HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Contoh Proposal Penelitian Pendidikan Agama Tentang Efektifitas Pembelajaran

Contoh Proposal Penelitian Agama, terdapat puluhan judul dalam katalog kami. Banyak beberapa pilihan yang dapat anda pilih sebagai bahan referensi dalam mengerjakan tugas akhir. Salah satu tema atau masalah yang sering diambil oleh mahasiswa untuk diteliti adalah mengenai efektifitas pembelajaran agama islam. Efektifitas pembelajaran pendidikan agama dapat dilihat dari beberapa kompetensi yang dimiliki oleh siswa. Kompetensi yang sangat dominan adalah

(1) penguasaan kemampuan atau perilaku siswa,

(2) kecepatan unjuk kerja siswa,

(3) kesesuaian prosedur pembelajaran,

(4) kuantitas hasil belajar, dan

(5) tingkat retensi belajar.

Penjelasan dari kompetensi tersebut adalah sebagai berikut: Penguasaan kemampuan atau perilaku siswa akan diketahui dengan melihat tingkat kesalahan kemampuan atau perilaku yang dipelajari siswa rendah atau tinggi dan kemampuan siswa berpikir kritis dalam memecahkan masalah terhadap pengamalan dan peningkatan ibadah terhadap dirinya dan orang lain relatif telah tercipta atau tidak. Kecepatan unjuk kerja siswa akan memperlihatkan tingkat efektifitas pembelajaran dapat diketahui dari hasil pembelajaran pendidikan agama.

Kesesuaian prosedur pembelajaran menentukan efektifitas pembelajaran yang sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Kuantitas hasil belajar, termasuk indikator dari efektifitas pembelajaran. Semakin banyak hasil yang dicapai dari proses pembelajaran yang telah dilakukan maka semakin efektif pula pembelajaran tersebut. Tingkat retensi belajar siswa secara umum menunjukkan hasil yang baik atau tidak.

Contoh proposal penelitian pendidikan agama yang membahas tentang efektifitas pembelajaran telah banyak dilakukan oleh berbagai kalangan mahasiswa. Sehingga untuk para mahasiswa yang sedang mencari bahan penelitian, dapat menggunakan beberapa Contoh proposal penelitian pendidikan agama yang telah ada. Hal ini dapat dilakukan hanya sebatas menjadi referensi semata, tidak untuk dijiplak atau ditiru. Dengan banyak membaca referensi dari contoh proposal penelitian pendidikan agama, maka diharapkan dapat mendatangkan ide-ide dan gagasan untuk mengadakan penelitian pada studi yang lebih spesifik pada permasalahan.

Dalam meneliti efektifitas pembelajaran agama terdapat tiga komponen yang harus diperhatikan, antara lain:

(1) Kondisi pembelajaran pendidikan agama adalah semua faktor yang mempengaruhi penggunaan metode pembelajaran agama. Maka peneliti harus berusaha menganalisis dan mengidentifikasikan faktor-faktor yang termasuk kondisi pembelajaran, yaitu antara lain faktor tujuan dan karakteristik dalam bidang studi pendidikan agama.

(2) Metode pembelajaran pendidikan agama dapat diklasifikasikan menjadi strategi pengorganisasian, strategi penyampaian dan strategi pengelolaan pembelajaran pendidikan agama.

(3) Hasil pembelajaran pendidikan agama diklasifikasikan menjadi keefektifan, efisiensi dan daya tarik. Keefektifan pembelajaran dapat diukur dengan dasar: (a) Kecermatan penguasaan kemampuan atau perilaku yang dipelajari, (b) Kecepatan unjuk kerja sebagai bentuk hasil belajar, (c) Kesesuaian dengan prosedur kegiatan belajar yang harus ditempuh, (d) Kuantitas unjuk kerja sebagai bentuk hasil belajar, (e) Kualitas hasil akhir yang dapat dicapai, (f) Tingkat alih belajar, dan (g) Tingkat retensi belajar. Sedangkan efisiensi pembelajaran dapat diukur dengan rasio antara keefektifan dengan jumlah waktu yang digunakan atau dengan jumlah biaya yang dikeluarkan. Dan daya tarik pembelajaran biasanya diukur dengan mengamati kecenderungan peserta didik untuk berkeinginan terus belajar.

No tags for this post.
Leave a Reply

Current ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632

Stat