan faktor yang bersifat eksternal yaitu : lingkungan (alam, keluarga, masyarakat), sekolah dan juga peralatan belajar. (Kartini Kartono, 1985 : 1-6).

Siswa sebagai makhluk social yaitu hidup berinteraksi dengan lingkungan bahkan tidak bisa dilepaskan dari lingkungan tersebut. Lingkungan yang terdekat dengan perkembangan siswa adalah lingkungan keluarga, sehingga lingkungan keluarga sangat dipengaruhi perkembangan kepribadian dan intelektual anak. Dalam lingkugan keluargalah seorang anak mengenal pendidikan yang pertama dan utama karena pendidikan pertama kali diberikan dalam keluarga. Hal ini diperkuat oleh pendapat Amin Indra Kusuma (Tri Handayani, 1995 : 19) yang mengatakan bahwa di lingkungan keluarga anak pertama-tama mendapat bimbingan dan pendidikan dan pandangan hidup anak yang kemudian sifat-sifat dan bakat anak sebagian besar diambil dari orang tuanya.

Menurut uraian diatas keterlibatan keluarga terutama orang tua diduga berpengaruh terhadap prestasi belajar anak. Oleh karena itu pada penelitian ini akan diteliti hubungan keterlibatan orang tua yang dibatasi dalam pemberian motivasi eksternal, bantuan akademik dan penyediaan fasilitas/alat-alat belajar dengan prestasi yang dicapai siswa khususnya dalam mata pelajaran biologi.

Disamping factor keterlibatan orang tua, pada umumnya orang berpendapat bahwa factor individu siswa terutama kemampuan siswa merupakan satu factor pentign yang ikut menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan awal yang dimiliki siswa sebelum dimulainya proses pembelajaran lebih lanjut. Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan awal untuk mempelajari biologi di SMU adalah dengan melihat NEM IPA SLTP.

 

B.     Rumusan Malasah

Dari beberapa masalah yang timbul, dapat dirumuskan :

  1. Apakah ada hubungan yang positif dan bermakna antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar biologi ?
  2. Jenis keterlibatan orang tua yang manakah yang mempunyai hubungan paling positif dengan prestasi belajar biologi ?

C.    Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian yang diharapkan adalah :

  1. Mengetahui hubungan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar biologi.
  2. Mengetahui jenis keterlibatan orang tua yang hubungannnya paling positif dengan prestasi belajar biologi.

D.    Kegunaan Penelitian

Bagi mahasiswa sebagai calon guru

Menambah wawasan dan pengalaman dalam menghadapi siswa yang berbeda kemampuan dan latar belakang keluarga karena mahasiswa berhadapan langsung dengan siswa yaitu pada saat pengambilan data dari angket maupun pada saat tes sumatif.

Bagi guru di pihak sekolah

Sebagai bahan informasi bagi orang tua agar nantinya para orang tua sadar bahwa peran mereka sangat besar bagi peningkatan prestasi belajar anaknya sehingga mereka mau memenuhi kebutuhan ankanya.

Tags:
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632