HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Proposal Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia – Telaah Kritis Penggunaan Ejaan dalam Buku

Contoh Proposal Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia - Telaah Kritis Penggunaan Ejaan dalam Buku

Contoh proposal skripsi pendidikan bahasa indonesia bisa anda dapatkan melalui situs kami. Di bawah ini merupakan salah contoh proposal skripsi pendidikan bahasa Indonesia yang kami paparkan sebagai gambaran yang mungkin bisa menjadi acuan dalam tugas kuliah Anda. Jika anda berminat untuk mencari judul yang lain. Kami akan segera mencarikan refernsi di katalog kami. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kantor kami pada jam kerja.

TELAAH KRITIS PENGGUNAAN EJAAN DALAM BUKU TERAMPIL BERBAHASA INDONESIA 1

BAB I

PENDAHULUAN

A.     Alasan Pemilihan Judul

Skripsi yang berjudul “Telaah Kritis Penggunaan Ejaan dalam Buku Terampil Berbahasa Indonesia 1” ini disusun dengan alasan sebagai berikut :

Gagasan yang disampaikan secara lisan atau tatap muka lebih mudah atau lebih cepat dipahami daripada secara tertulis. Hal ini disebabkan dalam bahasa lisan faktor gerak-gerik, mimik, intonasi, jeda, serta unsur-unsur nonbahasa lainnya ikut memperlancar.

Unsur-unsur nonbahasa lainnya tersebut tidak terdapat di dalam bahasa tertulis. Ketiadaan itu menyulitkan komunikasi dan memberikan peluang untuk kesalahpahaman. Di sinilah ejaan dan pungtusi (tanda baca) (sic !) berperan sampai batas tertentu menggantikan beberapa unsur nonbahasa yang diperlukan untuk memperjelas gagasan atau pesan (Akhadiah, 1991 :179).

Penulisan ilmiah disamping harus mempergunakan bahasa yang baik dan benar, juga harus dapat mempergunakan bahasa itu sebagai sarana komunikasi ilmu. Penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam tulis menulis harus pula ditunjang oleh penerapan peraturan ejaan yang berlaku dalam bahasa Indonesia, yaitu Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.

Sesuai dengan aliran intelektualisme pada abad-abad yang lampau, pelajaran ejaan, tanda baca, dan lain-lain dipandang sebagai mata pelajaran pengetahuan. Betul salahnya ejaan, terang dan bersihnya tulisan merupakan bagian penting dalam memberi nilai suatu karangan (Soejono, 1983:80).

Oleh karena itu, pemakaian bahasa Indonesia yang menyimpaingi aturan ejaan merupakan bentuk kesalahan bahasa dalam bidang ejaan. Untuk menganalisis kesalahan tersebut diperlukan pemahaman yang mendalam tentang ejaan.

Dengan diberlakukannya Kurikulum 1994, terutama untuk Sekolah Menengah Umum, maka secara langsung terjadi pula perubahan pada kurikulum pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Menengah Umum mempergunakan buku pelajaran yang berjudul Terampil Berbahasa Indonesia 1, yang disusun oleh Imam Syafiíe dan Imam Subana berdasarkan Kurikulum Sekolah Menengah Umum 1994.

Buku Terampil Berbahasa Indonesia 1, tentunya memuat materi yang disesuaikan dengan muatan kurikulum Sekolah Menengah mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Diliaht dari segi materinya jelas berbeda dengan buku pelajaran pada kurikulum sebelumnya.

Buku Terampil Berbahasa Indonesia 1, merupakan buku pelajaran yang wajib dipakai oleh para siswa dan guru dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia (Syafi’ie, 1994:v).

Sebagai buku pelajaran wajib dan sebagai buku pelajaran bahasa Indonesia, maka buku Terampil Berbahasa Indonesia 1 harus terbebas dari kesalahan ejaan, sehigga buku Terampil Berbahasa Indonesia 1 dapat dijadikan sebagai contoh sebuah buku yang baik.

Dari pengamatan penulis terhadap penggunaan ejaan dalam buku Terampil Berbahasa Indonesia 1, masih dijumpai kesalahan ejaan. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian ini.

 

B.      Permasalahan

Permasalahan dalam skripsi ini adalah kesalahan penggunaan ejaan dalam buku Terampil Berbahasa Indonesia 1.

Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah :

Informasi faktual yang bagaimanakah yang dapat mendeskripsikan kadar kesalahan ejaan yang terdapat dalam buku Terampil Berbahasa Indonesia 1.

C.      Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi faktual tentang kesalahan penggunaan ejaan yang terdapat dalam buku Terampil Berbahasa Indonesia 1.

D.     Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang berarti, mengenai kesalahan penggunaan ejaan dalam buku Terampil Berbahasa Indonesia 1, sehingga untuk penyusunan buku Terampil Berbahasa Indonesia 1, sehingga untuk penyusunan buku yang akan datang tidak terdapat lagi kesalahan ejaan.

Contoh Proposal Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia  ini sengaja di ringkas hanya pada intinya saja. Dalam kenyataannya diperlukan lebih banyak lagi tambahan referensi lain untuk penyusunan proposal. Jika Anda kesulitan, kami juga menyediakan Jasa Pembuatan Skripsi dan Jasa Pembuatan Tesis

Tags:
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632