HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Contoh Proposal Skripsi Manajemen Informatika

Contoh Proposal Skripsi Manajemen Informatika

Contoh proposal skripsi manajemen informatika tersedia banyak di situs kami dan bisa Anda pesan kapan saja. Kami yakin seorang mahasiswa ataupun programmer sangat membutuhkan referensi ini guna mendukung proses perancangan sebuah sistem informasi. Tanpa sebuah referensi tentunya akan mengalami kesulitan baik dalam sistematika penulisan ataupun kesulitan dalam proses pembuatan flowcart, relasi dan diagram alir data.

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN  BERBASIS CLIENT SERVER PADA SMA NEGERI 1 BANJAR

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1.    Latar Belakang Masalah

Dewasa ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat, sehingga banyak bidang perkerjaan yang dulunya dikerjakan manual oleh manusia sekarang bisa diganti oleh komputer. Dengan adanya sistem komputerisasi disegala bidang berbagai macam pekerjaan kini bisa diselesaikan dengan waktu yang cepat dan terstrukur.

Pada saat ini banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang mulai melakukan komputerisasi pada setiap bidang pekerjaannya. Salah satu bidang yang kini banyak menggunakan  komputer adalah dalam bidang pengolah data. Oleh karena itu penulis akan mencoba membuat sebuah sistem informasi pengolahan data perpustakaan pada sebuah sekolah menengah umum yaitu SMA Negeri 1 Banjar.

Pada mulanya perpustakaan ini masih menggunakan cara pencatatan data dengan sangat sederhana yaitu hanya menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Dengan cara pencatatan tersebut dalam pembuatan laporan masih belum memenuhi kebutuhan terutama untuk laporan data yang berdasarkan kriteria tertentu seperti laporan buku dengan penerbit tertentu, laporan buku yang dipinjam dan laporan buku perkelompok. Selain itu dalam perpustakaan juga tidak tersedia fasilitas katalog buku sehingga pengunjung perpustakaan yang akan meminjam buku harus mencari buku yang dipinjamnya secara manual.

Oleh sebab itu untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan perpustakaan diperlukan suatu sistem yang mampu mengolah data baik itu data buku atau transaksi yang baik dan terstruktur serta mampu memberikan laporan yang akurat. Selain itu diperlukan juga sistem yang mampu menyedikan fasilitas katalog buku, sehingga pengunjung perpustakaan tinggal mencari buku yang akan dipinjamnya dari fasiltas katalog tersebut. Dari kebutuhan sistem informasi yang sangat kompleks tersebut diperlukan suatu sistem informasi yang mampu menangani kebutuhan tersebut secara sekaligus.

 

1.2.    Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu :

  1. Bagaimana membuat suatu sistem informasi yang dapat melakukan pengolahan data anggota perpustakaan, data buku, denda transaksi peminjaman dan pengembalian buku serta petugas dengan cepat.
  2. Bagaimana membuat suatu informasi yang dapat memberikan laporan baik data anggota, data buku, denda dan data transaksi sesuai dengan kebutuhan.
  3. Bagaimana membuat suatu sistem informasi yang bisa diakses oleh banyak pihak yang membutuhkan dalam waktu yang bersamaan.

1.3.    Batasan Masalah

Dari rumusan masalah diatas penulis membatasi permasalah yang akan dibahas yaitu hanya mencakup :

  1. Pembuatan suatu sistem informasi pengolahan data yang hanya mengolah  data anggota perpustakaan, petugas, data buku, transaksi peminjaman dan pengembalian buku serta denda
  2. Pembuatan laporan anggota, petugas, buku, peminjaman, pengembalian dan denda.
  3. Pembuatan suatu sistem informasi berbasis client server dalam sekala kecil.

 

1.4.    Tujuan Penelitian

  1. Membuat suatu sistem informasi yang dapat melakukan pengolahan data anggota perpustakaan, data buku, denda transaksi peminjaman dan pengembalian buku serta petugas dengan cepat.
  2. Membuat suatu informasi yang dapat memberikan laporan baik data anggota, data buku, denda dan data transaksi sesuai dengan kebutuhan.
  3. Membuat suatu sistem informasi yang bisa diakses oleh banyak pihak yang membutuhkan dalam waktu yang bersamaan.

 

 

 

 

1.5.    Manfaat Penelitian

Dengan adanya kegiatan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi beberapa pihak antara lain :

  1. Meningkatkan mutu pelayanan perpustakaan.
  2. Meningkatkan kinerja pengelola perpustakaan.

1.6.    Metode Penelitian

  1. Metode Deskriptif

Metode yang pemecahan masalahnya dilakukan dengan cara  mendeskripsikan suatu fakta dalam arti yang luas menjadi lebih khusus.

  1. Metode Eksperimen

Yaitu metode yang digunakan dengan cara melakukan pengujian atau percobaan terhadap data yang diolah pada sistem sehingga menghasilkan suatu keluaran yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

 

1.7.    Metode Pengambilan Data

  1. Melakukan Observasi

Mendapatkan data dengan cara melakukan penelitian langsung pada objek yang diteliti.

  1. Wawancara

Mendapatkan data dengan cara bertanya pada pihak pengelola perpustakaan tentang proses pengolahan data anggota, petugas, buku, transaksi dan denda.

 

1.8.    Sistematika Penulisan

Dalam penyusunan laporan ini penulis menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut :

BAB I    PENDAHULUAN

Pada bab ini penulis akan menjelaskan mengenai Latar Belakang

Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penelitian,Manfaat Penelitian, Motode Penelitian, Metode Pengambilan Data, dan Sistematika Penulisan Laporan.

BAB II  LANDASAN TEORI

Pada bab ini berisi tentang konsep dasar atau landasan teori yang digunakan dalam melaksanakan penelitian yang meliputi pengenalan program aplikasi yang akan digunakan untuk merancang sistem serta membahas teori-teori tentang tahapan perancangan Sistem Basis Data seperti Normalisasi, pembuatan Kamus Data, pembuatan Diagram E-R, pembuatan Diagram Alir Data, pembuatan Flowchart Sistem dan Program serta Rancangan Tampilan Input dan Tampilan Output.

BAB III             PERANCANGAN SISTEM

Bab ini berisi perancangan sistem yang meliputi Perancangan Menu, Normalisasi, Pembuatan Kamus Data, Pembuatan Diagram Alir Data,  Pembuatan Flowchart Sistem dan Flowchart Program serta Rancangan Tampilan Input dan Rancangan Tampilan Output.

BAB IV    IMPLEMENTASI SISTEM

Pada bab ini berisi tentang implementasi perancangan sistem pada Bab III  kedalam program aplikasi, sehingga data yang diolah dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

BAB V      PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dari seluruh penelitian dan sistem yang telah dibuat serta berisi saran-saran yang diperlukan.

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print